Main Article Content
Abstract
Abstrak
Islam merupakan Syari'at Allah SWT yang menjadi tuntunan bagi manusia dalam beribadah kepada Allah dan sebagai petunjuk untuk mendapatkan kebahagiaan didunia maupun di Akhirat. Agar manusia dapat mengaplikasikan amanat besar ini, Syari'at Islam membutuhkan pendidikan, pembelajaran dan pengamalan. Pendidikan ialah sesuatu yang sangat di butuhkan dalam kehidupan manusia. Untuk menghasilkan lulusan yang terbaik tidak terjadi dengan instan begitu saja tapi membutuh sebuah proses pendidikan yang berkelanjutan. Keberhasilan sebuah pendidikan ditentukan oleh keberhasilan proses pembelajaran. Keberhasilah pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai instrumen yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Tuntutan Pendidikan Nasional yang bermutu tidak dapat terpisah dari Sarana dan Prasarana Pendidikan yang sangat diperlukan dalam mekanisme jalannya pendidikan dan pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam manajemen sarana dan prasarana dibutuhkan usaha yang baik agar di harapkan menjadi wasilah bagi pengelolaan sarana dan prasarana dilembaga pendidikan. Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan berfungsi untuk mengelola dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan supaya bisa menunjang peranan dalam kegiatan pendidikan secara ideal serta lebih bermanfaat. Maka dari itu perlu adanya penjelasan tentang perencanaan sarana dan prasarana yang ditetapkan dilembaga pendidikan.
Abstract
Islam is the Shari'at of Allah SWT which is a guide for humans in worshiping Allah and as a guide to get happiness in this world and in the Hereafter. So that humans can apply this great mandate, Islamic Shari'ah requires education, learning and practice. Education is something that is very important for human life. The educational process to produce the best graduates does not just happen. The success of an education is determined by the success of the learning process. The learning success is influenced by various instruments which are interconnected with one another. The demand for quality National Education is inseparable from the existence of Educational Facilities and Infrastructure which are very much needed in the education and learning process. Therefore, a good management of facilities and infrastructure is needed so that the good quality and quantity of facilities and infrastructure is expected to be a solution for efforts to manage facilities and infrastructure in educational institutions. The management of educational facilities and infrastructure functions to regulate and maintain educational facilities and infrastructure so that they can contribute to the educational process optimally and meaningfully. Therefore, the authors feel the need to explain how the basic concepts and classification of management planning facilities and infrastructure are applied in educational institutions.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Agus Sabardi, Manajemen Pengantar (Yogyakarta : UPP Amp YKPN, 2008)
- Ahmad Rohani, Pengelolaan Kelas (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
- Alex Aldha Yudi, Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana dan Prasarana PPLP) vvv, Cerdas Sifa, Edisi No. 1. Mei – Agustus 2012
- Ary H. Gunawan, Adiministrasi Madrasah (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002),
- Bafadal Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya (Jakarta: Bumi Aksara.2008)
- Barnawi & M. Arifin, Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)
- Hanun Ashora, Perencanaan Pembelajaran (Surabaya: Kopertais IV-Pemprov Jatim, 2010)
- Hasan Sadily, Ensiklopedia, (Jakarta: Ikhtiar Baru Van Houve, 1980)
- https://www.google.com/amp/s/cerdika.com/perbedaan-sarana-dan-prasarana/%3famp
- Imam dan Djum Djum, Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alpabeta, 2017)
- Jogiyanto Hartono, MBA.Ph.D, Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. (Yogyakarta: Andi 2005)
- Matin dan Nuhattati Fuad, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan : Konsep dan Aplikasinya, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016)
- Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, (Jakarta: Penerbit Erlangga,2007)
- Nurbati, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Manajer Pendidikan, Vol.9, No. 4, Juli 2015,
- Pasal 1 UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Sisdiknas )
- Prastyawan, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6, No. 1, Maret 2016
- Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Padang: Kalam Mulia, 1994)
- Rika Megasari, Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukit Tinggi, volume 2 Nomor 1, juni 2014 | Bahan Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan