Main Article Content

Abstract

Abstrak


Di Indonesia, potensi wakaf uang sangat terbuka lebar, salah satunya wakaf tunai yang digunakan untuk membangun masjid, karena akan menjadi investasi terbaik di dunia dan di masa depan. Ruang lingkup penelitian ini adalah Masjid Al-Hijri 2, sebuah masjid besar di Kota Bogor. Masjid Al Hijri 2 dibangun pada tahun 1983. Masjid ini merupakan sebuah cita-cita terbaik dari para pejuang bangsa ini, KH. Soleh Iskandar, KH Noer Ali, M.Natsir, dan KH TB Hasan Basri. Jenis atau cara yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan metodepenelitian sebuah kasus. Penghimpunan data dalam penelitian ini mengadopsi metode teknis pengumpulan data penelitian, yaitu observasi dan wawancara mendalam dengan objek penelitian. Posisi pembangunan masjid ini sangat fundamental dan signifikan untuk memperkokoh tujuan kampus UIKA Bogor yaitu beriman, berilmu, dan beramal. Masjid juga berkedudukan serta berfungsi dalam mengembangkan tamatan yang berprestasi dan berakidah di kampus. Masjid Al-Hijri 2 berfungsi sebagai tempat pengembangan generasi muda islami khususnya jajaran civitas UIKA, dan umumnya warga di Kota Bogor. Aliran pembaharuan, perang ide dan budaya harus disertai dengan kokohnya iman, tauhid dan kekuatan intelektual ummat.


Abstract


In Indonesia, the potential for cash waqf is very wide open, one of which is cash waqf used to build mosques, because it will be the best investment in the world and in the future. The scope of this research is Masjid Al-Hijri 2, a large mosque in Bogor City. Al Hijri Mosque 2 was built in 1983. This mosque is the best ideals of the fighters of this nation, KH. Soleh Iskandar, KH Noer Ali, M. Natsir, and KH TB Hasan Basri. The type or method used is descriptive qualitative, namely the research method of a case. Data collection in this study adopted research data collection methods, namely observation and in-depth interviews with the research object. The position of the construction of this mosque is very fundamental and significant to strengthen the goals of the UIKA Bogor campus, namely trust, knowledge, and charity. The mosque is also located and functions in developing outstanding graduates and having faith on campus. Al-Hijri 2 Mosque serves as a place for the development of the younger generation of Islam, especially the ranks of the UIKA community, and generally residents in the city of Bogor. Inflows, wars of ideas and culture must be accompanied by solid faith, monotheism and intellectual strength of the ummah.

Keywords

Wakaf Tunai Pengelolaan Wakaf Masjid Al-Hijri 2 UIKA Bogor

Article Details

References

  1. Almas Hadyan tari, Faizatu. (2018). Pemberdayaan Wakaf Produktif: Upaya Strategis untuk Kesejahteraan Eknonomi Masyarakat. MEIS: Jurnal Middle Eastand Islamic Studies, Volume 5 No. 1
  2. Amarodin, Muchamat, (2019). Optimalisasi Pemberdayaan Wakaf Produktif Di Indonesia (Ikhtiar Strategis Dalam Membangun Kesejahteraan Ekonomi Keumatan). Jurnal Eksyar (Ekonomi Syariah) Vol. 06 No. 02 November 2019: 162 – 177
  3. Ayu Tirta Wangi, Putri. Skripsi “Pelaksanaan Pengelolaan Dan Pengembangan Wakaf Produktif” (Riau: 2019) Hal 2.
  4. Aziz, M. Wahib, (2017). Wakaf Tunai Dalam Perspektif Islam. International Journal ihya’ ‘ulum al-din Vol 19 no 1
  5. Beik, I. S. (2013). Mengoptimalkan Wakaf Uang Bagi Pengembangan UMKM. Iqtishodia Jurnal Ekonomi Islam Republika. 23
  6. Fatwa MUI Tentang Wakaf Uang
  7. Indonesia Dermawan.id, (2020). Yuk Patungan Wakaf Tunai Bangun Masjid al-Hijri II! Diambil dari https://bogor.indonesiadermawan.id/campaign/5103/yuk-patungan-wakaf-tunai-bangun-masjid-al-hijri-ii
  8. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). Tersedia di https://kbbi.web.id/kembang. Diakses 08 Juni 2021.
  9. Nada Lubabah, Fairuz, Skripsi: ”Peran Nazir Dalam Optimalisasi Pengelolaan Dan Pengembangan Wakaf Produktif” (Surabaya, 2020) Hal 1.
  10. Newman, W. L. (2015). Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approache, Boston: Allyn & Bacon, 1997.-sebagaimana dikutip Muslim dalam Jurnal Wahana, Vol 1, (No. 10), 78. dalam Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi.
  11. Nukra, (2017) Pemikiran Muhammad Abdul Mannan tentang pengembangan ekonomi Islam era modern. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.
  12. Peraturan BWI Nomor 1 tahun 2009 tentang Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf Uang.
  13. Republika.co.id, (2018). Masjid Al-Hijri II Dirancang Jadi Masjid Terbesar di Bogor”. Diambil dari https://www.republika.co.id/berita/pjcdft384/masjid-al-hijri-ii-dirancang-jadi-masjid-terbesar-di-bogor
  14. Riyanto, 2017. Optimalisasi Pengelolaan Wakaf. Al-‘Adalah Vol 14, No 2, 337-338.
  15. Rusydiana, A. S. (2018). Analysis of Cash Waqf Development In Indonesia Using Interpretive Structural Modeling (ISM). Journal of Islamic Economics Lariba, 4 (1), 1-11
  16. Zaidah, Y. (2012). Wakaf Tunai sebagai Alternatif Pemberdayaan Ekonomi Ummat Islam di Indonesia. Attaradhi: Jurnal Studi Islam, 3 (2), 187-196