Main Article Content

Abstract

Abstrak


Peran pendidikan sangatlah penting bagi setiap manusia dalam kehidupannya, karena dengan pendidikan salah satu cara manusia untuk mendapatkan ilmu dan dengan ilmu tersebut seorang manusia akan dapat menjalankan hidupnya dengan baik. Tak lupa dari itu peran seorang guru sangat penting dalam proses pendidikan tanpa adanya seorang guru maka pendidikan akan terkendala dalam mencapai tujuan nya, pengawan seorang tenaga pendidik atau guru harus tetap ada untuk menjaga kwalitas dan mutu dalam proses pembelajaran, maka supervisi tenaga pendidik yang dilakukan kepala sekolah atau pengawas sekolah menjadi salah satu faktor pendukung dalam mencapai tujuan pendidikan, penelitain ini bersifat deskriftip dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa dokumen dan subyek penelitian ini kepala sekolah dan guru di Mts Ibnu Taimiyah, dan hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa tenaga pendidik di Mts Ibnu Taimiyah sudah dapat dikatakan sudah memenuhi standar kompetensi pendidikan nasional.


Abstract


The role of education is very important for every human being in his life, because with education it is one way for humans to get knowledge and with this knowledge a human being will be able to live his life well. Not to forget that the role of a teacher is very important in the educational process without the presence of a teacher, education will be constrained in achieving its goals, a teacher or teacher must be there to maintain the quality and quality in the learning process, so the supervision of the teaching staff is carried out by the head. schools or school supervisors are one of the supporting factors in achieving educational goals, this research is descriptive using a qualitative approach, the data sources used in this study are documents and the subject of this study is the principal and teachers at Mts Ibnu Taimiyah, and the results of this study gives an illustration that the teaching staff at Mts Ibn Taymiyyah can be said to have met the national education competency standards.


Keywords : Supervision; Quality; Teacher; Quality of Education.

Keywords

Supervisi Kwalitas Tenaga Pendidik Mutu Pendidikan

Article Details

References

  1. putra, Nusa & Santi Lisnawati. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Remaja Rosdakarya, Bandung
  2. Fitrah, luthfiyah. 2017. Metodelogi Penelitian Penelitian Kualitatif tindakan kelas dan kasus, CV Jejak, Sukabumi
  3. Guntoro. 2020. “ Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Iqra’, Vol. 14, No. 1
  4. Minol,I. Tesis. “Perencanaan Rekruitmen Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pesantren Nahdhatul Islam, (Riau: UIN SUSKA, 2013)
  5. Koiriyah. B. Tesisi. “ Kompetensi Pedagogik Guru Al Quran Hadits Dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa” (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2015)
  6. Mohtar. 2012. Tesis Bab I s.d. V dan Lampiran 1 s.d. http://www.slideshare.net/ bangmohtar/tesis-bab-i-sd-v-dan-lampiran-1-sd
  7. Jihad dkk. 2019. “ Hubungan Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMP Negri di Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya”. Vol.7 no.1
  8. Muhammad. Shahih Al bukhari. No. 2652. Jilid 3. Hal 171
  9. Muslim. Shahih Muslim. No 2533. Jilid 7. Hal 185
  10. Permendiknas, No 16 Tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
  11. Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28 Ayat 3 Butir A,B,C,D
  12. Permendikbud, Nomor 10 Tahun 2017, Perlindungan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan