Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran bahasa Arab merupakan sebuah proses yang dilakukan antara pendidik dan peserta didik baik dikelas maupun diluar kelas agar siswa mampu menguasai 4 maharah dalam bahasa Arab. Manajemen pembelajaran bahasa Arab merupakan sarana atau wasilah agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Manajemen pembelajaran bahasa Arab mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, penilaian dan evaluasi. Semua didesain agar efektif dan efesien ,Partisipasi seorang pendidik sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas bahasa . Usaha yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan perkembangan bahasa, bisa melalui desain pembelajaran yang aktif dan juga kreatif. Seorang pendidik dituntut memahami desain perkembangan pembelajaran bahasa Arab. Setelah di Analisis ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini Metode yang digunakan adalah kualitatif jenis penelitian (field research). Subjek penelitian ini diperoleh melalui informen atau responden dengan cara pengumpulan data seperti wawancara, observasi serta analisis data.
Abstract
Arabic learning is a process carried out between educators and students both in the classroom and outside the classroom so that students are able to master 4 maharah in Arabic. Management of Arabic learning is a means or wasilah so that the desired goals can be achieved. Management of Arabic learning includes planning, implementation, organization, assessment and evaluation. All are designed to be effective and efficient, the participation of an educator is needed in improving the quality of the language. Efforts made by educators in improving language development can be through active and creative learning designs. An educator is required to understand the design of the development of Arabic learning. After the analysis, there are several supporting and inhibiting factors in learning Arabic. In this study, the method used is a qualitative type of research (field research). The subjects of this study were obtained through informants or respondents by means of data collection such as interviews, observations and data analysis.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Abidin, Z., 2006. Motivasi Dalam Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan ‘ARCS’. publikasiilmiah, Volume 18, pp. 143 -155.
- Ariep Hidayat, Maemunah Sa’diyah,Santi Lisnawati, 2020. Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 09, pp. 71 - 86 .
- Cut Mutia1, C. Z. H. N. U., 2016. Manajemen Pembelajaran Melalui Pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 4, pp. 23 - 31.
- Danarwati, Y. S., 2013. Manajemen Pembelajaran dalam upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, Volume 6, pp. 1-18.
- Erwinsyah, A., 2017. Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 5, pp. 69 - 84.
- Faiqah, N., 2017. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah. AT -TAFKIR, Volume 10, pp. 64 - 85.
- Jannah, R., 2017. Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Elementary School, Volume 1, pp. 47 - 58 .
- Julaiha, S., 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. jurnal of education , Volume 14, pp. 226 - 239 .
- karim, r., 2021. deepublish. [Online]
- Available at: https://penerbitbukudeepublish.com/populasi-dan-sampel/
- [Accessed selasa September 2021].
- Lahmi, A., 2020. Analisis Upaya, Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Alquran dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Journal of Islamic Education, Volume 3, pp. 213 -229.
- Mathias Gemnafle1*, J. R. B., 2021. Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, Volume 1, pp. 29 - 42.
- nugrahani, F., 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta : Cakra Books.
- Syaodih, E., 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. educare, Volume 5, pp. 1-28.
- Tumaji, S. T., 2018. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora , Volume 5, pp. 107 - 122.
- Wijaya, M., 2017 . Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 1, pp. 1 - 18 .
- Wulandari, D., 2016. Model Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 6, pp. 851-865.