Main Article Content

Abstract

Abstrak


Sekolah  merupakan produk layanan jasa dalam bidang pendidikan, jasa dimaksud adalah dalam melayani  kebutuhan orang tua untuk pendidikan anaknya terutama kebutuhan untuk Pendidikan Anak Usia Dini, pilihan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak usia dini berbeda dengan memilih sekolah formal tingkat lanjut, banyak factor yang akan menjadi pertimbangan para orang tua untuk menentukan pilihannya salah satunya adalah referensi dari orang terdekat atau yang dikenal baik yang menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Faktor referensi inilah yang harus dapat dikelola dengan baik oleh pihak internal sekolah dengan para stakeholder eksternal sebagai penjamin mutu dalam meyakinkan orang tua calon peserta didik akan mutu lembaga sekolah tersebut. Tujuan pendidikan di sekolah akan  tercapai  bila semua komponen internal sekolah dapat bekerja sama dengan baik, dan bukan hanya komponen internal sekolah saja tentunya diperlukan komponen dari luar sekolah atau eksternal , komponen eksternal sekolah terdiri dari orang tua peserta didik atau masyarakat sekitar yang berkepentingan baik secara langsung atau tidak langsung dalam  lembaga sekolah, begitu pentingnya peranan stakeholder eksternal ini dalam menjamin mutu sekolah TKQ Baitul Izzah sehingga dalam lima tahun ini peserta didiknya relative stabil.


Abstract


School is a service product in the field of education, the service in question is to serve the needs of parents for their children's education, especially the need for Early Childhood Education, the choice of parents in choosing schools for early childhood is different from choosing advanced formal schools, many factors that will be taken into consideration by parents in making their choice, one of the consideration is a reference from the closest or well-known person who sends their child to that school. This reference factor must be managed properly by the school's internal parties also with stakeholders external as indirect marketing  in convincing parents of prospective students of the quality of the school institution. The purpose of education in schools will be achieved if all the internal components of the school can work well together, and not only the internal components of the school, of course, components from the outside of school or external are needed, the external components of the school consist of parents of students or the surrounding community who are interested directly or indirectly in school institutions, the important role of external stakeholders is ensuring the quality of the TKQ Baitul Izzah’s school so that in these five years, the students are relatively stable.

Keywords

pendidikan Anak Usia Dini stake holder Pendidikan

Article Details

References

  1. Anjasari, Pita. Manajemen Lingkungan dan Stakeholder Pendidikan, academia edu, Universitas Muhamadiyyah Ponorogo
  2. Ariwidodo, Bagus. 2009. Studi Mengenai Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pendidikan Pasca Sarjana, (Studi Kasus Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang), Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. VIII, No. 2, September 2009, halaman 187 – 203,Universitas Diponegoro Semarang
  3. digilib.uinsby.ac.id, diakses 8 September 2021
  4. Engkoswara. 2010. Administrasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung. Hal. 304
  5. Helmawati. 2018. Mengenal dan memahami PAUD. Rosda Karya. Bandung, Hal. 5
  6. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_718793118976.pdf
  7. http://sipeg.unj.ac.id/ membangun kemitraan antara sekolah dan orangtua, diakses 3 september 2021
  8. Kholis, Nur. 2014. Mutu Sekolah Dan Budaya Partisipasi Stakeholders Studi fenomenologi di sekolah Konfensional MIN Telagasari Blitar, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol. 2, No. 2
  9. Majir, Abdul. 2018. Rekontruksi hubungan komite sekolah dan sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu Pendidikan , Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol. 10, No. 2
  10. Mukhtar S, Muhammad. 2017. Pemasaran dan upaya dalam mempengaruhi harapan stakeholder dalam lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Tarbawi Vol. 14. No. 2. Juli – Desember 2017 ISSN
  11. Nata, Abudinata. 2016. Kapita Selekta Pendidikan Islam. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
  12. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar pendidikan Anak Usia Dini
  13. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
  14. Susanto, A. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini konsep dan teori, PT Bumi Aksara. Jakarta
  15. Sutikno, Sobry. 2012. Manajemen Pendidikan langkah praktis mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul tinjauan umum dan Isam. Holistica. Lombok. Hal. 93