Main Article Content

Abstract

Abstrak


Dalam perspektif Islam, mempersiapkan atau merencanakan segala sesuatu adalah bagian daripada keimanan dan ketaqwaan, sebagaimana dalam firman Allah Swt. dalam Al-Qur'an Surat Al-Hasyr ayat 18, keberadaan suatu alumni atau lulusan di dalam dunia pendidikan, terkhusus pendidikan Islam adalah sebuah keniscayaan karena ia adalah masih bagian dari hasil akhir proses pendidikan dalam sebuah lembaga pendidikan, selain dari pada sebagai hasil akhir proses pendidikan, alumni juga dianggap sebagai sarana dalam evaluasi dan tolak ukur keberhasilan atau kegagalan dalam sebuah lembaga pendidikan. Dengan demikian selesainya program pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan bukan berarti berakhirnya juga tugas perencanaannya karena lembaga pendidikan yang selalu aktif dalam menjalankan proses pendidikan akan melahirkan alumni atau lulusan setiap tahunnya dan juga tetap harus direncanakan perkembangan selanjutannya.


Abstract


In the Islamic perspective, preparing or planning everything is part of faith and piety, as in the word of Allah Swt. in the Qur'an Surah Al-Hasyr verse 18, the existence of an alumni or graduate in the world of education, especially Islamic education is an inevitability because it is still part of the final result of the educational process in an educational institution, in addition to being the final result of the educational process, alumni are also considered as a means in evaluation and benchmark of success or failure in an educational institution. Thus the completion of educational programs in an educational institution does not mean the end of the planning task because educational institutions that are always active in carrying out the education process will give alumni or graduates every year and also still have to plan for the next development.

Keywords

Perencanaan Alumni Pendidikan Islam

Article Details

References

  1. Abdullah ibn 'Aqil. 2014. at-Tarbiyatu al-Islamiyah, ar-Riyad: Maktabah al-Rusyd.
  2. Ahmadi. 1992. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.
  3. Annas, A. N. 2017. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam, Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 5, Nomor 2.
  4. Arianto, I. 2017. Pengelolaan Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam Perspektif Konsep Customer Relationship Management (CRM), Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Indonesia.
  5. Badan Pusat Statistik. 2020. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. BPS, Jakarta.
  6. Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik, Jakarta: PT Indeks.
  7. Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik, Jakarta: PT Indeks.
  8. Deni, I. F., Salamuddin. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Alumni PTKI: Analisis Alumni Prodi di Pengembangan Masyarakat Islam UINSU di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 3 (1), 19-24.
  9. Hamalik, O. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/
  11. http://kbbi.web.id/rencana/
  12. Langgulung, H. 1980. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.
  13. Muhajidin, E. 2011. Concept and Principles of Education Planning Based on The Qur’an and Sunnah. Proceeding of The International Seminar on Islamic Education: Islamization of Higher Education Models and Experiences in Muslim Worlds, Bogor, Indonesia.
  14. Mujahidin, E., et al. 2008. Perencanaan Pendidikan: Konsep Jitu Mendirikan Sekolah Islam. Bogor, UIKA Press.
  15. Priyanto, D. 2018. Pengembangan Perencanaan Pendidikan Islam (Konsep Strategi Pengembangan Di Indonesia). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16 (3), 294-307.
  16. Qardawi, Y. 1989. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, Jakarta: Bulan Bintang.
  17. Rahayu, A. M., Mujahidin, E., Handrianto, B. 2021. Perencanaan Pengembangan Alumni Perguruan Tinggi dalam Perspektif Islam, Idarah Tarbawiyah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, 2021, e-ISSN. 2723-5386, hlm. 76-90.
  18. Sastra, A. 2014. Filosofi Pendidikan Islam, Darul Muttaqien Press.
  19. Sibarani, S. A. P., Napitupulu, J., Jamaluddin. 2017. Aplikasi Pengolahan Data Alumni Diploma Tiga Manejemen Informatika Universitas Methodist Indonesia Medan. Methomika: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 1 (1), 39-45. ISSN: 2598-8565.
  20. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  21. Suharso, Retnoningsih. A. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux, cet. Ke-11, Semarang: CV. Widya Karya.
  22. Syarafuddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Tangerang: Ciputat Press.
  23. Tafsir, A. 2019. Filsafat Pendidikan Islami, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  24. Tim Dosen Administrasi Peniddikan. 2011. Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
  25. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 4.