Main Article Content

Abstract

Peran guru merupakan orang yang berprofesi sebagai pengajar dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan ilmu pengetahuan, mengembangkan kemampuan dan membimbing peserta didik menuju kedewasaan serta membentuk moral yang baik. Peran guru juga memiliki sebuah peran penting dalam pembelajaran kepada peserta didik di lembaga TPA. TPA merupakan salah satu kegiatan  pendidikan non formal yang berada ditengah-tengah masyarakat seperti mengaji. Sebagai langkah awal mengaji Iqro peserta didik harus mengenal huruf-huruf hijaiyyah. Peserta didik mengaji menggunakan buku Iqro karena Iqro dalam prakteknya tidak menggunakan alat yang maca-macam, Iqro lebih menekankan pada bacaan langsung yang tanpa dieja kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatnya kemampuan membaca Iqro dalam mengaji di TPA Mina Sawangan Depok. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif study kasus, dilakukan di TPA Mina Sawangan Depok sejak April sampai Juni  2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro dilakukan dalam proses pelaksanaan dengan penerapan metode dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro, guru melaksanakan pembelajaran Iqro sambil bernyanyi dan mengadakan evaluasi membaca Iqro.


The role of the teacher is a person who works as a teacher and has the responsibility to provide knowledge, develop abilities and guide students towards maturity and form good morals. The role of the teacher also has an important role in learning to students in TPA institutions. TPA is one of the non-formal education activities that are in the midst of society such as reciting the Al-Quran. As a first step in reciting Iqro, students must know the hijaiyyah letters. Students recite the Al-Quran using the Iqro book because Iqro in practice does not use various tools, Iqro emphasizes direct reading without being re-spelled. This study aims to determine the increase in Iqro's reading ability in the Al-Quran at TPA Mina Sawangan Depok. The method used is a qualitative case study approach, carried out at the Mina Sawangan TPA Depok from April to June 2022. The results show that the role of the Al-Quran teacher in improving Iqro reading skills is carried out in the implementation process by applying methods to improve Iqro reading skills, the teacher carries out Iqro learning while singing and conducting an Iqro reading evaluation.

Keywords

Ability Iqro Teacher Role Kemampuan Peran Guru

Article Details

References

  1. Fahrurrosi, M. (2022). EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE IQRO’DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA BUSTANUDDIN DESA GALIS KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(1), 61–74.
  2. Halim, A., Zamroni, A., Ahdi, W., & Shobirin, M. S. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Roudlotul Tholabah Dusun Jemparing Desa Pakel. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50–54.
  3. Komariyah, K., Sagala, R., Anggraini, H., & Rahimah, R. (2021). Iqra Sebagai Salah Satu Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyah. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 281–290.
  4. Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
  5. Masrikah, A., & Rusdiana, F. K. (2021). Implementasi Metode Iqra’Dalam Pengajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Awaliyyah “Al-Ikhlas” Bendosukun Desa Slaharwotan Lamongan. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87–94.
  6. Nafiah, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Anak Usia Dini Di Ra Perwanida Dusun Pucangombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. IAIN Ponorogo.
  7. Nurisman, H., Suyana, N., Fahrudin, A., & Widiyarto, S. (2022). PENGUATAN LITERASI BACA QURâ€TM AN: PENANAMAN KARAKTER PADA ANAK-ANAK PEDAGANG PASAR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 214–219.
  8. Ramadhaniar, R., Rafida, T., & Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membaca Iqro’Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 717–725.
  9. Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96.
  10. Sholeh, F. (2022). Analisis Kebijakan Publik Terhadap Formalisasi Pondok Pesantren di Indonesia. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 7(2), 199–212.
  11. Sunarya, R. R., & Shafwah, A. N. (2021). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Keagamaan Diniyah Anak. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(55), 58–69.
  12. Tetuko, R. A. H. (2015). PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA ALQUR’AN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI I GLAGAH WERO KECAMATAN KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. IAIN JEMBER.
  13. Zuriani, Y. (2016). Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRO’IPUH. Annizom, 1(3).