Main Article Content

Abstract

Abstrak


Bahasa arab adalah bahasa al-Quran dan Assunnah yang keduanya sebagai pedoman bagi seluruh manusia terutama ummat muslim, ia juga sebagai bahasa komunikasi antar sesama manusia baik di negara arab maupun negara negara lainnya yang hendak menunaikan ibadah haji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan library research (kajian pustaka). Hasil penelitian mengurai dan menyajikan data mengenai metode pembelajaran bahasa arab dalam kitab Durusullughah Al-‘Arabiyyah karya syekh Dr.V.Abdurrahim yang kitabnya banyak digunakan di dunia untuk pengajaran bahasa arab bagi para pemula. Kitab ini sangat cocok menjadi rujukan lembaga untuk pembelajarna bahasa arab bagi pemula dan masyarkat umum.


Abstract


Arabic is the language of the Qur'an and Sunnah, both of which are guidelines for all humans, especially Muslims, it is also the language of communication between human beings both in Arab countries and other countries who want to perform the pilgrimage. The method used in this research is descriptive qualitative through a library research approach (library review). The results of the study parse and present data on Arabic learning methods in the book Durusullughah Al-'Arabiyyah by Sheikh Dr. V. Abdurrahim whose books are widely used in the world for teaching Arabic for beginners. This book is very suitable as an institutional reference for learning Arabic for beginners and the general public.

Keywords

learning method Arabic durusullughah abdurrahim

Article Details

References

  1. Abdur Rahim, V. 2016. Durusullughah Al-‘Arabiyyah Li Ghairin Nathiqina Biha. Mesir,
  2. Dar Alamiyah.
  3. Bin Kadiyat, A. 2018. Kamus Durusullughah Jilid 1-2. Indonesia,
  4. Adz-Dzahabi
  5. Bin Anas, I.M. 2010. Al-Muwatta, Qahirah,
  6. Dar Ibnu al-Jauzi
  7. Kasir, I. 2013. Tafsir Al-Quranu al-‘Azhim (Tafsir Ibnu Katsir). Jakarta, Pustaka Imam asy-Syafi’i.
  8. Hermawan, A. 2018. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:
  9. PT Remaja Rosdakarya.
  10. Prasetya, T. 2002. Filsafat Pendidikan untuk IAIN, STAIN, PTAIS. Bandung,
  11. Pustaka Setia.
  12. Syafri, U. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran (1st ed.). Depok: Rajagrafindo Persada.
  13. Soebahar, A.H. 2002. Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta:
  14. Kalam Mulia.
  15. Sudjana, N. 2007. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  16. Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta:
  17. Gaung Persada.
  18. Arief, Z.A. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bogor :
  19. Graha Widya Sakti.
  20. Munawwir, A.W. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab - Indonesia Terlengkap, Surabaya:
  21. Pustaka Progresif.
  22. Yunus, M. 2010. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: PT. Mahmud Yunus
  23. Wa Dzurriyyah.
  24. صفحات من حياتي مع الشيخ ف عبدالرحيم Jun 2, 2016
  25. https://youtu.be/xx3f5FiyY30
  26. Rahim, V.A . Shaykh Dr. V. Abdur Rahim’s Blog
  27. http://drvaniya.com/?page_id=2