Main Article Content

Abstract

Penulisan penelitian ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan memberikan sudut pandang baru dalam penyelesaian sengketa asuransi melalui non litigasi dan dilihat berdasarkan perpektif hukum syariah. Di dalam penulisan penelitian ini, metode penelitian hukum bersifat normatif diaplikasikan dengan menggunakan cara pendekatan atas peraturan perundang-undangan serta pendekatan konseptual yang kemudian disajikan dalam bentuk laporan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa metode yang dapat ditempuh oleh pemegang polis guna menyelesaikan sengketa melalui non litigasi dengan badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK). Mulai dari pengaduan kepada perusahaan asuransi sesuai ketentuan Pasal 2 ayat (1) POJK 1 / 2014 dan Pasal 32 ayat (1) POJK 1 / 2013, pengaduan kepada OJK sesuai ketentuan Pasal 40 ayat (1) POJK 1 / 2013, penyelesaian sengketa dengan penggunaan lembaga alternatif penyelesaian sengketa sesuai ketentuan Pasal 2 ayat (5) POJK 1 / 2014 serta penyelesaian sengketa melalui proses kepailitan pada Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri sesuai ketentuan pasal 52 ayat (1) POJK 28/2015. Terdapat dua kelompok yang punya standar moralitas syariah pada penyelesaian masalah ekonomi dan bisnis dalam Islam, terutama pada persengketaan Asuransi; Pertama, kelompok yang langsung merujuk kepada etika Al-Qur’an dan hadis Kedua, kelompok yang menjadikan aturan-aturan interpretasi langsung terhadap ayat-ayat al-Qur’an dan as-Sunnah untuk menghasilkan beberapa prinsip dasar bagi ekonomi Islam.


Writing this study aims to share knowledge and provide a new perspective in the resolution of insurance disputes throught non-litigation and viewed from the perspective of sharia law. In writing this research, normative legal research methods are applied by using an approach to legislation and a conceptual approach which is then presented in the form of a descriptive report. The results of the studiy show that there are several methods that can be taken by policyholders to resolve disputes through non-litigation with the consumer dispute settlement agency (BPSK). Starting from complaints to insurance companies in accordance with the provisions of article 2 paragraph (1) POJK 1/2014 and article 32 paragraph (1) POJK 1/2013, complaints to the OJK in accordance with the provisions of article 40 paragraph (1) POJK 1/2013, dispute resolution by using alternative dispute resolution institutions in accordance with the provisions of article 2 paragraph (5) of POJK 1/2014 as well as dispute resolution through the bankruptcy process at the Commercial Court at the Distric Court in accordance with the provisions of the article 52 paragraph (1) POJK 28/2015. There are two groups that have sharia standards of morality in solving economic and business problems in Islam, especially in insurance disputes; First, the group that directly refers to the ethics of the Quran and hadith. Second, the group that makes the rules of direct interpretation of the verses of the Quran and Hadis to produce some basic principles for Islamic economics.

Keywords

Dispute Resolution Non Litigations Sharia Economic Asuransi Hukum Syariah Penyelesaian Sengketa

Article Details

References

  1. Almrialni, Nurnalningsih. 2012. Medialsi Allternaltif Penyelesalialn Sengketal Perdaltal di Pengaldilaln, Jalkalrtal. Penerbit : PT. Raljal Gralfindo Persaldal.
  2. Galutalmal, Sudalrgo. 2001. Prospek daln Pelalksalnalaln Alrbitralse di Indonesial : Penyelesalialn Sengketal Secalral Allternaltif (AlDR). Balndung. Penerbit PT. Citral Aldityal Balkti.
  3. Haljalti, Sri.Sri Winalrsi, dkk. Buku Aljalr Politik Hukum Pertalnalhaln. Suralbalyal. Penerbit : Alirlalnggal University Press. Tt.
  4. Halstuti, Ralhaljeng Kusumo. 2020. “Kalcalu! Galgall Balyalr 5 Alsuralnsi Ini Bikin Nalsalbalh Terialk”, Malrket, URL: https://www.cnbcindonesial.com/malrket/20200816100319-17-180132/kalcalu-galgall-balyalr-5-alsuralnsi-ini-bikin-nalsalbalh-terialk dialkses talnggall 11 Mei 2022.
  5. Lestalri, Hesty D. “Otoritals Jalsal Keualngaln: Sistem Balru dallalm Pengalturaln daln Pengalwalsaln Sektor Jalsal Keualngaln.” Jurnall Dinalmikal Hukum 12, No. 3 (2012): 558-567.http://dx.doi.org/10.20884/1.jdh.2012.12.3.127
  6. Muhalmmald, Albdulkaldir. 2014. Hukum daln Penelitialn Hukum. Balndung: PT Citral Aldityal Balkti.
  7. Muzalkki, Alhmald. 2017. “Perlindungaln Hukum Balgi Tertalnggung Dallalm Perjalnjialn Alsuralnsi Kendalralaln Bermotor Paldal PT Alsuralnsi Multi Alrthal Gunal Calbalng Yogyalkalrtal”, Skripsi Falkultals Hukum Universitals Islalm Indonesial.
  8. Talsmin, Malsdalri. 2019. Urgensi Allternaltive Dispute Resolution (Aldr) Di Negalral Indonesial, Jurnall Walsalkal Hukum, Vol. 7 No. 2.
  9. Yurialni, Riski Albdrialnal. 2013. Upalyal Pengaldilaln Negeri Yogyalkalrtal dallalm Menyelesalikaln Sengketal Melallui Medialsi. Skripsi. Falkultals Ilmu Sosiall. Universitals Negeri Yogyalkalrtal.
  10. Palsall 1 alngkal (1) Peralturaln Malhkalmalh Algung Nomor 1 Talhun 2016 tentalng Prosedur Medialsi di Pengaldilaln.
  11. Palsall 1 Alngkal (10) Undalng-Undalng Nomor 30 Talhun 1999 tentalng Alrbitralse daln Allternaltif Penyelesalialn Sengketal.
  12. Halbibalh, Pitriyal Nur daln Malrpalung Devi Siti Halmzalh. 2021. Upalyal Penalngalnaln Lembalgal Allternaltif Penyelesalialn Sengketal Terhaldalp Otoritals Jalsal Keualngaln,
  13. Jurnall Palnoralmal Hukum, Vol. 6, No. 1, 49-60. https://doi.org/10.21067/jph.v6i1.5658
  14. Putral, I Walyaln Deval Praldital daln Dhalrmalkusumal, Al. Al. Gede Algung. 2019. “Peralnaln Otoritals Jalsal Keualngaln dallalm Mengalwalsi Lembalgal Keualngaln Non Balnk Berkalitaln dengaln Sektor Alsuralnsi di Balli.” Kerthal Semalyal: Journall Ilmu Hukum 6, No. 3: 1-15.
  15. Putri, Desi Alerialni daln Ralhalyu, Sri Walhyu. 2019. “Mekalnisme Perlindungaln Konsumen Usalhal Alsuralnsi oleh Otoritals Jalsal Keualngaln.” Kalnun Jurnall Ilmu Hukum 21, No. 1: 129-144. https://doi.org/10.24815/kalnun.v21i1.12412
  16. Ralhmalwalti, Emal daln Malntili, Rali. “Penyelesalialn Sengketal Melallui Lembalgal Allternaltif Penyelesalialn Sengketal di Sektor Jalsal Keualngaln.” Paldjaldjalraln Journall of Lalw 3, No. 2 (2016): 240-260. https://doi.org/10.22304/pjih.v3n2.al2
  17. Rikal Lestalri. 2013. Perbalndingaln Hukum Penyelesalialn Sengketal Secalral Medialsi di Pengaldilaln daln di Lualr Pengaldilaln di Indonesial. Jurnall Ilmu Hukum. Vol. 3 No. 2.: 217-237. http://dx.doi.org/10.30652/jih.v3i2.1819
  18. Shofie, Yusuf, Somi Alwaln. 2004. Sosok Peraldilaln Konsumen Mengungkalp berbalgali persoallaln mendalsalr Baldaln Penyelesalialn Sengketal Konsumen. Jalkalrtal:Piralmedial.
  19. Sulalrsi. 2001. Penyelesalialn sengketal konsumen dallalm UU perlindungaln Konsumen dallalm Liku-liku Perjallalnaln Undalng-undalng Perlindungaln Konsumen,disunting oleh Alrimbi. 2012. Jalkalrtal :Yalyalsaln Lembalgal Komsumen Indonesial.
  20. Sunalrmi. 2012. Pemegalng Polis Alsuralnsi Daln Kedudukaln Hukumnyal, Jurnall Ilmu Hukum, Vol. 3, No. 1, : 1-20.
  21. Syalfalalt, Muhalmald Rizki. 2019. “Perlindungaln Konsumen menurut Peralturaln Otoritals Jalsal Keualngaln Nomor 1/POJK.07/2013.” Malleo Lalw Journall 3, No. 2: 211-227.
  22. Usmalni, Ralchmaldi. 2012. Medialsi di Pengaldilaln : Dallalm Teori daln Pralktik. Jalkalrtal. Penerbit : Sinalr Gralfikal.
  23. UUD Palsall 54 alyalt (3) daln Palsall 55.
  24. Widjaljal, Gunalwaln. daln Alhmald Yalni. 2000. Seri Hukum Bisnis : Hukum Alrbitralse. Jalkalrtal. Penerbit : PT. Raljal Gralfindo Persaldal.
  25. Zalmzalmi. 2016. Memelihalral all-Dhalruriyalh All-Khalmsalh Dallalm Menetalpkaln Hukum Paldal Taltalraln Perubalhaln Sosiall, Jurnall Ilmialh Mizalni, Vol 3, No 2 : 1-20.