Main Article Content

Abstract

Abstrak


Alokasi jam pelajaran agama Islam yang minim serta buku-buku teks pembelajaran yang kosong dari muatan-muatan keislaman harus mampu memotivasi para praktisi pendidikan dalam mewujudkan sarana-sarana untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada peserta didik. Penelitian ini difokuskan pada analisis nilai-nilai Islam pada buku tematik kelas 2 SD tema 6yang kemudian dievaluasi sehingga nanti buku tersebut dapat dikembangkan agar memiliki muatan-muatan keislaman yang relevan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu para guru dalam mentransformasikan nilai-nilai Islam pada setiap mata pelajaran dan pada setiap bahan ajar. Penelitain ini bersifat deskriptif kualitatif dengan hasil penelitian bahwa nilai-nilai Islam pada buku ajar Tematik Terpadu kelas 2 SD Tema 6 yaitu; (1) nilai merawat kelestarian lingkungan, (2) nilai ihsan (berbuat baik) kepada orang lain dan (3) nilai disiplin dan patuh dengan evaluasi bahwa peserta didik tidak diperkenalkan bahwa nilai-nilai yang dipelajari adalah ajaran agama Islam. Peserta didik juga tidak dikenalkan mengenai peran mereka sebagai seorang muslim (hamba Allah ﷻ).


Abstract


The minimal allocation of Islamic teaching hours and learning text books that are empty of Islamic content must be able to motivate education practitioners in realizing the means to instill Islamic values in students. This research is focused on the analysis of Islamic values in the thematic book of grade 2 SD theme 6 which is then evaluated so that later the book can be developed so that it has relevant Islamic contents. This research is expected to help teachers transform Islamic values in each subject and in each teaching material. This research is a descriptive qualitative research with the results of the research that Islamic values in the Integrated Thematic textbook class 2 SD Theme 6 are; (1) the value of caring for environmental sustainability, (2) the value of ihsan (doing good) to others and (3) the value of discipline and obedience to the evaluation that students are not introduced to the values being learned are Islamic teachings. Students are also not introduced to their role as a Muslim (servant of Allah ).

Keywords

Studi Nilai-nilai Islam Buku ajar tematik

Article Details

References

  1. Ashbahānī, Abū Nu`aim Ahmad ibn Abdillāh al-. 1984. Hilyatu al-Auliyā Wa Tobaqātu al-Ashfiyā. Dār al-Kitāb al-`Arabī. Beirut.
  2. Baghā, Mushtafā Dīb al-. 1978. al-Tadzhīb fī Adillati Matni al-Ghāyah wa al-Taqrīb. Dār al-Imām al-Bukhārī. Damaskus.
  3. Bukhārī, Abū `Abdillāh Muẖammad ibn Ismā’īl ibn Ibrāhīm al-. 1998. Shaẖīẖ al-Bukhārī. Bait al-Afkār. Riyād.
  4. Dzahabī, Syams al-Dīn Abū `Abdillāh Muhammad ibn Ahmad ibn `Utsmān ibn Qoimāz al-. 2006. Siyar A`lām al-Nubalā. Dār al-Hadīs. Kairo.
  5. Ghazālī, Abū Hamīd Muhammad ibn Muhammad al-. 2005. Ihyā `Ulūm al-Dīn. Dār Ibn Hazm. Beirut.
  6. Hāzimī, Khālid Ibn Hāmid al-. 2000. Ushūl al-Tarbiyah al-Islāmiyyah, Dār `ālam al-Kutub. Madinah.
  7. Hidayat, Ara. 2015. "Pendidikan Islam Dan Lingkungan Hidup". Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2.
  8. Ibn Mājah Abū `Abdillāh ibn Yazīd al-Quzwainī, Sunan Ibn Mājah. Dār al-Risālah al-`Ālamiyyah, 2009, juz. 1, hlm. 42, no. 61.
  9. Kuncoro. 2017. Pendidikan Berorientasi Nilai vs Berorientasi Proses, diakses tanggal 04 Februari 2021, https://www.kompasiana.com/kuncoromm/59f157a6ff24057b7c0d8552/pendidikan-berorientasi-nilai.
  10. Mangunjaya, Fachruddin M. dkk. 2007. Menanam Sebelum Kiamat; Islam, Ekologi dan Gerakan Lingkungan Hidup. Yayasan Obor Indonesia.
  11. Naisābūrī, Abū al-Husain Muslim ibn al-Hajjāj al-. Shahīh Muslim. Bait al-Afkār. Riyād.
  12. Nawawī, Abū Zakariyya Muhyi al-Dīn Yahya ibn Syarof al-. 1972. al-Minhāj Syarh Shahīh Muslim ibn al-Hajjāj. Dār Ihyā al-Turats al-`Arabī. Beirut.
  13. Niẖlawī, ‘Abd al-Raẖmān al-. 2010. Ushūl al-Tarbiyah al-Islāmiyyah wa Asālībuhā li al-Fard wa al-Mujtama’. Dār al-Fikr. Damaskus.
  14. Qardāwī, Yūsuf al-. 2001. Ri`āyatu al-Bīah fī Syarī`at al-Islām. Dār al-Syurūq. Kairo.
  15. Rabbaniyah, Handrianto & Sastra. 2020. "Penerapan Islamisasi Sains al-Faruqi dalam Silabus Biologi". Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 13, No. 1
  16. Rouf, Abd. 2015. "Potret Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum". Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume. 3, No. 1
  17. Sa’dī, `Abdurrahmān ibn Nāshir al-. 2002. Taisīr al-Karīm al-Rahmān fī Tafsīr al-Kalām al-Mannān. Muassasah al-Risālah. Beirut.
  18. Sijistānī, Abū Dāwūd Sulaimān ibn al-`Asy`ast al- Sunan Abī Dāwūd. 1997. Dār Ibn Hazm. Beirut.
  19. Suryadi, Edi, M. Hidayat Ginanjar, dan M. Priyatna. 2018. "Penggunaan Sosial Media Whatsapp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor)", Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1.
  20. Tamam, Abas Mansur. 2017. Islamic World View. Spirit Media. Jakarta Timur.
  21. West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Edisi 3, Analisis dan Aplikasi, Terjemahan oleh Maria Natalia Damayanti Maer. Salemba Humanika. Jakarta.
  22. Yahaya, Abdullah Sani. 2005. Mengurus Disiplin Pelajar. Publikasi & Distributor PTS,. Bentong.
  23. Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.