Main Article Content

Abstract

Abstrak


Pendidikan akhlak merupakan bagian dari ajaran pendidikan Islam. Padahal kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia sebagian besar beragama Islam. Dengan pendidikan akhlak yang baik ini diharapkan nilai-nilai ajaran pendidikan Islam dapat ditanamkan dan dilaksanakan di negara Indonesia ini. Pendidikan akhlak yang baik akan menghantarkan pelakunya menjadi manusia yang berakhlak mulia di berbagai lini kehipan. Karena begitu pentingnya pendidikan akhlak ini maka perlu dikaji ulang dan dikomparasikan dengan pemikiran tokoh Barat. Artikel ini membahas tentang bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam perspektif al Ghazali yang dikomparasikan dengan pemikiran tokoh Barat. Kajian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang konsep pendidikan akhlak yang dikaitkan dengan pendidikan Islam yang ada pada masa sekarang. Nilai-nilai pendidikan akhlak merupakan suatu hal yang perlu untuk ditanamkan pada diri anak, dan hal itu yang juga coba diterapkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Rawadenok Depok. Adapun tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui seperti apa pendidikan akhlak hang diterapkan pada MI Al-Hidayah Rawadenok Depok, baik dari segi program, metode dan prosesnya. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif by research, yakni terdapat penelitian lapangan juga penelitian pustaka. Hal ini dilakukan guna untuk mendapatkan gambaran yang lebih real terkait pendidikan akhlak pada sekolah teersebut. Sampel penelitian yang digunakan adalah Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Rawadenok Depok. Hasil dari penelitian ini meliputi program yang digunakan dalam pendidikan akhlak pada MI Al Hidayah Rawadenok adalah program pembelajaran ditambah program halqah tarbiyah, adapaun metode pendidikan akhlak yang diterapkan adalah metode keteladanan, pembiasaan dan pujian serta proses dalam pendidikan akhlak dilakukan dengan memperhatikan berbagai hal, yakni pendidikan akhlak kepada Allah, kepada diri sendiri dan kepada sesama. Diharapkan ketika metode, program dan proses berjalan dengan baik dan maksimal, maka akan menghasilkan anak didik yang memiliki kepribadian Islam.


Abstract


Moral education is part of the teachings of Islamic education. Even though we all know that the Indonesian state is mostly Muslim. With good moral education, it is hoped that the values of Islamic education can be instilled and implemented in this country. Good moral education will lead the perpetrators to become human beings with noble morals in various lines of life. Because of the importance of moral education, it needs to be reviewed and compared with the thinking of Western figures. This article discusses how the concept of moral education in al Ghazali's perspective is compared with the thinking of Western figures. This study is expected to contribute ideas about the concept of moral education associated with Islamic education that exists today. The values of moral education are something that needs to be instilled in children, and this is what Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Rawadenok Depok is also trying to implement. The purpose of writing this journal is to find out what kind of morality education hangs on MI Al-Hidayah Rawadenok Depok, both in terms of programs, methods and processes. This research uses qualitative research by research, namely there is field research as well as library research. This is done in order to get a more real picture related to moral education at the school. The research sample used was Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Rawadenok Depok. The results of this study include the program used in moral education at MI Al Hidayah Rawadenok is a learning program plus the halqah tarbiyah program, while the moral education method applied is exemplary, habituation and praise methods and the process in moral education is carried out by paying attention to various things, namely education. morals to Allah, to yourself and to others. It is hoped that when the methods, programs and processes run well and optimally, it will produce students who have Islamic personalities.

Keywords

pendidikan akhlak madrasah ibtidaiyah

Article Details

References

  1. Departemen Agama RI, , 2008, Syaamil Al-Qur‟an: Al-Qur‟an dan Terjemahannya, Bandung: Sygma.
  2. Ulwan, Abdullah Nashih, , 2003, Pendidikan Anak dalam Islam (Jakarta: Pustaka Amani.
  3. Moleong, Lexy J, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, cet.28 Bandung: Remaja Rosdakarya
  4. Sukmadinata, Nana Syaudih, 2006, Metodelogi Penelitian Pendidikan, cet. 2 Bandung: Remaja Rosdakarya
  5. Anwar, Saifudin, 2007, Metode Penelitian , Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rahmatullah dkk, 2019, Buku Tata Krama dan Tata Tertib Siswa, Depok: YARD Press.
  7. Daulay, Haidar Putra, , 2014, Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Kencana.