Main Article Content

Abstract

Abstrak


Bahasa inggris sebagai sebuah mata pelajaran yang diajarkan pada beberapa institusi pendidikan di Indonesia merupakan salah satu aspek penting demi memperkaya ilmu dan pengetahuan para pembelajar di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa Inggris tingkat SMP di Sekolah Alam Bogor. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Peneliti mendapatkan bahwa dalam proses pembelajaran bahasa inggris Sekolah Alam Bogor Tingkat SMP menggunakan metode online-assignment, metode pembelajaran outdoor-classroom, dan metode pembelajaran social entrepreneurship.


Abstract


English as a subject taught at several educational institutions in Indonesia is an important aspect in order to enrich the knowledge of Indonesian learners. The purpose of this research was to determine the method of learning English at the junior high school level at Sekolah Alam Bogor. The research method used by the author is a qualitative descriptive research method. Researchers used data collection techniques by means of interviews. The researcher found that in the process of learning English, Sekolah Alam Bogor for Junior High School used the online-assignment method, the outdoor-classroom learning method, and the social entrepreneurship learning method.


Keywords : method; english; islam.

Keywords

metode bahasa inggris islam

Article Details

References

  1. Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. 2011. Islam dan Sekularisme. PIMPIN, Bandung
  2. Al-baekani, Srisudarso, dan Pahlevi. 2017. “Pandangan Para Ustad dan Santri-Santri Terhadap
  3. Pelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Salafiyah Darul Ulum Karawang”, Judika Jurnal Pendidikan Unsika, Vol. 5 (No. 2), Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang
  4. Al Faruqi, Ismail Raji. 1984. Islamisasi Pengetahuan, Penerbit Pustaka, Bandung
  5. Alkhateeb, Firas. 2016. Sejarah Islam yang Hilang, Penerbit Bentang, Yogyakarta
  6. Ariesto Hadi Sutopo dan Adrianus Arief,. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO.
  7. Jakarta: Prenada Media Group, 2010, hlm 19
  8. Bakar, Osman. 1995. Tauhid & Sains. Pustaka Hidayah, Bandung
  9. Brown dan Coombe. 2016. The Cambridge Guide to Research in Language Teaching and Learning. Cambridge University Press. United Kingdom
  10. Charanjit, Rhashvinder, Tarsame, Mostafa dan Mohtar. 2018. “Developing a Higher Order Thinking Skills Module for Weak ESL Learners.” Canadian Center of Science and Education, Vol. 11, No. 7
  11. Dixon, Shane. 2016. 100 TESOL Activities for Teachers. Wayzgoose Press. Eugene, Oregon
  12. Einhorn, Kama. 2001. Easy and Engaging ESL Activities and Mini-Books for Every Classroom. Scholastic. New York
  13. Forero, Alex. 2016. ESL Conversation Lessons: Instant Lessons that Get Your English Language Students Talking. R Forero.
  14. Forte dan Pangle. 2001. Reading and Spelling ESL: games, puzzles and inventive exercises. Incentive Publications. Nashville, Tennessee
  15. Gasparro, Judith. 2008. “MLJ Reviews” The Modern Language Journal 92
  16. H. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002, hlm. 184.
  17. Isnaeni. 2013. “Metode Permainan Whisper Race dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak
  18. Bahasa Inggris”, Kalam Cendekia PGSD Kebumen, Vol.1 (No.2), Kebumen: Universitas Sebelas Maret
  19. Jones, Peter. 2002. Vocabulary 2 Games and Activities. Pearson Education Limited. England
  20. Kaltsum, Honest Ummi. 2015. “Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Inggris di SD di
  21. Surakarta”, The 2nd University Research Colloquium 2015 , Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015, hlm. 19.
  22. Kartanegara, Mulyadhi. 2003. Pengantar Epistemologi Islam. Penerbit Mizan, Bandung
  23. Kessler, Greg. 2013. “Teaching ESL/EFL in a World of Social Media, Mash-Ups, and Hyper-Collaboration.” TESOL Journal TESOL International Association Vol. 4, No. 4
  24. Miles, B. Matthew dan Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang
  25. Metode-Metode Baru. UIP, Jakarta
  26. Millah, Maftuhatun Nurul. 2019. “Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pesantren di MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara”, Jurnal Intelegensia, Vol. 7 (No. 2), Jepara
  27. Muhaimin, Abd. Mujib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Trigenda Karya, Bandung
  28. Mujib dan Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Kencana, Jakarta
  29. Murray dan Christison. 2011. What English Language Teachers Need To Know Volume I: Understanding Learning. Routledge. New York.
  30. Murtha dan O’Connor. 2015. English The American Way: A Fun ESL Guide to Language and Culture in the U.S.. Research & Education Association. Piscataway, New Jersey.
  31. Naiborhu, Romasta. 2019. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
  32. Melalui Metode Bermain Peran”, Jurnal Global Edukasi, Vol.3 (No.1)
  33. Nam, Jihyun. 2010. “Linking Research and Practice: Effective Strategies for Teaching Vocabulary in the ESL Classroom.” TESL Canada Journal, Vol. 28, No. 1
  34. Nation dan Newton. 2009. Teaching ESL/EFL Listening and Speaking. Routledge. New York.
  35. Natsir, M. 1962. Dunia Islam dari Masa ke Masa. Panji Masyarakat
  36. Nuriyah, Fitroh Ida. 2017. “Metode Permainan Crossword Puzzle dalam Peningkatan
  37. Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kelas IV SD”, Kalam Cendekia PGSD Kebumen, Vol.5 (No.1), Kebumen: Universitas Sebelas Maret
  38. Rijaludin, Filsafat Pendidikan Islam Konsep Manusia, Pendidikan Islam dan Moral Islami,
  39. Jakarta: Pusat Kajian slam FAI UHAMKA, 2008, hlm. 113.
  40. Risdianto, Faizal. 2016. “Model Pembelajaran Bahasa Inggris di Ponpes Ta’mirul Islam
  41. Surakarta”, Leksema Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 1 (No.1), Salatiga: IAIN Salatiga
  42. Roth dan Aberson. 2008. Compelling Conversations: Questions and Quotations on Timeless Topics. Chimayo Press. Los Angeles
  43. Solichin, Mohammad Muchlis. 2013. “Inovasi Pembelajaran di Pesantren: Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris”, Jurnal Nuansa, Vol.10 (No. 1), Pamekasan: STAIN Pamekasan, hlm. 1.
  44. Storch, Neomy. 2002. “Patterns of Interactions in ESL Pair Work.” Language Learning, Vol. 52, No. 1
  45. Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV. Bandung
  46. Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995,
  47. hlm. 12.
  48. Tamam, A. M. 2017. Islamic Worldview: Paradigma Intelektual Muslim. Spirit Media, Jakarta
  49. Tamrin, Febriana Andi. 2019. “Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat
  50. Pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap”, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.15 (No.2), Makassar: Universitas Fajar
  51. Tomlinson, Brian. 2011. Materials Development in Language Teaching. Cambridge University Press. United Kingdom
  52. Watkins, Peter. 2018. Teaching and Developing Reading Skills: Cambridge Handbooks for Language Teachers. Cambridge University Press. United Kingdom
  53. Wijaya dan Rosyan. 1992. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, PT.
  54. Remaja Rosdakarya, Bandung
  55. Zuhro dan Hermawati. 2017. “Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas SDM dalam Menghadapi Tantangan MEA Bagi Santriwati Pondok Pesantren Al-Husna Jember”, Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, Vol.2 (No. 1), Jember: Politeknik Negeri Jember, hlm. 6.