Main Article Content

Abstract

Abstrak


Pendidikan adalah apa yang kamu lihat apa yang kamu dengar apa yang kamu rasakan itu adalah pendidikan.  Pada konteks ini, guru merupakan salah satu komponen penentu keberhasilan pendidikan. Salah satu masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan adalah rendahnya kualitas pendidikan. Hal ini dapat di lihat dari proses maupun hasil produk pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang guru Profesional dan Relevansinya dengan Perkembangan Pendidkan Agama Islam di Indonesia. Berdasarkan masalah yang diangkat dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode analisis isi. Metode ini penulis gunakan untuk menggambarkan, menguraikan, menafsirkan, membandingkan mencari pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang guru Profesional dan Relevansinya dengan Perkembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia.


Abstract


Education is what you see what you hear what you feel is education.  In this context, teachers are one of the determining components of educational success. One of the problems faced by the world of education is the low quality of education. This can be seen from the process as well as the results of educational products themselves. The purpose of this research was to find out Ki Hajar Dewantara's thoughts on Professional teachers and their relevance to the Development of Islamic Studies in Indonesia. Based on the problems raised in this writing, the author uses a method of content analysis. This method the author uses to describe, decipher, interpret, compare ki Hajar Dewantara's thoughts on Professional teachers and their relevance to the Development of Islamic Religious Education in Indonesia.

Keywords

Supervision Education Development

Article Details

References

  1. Chabib Thoha, dkk, Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999) 1.
  2. Samsul Nizar, Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta : Gaya Media.
  3. Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
  4. al-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Usulut Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibuha atau Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, terj. Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani Press.
  5. Muaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
  6. Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahannya, J-ART, Bandung, 2005.
  7. Husaini, Adian. 2011. Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Depok, Komunitas Nuun-Pps UIKA Bogor.
  8. Al-Abrasy, M. Athiyyah. 2003. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bulan Bintang.
  9. Ahmad, Muhammad „Abd al-Qadir. 1981. Turuq Ta‟lim al-Tarbiyah al-Islamiyyah, Mesir: Maktabat al-Nahdah al-Misriyyah.