Main Article Content

Abstract

Abstrak


Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan terdapat beberapa factor yang menentukan, mulai dari kurikulum, materi, metode, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, sarana, prasarana, dan sebagainya. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi peserta didik, diperlukan adanya perencanaan, diantaranya adalah perencanaan sarana dan prasarana pendidikan. Sarana dan prasarana merupakan salah satu factor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi peserta didik. Sarana dan prasarana seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan dan sejalan dengan visi dan misi lembaga pendidikan itu sendiri. Tulisan ini menjelaskan tentang perencanaan sarana dan prasarana pendidikan Islami. Hal ini perlu dilakukan agar sarana dan prasarana yang disiapkan lembaga pendidikan sejalan dengan nilai-nilai agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari kajian ini adalah menunjukkan bahwa guna mencapai tujuan pendidikan diperlukan adanya sarana dan prasarana pendidikan, meliputi perencanaan, tujuan dan manfaat, perinsip perencanaan, prosedur, klasifikasi, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Pengadaan sarana dan prasaran yang direncanakan akan menghasilkan sarana dan prasarana yang baik dan tepat guna, sehingga proses belajar mengajar akan berhasil dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.


Abstract


In improving the quality of learning in educational institutions, there are several factors that determine, starting from the curriculum, materials, methods, educators, education staff, students, facilities, infrastructure, and so on. To improve the quality of learning and student achievement, planning is needed, including planning for educational facilities and infrastructure. Facilities and infrastructure are one of the important factors in improving the quality of learning and student achievement. Facilities and infrastructure should be tailored to the needs and in line with the vision and mission of the educational institution itself. This paper describes the planning of Islamic education facilities and infrastructure. This needs to be done so that the facilities and infrastructure prepared by educational institutions are in line with Islamic religious values. The method used in this research is qualitative with a qualitative descriptive analysis approach. The conclusion of this study is to show that in order to achieve educational goals it is necessary to have educational facilities and infrastructure, including planning, objectives and benefits, planning principles, procedures, classification, procurement of educational facilities and infrastructure. Procurement of planned facilities and infrastructure will produce good and effective facilities and infrastructure, so that the teaching and learning process will be successful with the support of adequate facilities and infrastructure.

Keywords

Planning Facilities Infrastructure Islamic

Article Details

References

  1. Arikunto, S. (1993), Organisasi dan administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. ----------------- dan Yuliana, L. (2009) Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aditya Media dan dan FIP UNY
  3. Bafadal, I. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Bernawi & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  5. Hafidhuddin, D. 2000.Tafsir Al Hijri; Kajian Tafsir Al Qur’an Surat An-Nisa. Yayasan Kalimah Thayyibah-Logos. Jakarta
  6. Hamdi, Z, (2005). Menilai Ulang Gagasan Integrasi Ilmu Pengetahuan sebagai Blue Print Pengembangan Keilmuan UIN, dalam Zainal Abidin Bagir, dkk (editor), Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, Yogyakarta: MYIA-CRCS dan Suka Press
  7. Hartani, A.L. (2011). Manajemen Pendidikan Yogyakarta: Laksbang PRES Sindo
  8. Jones, James J. (1969). Secondary School Adminisration. New York: McGraw Hill: Book Company
  9. Mubarakfuri, SS. (2011). Shahih Tafsir Ibnu Katsir, Cet; IV, Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir
  10. Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  11. Qomar, M. (2005), Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga
  12. _____________, (2000). Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga
  13. Ramayulis. (2004). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
  14. Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya: Elkaf
  15. Tim Dosen Administrasi Pendidikan. (2007). Pengelolan Pendidikan, Bandung: Administrasi Pendidikan UPI.
  16. PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
  17. Permendiknas RI No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
  18. Permendiknas RI No. 40 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK)
  19. Permendiknas RI No. 33 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Psrtama Luar Biasa (SMPLB) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)
  20. PP 19 Tahun 2007 Standar Nasional Pendidikan Bab VII Pasal 42
  21. JURNAL
  22. Ellong, TDA. 2017. “Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Iqra, Vol.11, No.1
  23. Huda, MN. 2018. “Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.6, No.2
  24. Megasari, R. 2014. “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi.” Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.2, No.1
  25. Nasrudin & Maryadi. 2018. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD.” Jurnal Managemen Pendidikan, Vol.13, No.1
  26. Nurbaiti, 2015. “Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.9, No.4
  27. Prastyawan. 2016. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.” Al Hikmah Jurnal Study Keislaman, Vol.6, No.1
  28. Saryono & Hutomo, BS. 2016. “Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMA Negeri Se Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol.12, No.1
  29. Sinta, IM. 2019. “Manajemen Sarana dan Prasarana.” Jurnal Islamic Education Management, Vol.4, No.1
  30. Zainiyati, H. 2014. “Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang.” Jurnal Studi Keislaman Ulumuna, Vol. 18, No. 1