Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran bahasa Arab saat wabah (Covid-19) dan menganalisis kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam melaksanakan pembelajaran selama wabah (Covid-19) di MA Ell-Firdaus Kedungreja tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Strategi pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 di SMA Ell-Firdaus Kedungreja adalah menggunakan metode project based learning, strategi pembelajaran menggunakan sistem daring, stretegi pembelajaran menggunakan sitem luring, dengan metode door to door. Hambatan penerapan strategi pembelajaran bahasa Arab pada saat pandemi Covid-19 di SMA Ell-Firdaus Kedungreja merupakan kendala yang berasal dari faktor internal dan eksternal. faktor internal yaitu minat dan perhatian, motivasi siswa dan kesiapannya untuk menerim pembelajaran dengan konsep baru. Sedangkan faktor eksternal dari pihak keluarga, pihak sekolah dan aspek masyarakat. Penyelesaian permasalahan penerapan strategi pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 SMA Ell-Firdaus Kedungreja, menitikberatkan pada permasalahan yang muncul dari dimensi siswa yaitu dengan cara memberikan hadiah atau reward untuk mengatasi kekurangan minat. Untuk mengatasi masalah terkait banyaknya biaya yang harus dikeluarkan oleh siswa.


Abstract


This study aims to describe Arabic learning strategies during the outbreak (Covid-19) and analyze the obstacles faced by Arabic language teachers in carrying out learning during the outbreak (Covid-19) at Ell-Firdaus High School Kedungreja 2020/2021 school year. This study uses descriptive qualitative research methods. The Arabic language learning strategy during the Covid-19 pandemic at Ell-Firdaus High School Kedungreja is an education strategy using project-based learning, daring, and offline strategies door to door. Obstacles to applying Arabic language learning strategies at the time of the Covid-19 pandemic at Ell-Firdaus High School Kedungreja is an obstacle that comes from internal and external factors and internal factors which are interest and attention, students' motivation and their readiness to accept learning with the new concepts. While the external factors of the family side, the school side and the aspects of society. The problem of applying Arabic language learning strategies in the time of the Covid-19 pandemic Ell-Firdaus High School Kedungreja, focuses on the problems that arise from the student dimension, that is, by how to give gifts or rewards to overcome the lack of interest. To overcome the problem related to the number of costs that must be paid by students.

Keywords

strategy learning Arabic covid-19 pandemic

Article Details

References

  1. Anggraini, R. 2020. Strategi Pembiayaan Lembaga Pendidikan Berbasis Filantropi Islam di Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” Yogyakarta. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan …, 9(1), 50–56.
  2. Azis, T. N. 2019. Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2).
  3. Dr. Wahidmurni, M. P. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Repository Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–16.
  4. Efflamengo, L., & Asyrofi, S. 2019. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Siswa Tunanetra di MAN 2 Sleman. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2).
  5. Fakhrurrazi, F. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85.
  6. Hernawan, A. H. 2018. Strategi Pembelajaran di SD. Hakikat Strategi Pembelajaran, 1.1–1.18.
  7. Jihad, H. S., & Suaeb, M. 2017. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas Vi Mi Nw Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017. El - Tsaqafah, 3.
  8. kemendikbud. 2020. Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Kemdikbud.
  9. komunikasi Pribadi Guru Bahasa Arab. 2021.
  10. komunikasi pribadi kepala sekolah. 2021.
  11. Lexy J. Moleong, D. M. A. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. In PT. Remaja Rosda Karya.
  12. Mukrandi. 2020. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Masa Pandemi Covid-19 Di Min 1 Kotawaringain Timur. Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit STKIP Muhammadiyah Sampit, 8(2), 90–99.
  13. Nasution, W. N. 2017. Strategi Pembelajaran. In A. Daulay (Ed.), Perdana Publishing (Vol. 1). Perdana Publishing.
  14. Ninik, D. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswasmk Ibu Pakusari Jurusan Multimedia Padapokok Bahasan Program Linier. حولیات أداب عین شمس, 46(أکتوبر - دیسمبر (ج)), 193–211.
  15. Observasi lapangan, 2021.
  16. Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 6–7. www.ahmarcendekia.or.id
  17. Silferuis, H. 2020. Analisa Efek Covid-19 Terhadap Dimensi Kehidupan Manusia. https://pustakabergerak.id/. https://pustakabergerak.id/artikel/analisa-efek-covid-19-terhadap-dimensi-kehidupan-manusia
  18. Suhaeti, E. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Menulis Pengumuman Sederhana Melalui Metode Pemberian Tugas (Kelas VI Semester II SD Negeri Buahkapas Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Online Unigal, 15–28.
  19. Sutikno, M. S., & Fathurrohman, P. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. In Bandung: Refika Aditama.
  20. Uno, B. H. 2010. Theory of Motivation and Its Measurement Analysis in the Field of Education (Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan). In Bumi Aksara.
  21. Widia Hapnita. 2018. Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1).