Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen asrama dalam meningkatkan kedisiplinan santri tingkat MTs di Pesantren Al-Ma’tuq Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan coding data, kategorisasi data dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen asrama dengan tujuan peningkatan kedisiplinan santri yang dilaksanakan di pesantren Al-Ma’tuq dapat terlaksana dengan baik, hal ini tidak terlepas dari unsur-unsur manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Adapun temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di pesantren Al-Ma’tuq ini terdapat pembentukan organisasi intern kamar yang melibatkan santri untuk mengelola asrama, tentunya tetap dalam pengawasan Musyrif. Hal ini bertujuan untuk membantu para Musyrif dalam penyelenggaraan dan pengelolaan kegiatan asrama agar berjalan dengan lancar dan dapat memberikan dampak bagi santri dalam meningkatkan kedisiplinannya.


Abstract


This study aims to find out how the management of the dormitory in improving the discipline of students at the MTs level at the Al-Ma'tuq Islamic Boarding School, Sukabumi Regency. The research method used is descriptive method using a qualitative approach. The techniques used in data collection are observation, interviews, and documentation studies. Data analysis was carried out by data coding, data categorization and data interpretation. The results of this study indicate that the management of the dormitory with the aim of increasing student discipline carried out at the Al-Ma'tuq Islamic boarding school can be carried out well, this is inseparable from the elements of management, namely planning, organizing, implementing and supervising. The other findings in this study indicate that at the Al-Ma'tuq Islamic boarding school there is the formation of an internal room organization that involves students to manage the dormitory, of course it is still under the supervision of Musyrif. This aims to assist the Musyrif in organizing and managing dormitory activities so that they run smoothly and can have an impact on students in improving their discipline.

Keywords

Kedisiplinan Manajemen Asrama Santri

Article Details

References

  1. Abdurrahman, M. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Alhamuddin, A. & Bukhori, B. (2016). The Effect of Multiple Intelligence-Based Instruction on Critical Thinking of Full Day Islamic Elementary Schools Students. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 21(1), 31-40.
  3. Ariesandi. 2008. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
  4. Astuti, S. A. (2017). Pesantren dan Globalisasi. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 16-35.
  5. Badrudin, B. 2013. Manajemen Peserta Didik. PT Indeks.
  6. Febirauqa, N. L. (2012). Manajemen Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Pasuruan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23, 479-486.
  7. Hafidhuddin, D. (2003). Manajemen syariah dalam praktik. Gema Insani.
  8. Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen pendidikan: konsep & prinsip pengelolaan pendidikan.
  9. Lubis, S. (2015). Analisis manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
  10. Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen program penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302-312.
  11. Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan.
  12. Moleong, L. J. 2007. Metode penelitian kualitatif.