Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena SDN Telukan 01 menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk dalam melaksanakan kurikulum 2013. Maka peneliti menarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta penilaian standar proses kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan di SDN Telukan 1 Grogol. Penelitian ini berfokus pada, (1) Untuk mengetahui bagaimana guru PAI dalam membuat perencanaan dalam pembelajaran PAI di SDN Telukan 01, (2) Untuk mengetahui bagaimana guru PAI melaksanaan pembelajaran PAI di SDN Telukan 01, (3) Untuk mengetahui bagaimana guru PAI melakukan penilaian terhadap hasil dari proses pembelajaran PAI di SD Telukan 01. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dengan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. untuk mengetahui keasahan data dalam penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di SDN Teluka 01. Dalam proses pembelajaran PAI yang dilakukan oleh guru yaitu dalam perencanaan pembelajaran PAI, pelaksanaan pembelajaran PAI, serta penilaian dari hasil selama pembelajaran PAI, dapat dikatakan sudah sesuai dengan kaidah standar proses dalam kurikulum 2013.
This research was conducted because SDN Telukan 01 was one of the designated schools in implementing the 2013 curriculum. So it was interesting for researchers to conduct research on how to plan, implement and evaluate the 2013 curriculum process standards in learning Islamic religious education conducted at SDN Telukan 1 Grogol. This study focuses on, (1) To find out how PAI teachers make plans in PAI learning at SDN Telukan 01, (2) To find out how PAI teachers carry out PAI learning at SDN Telukan 01, (3) To find out how PAI teachers carry out assessments on the results of the PAI learning process at SD Telukan 01. This study used a descriptive qualitative research method. Data collection was carried out by interviews, observation and documentation. The analysis used in this study is an interactive analysis with the steps: data reduction, data presentation, and data verification. to determine the validity of the data in this study. Based on the results of the research, it can be concluded that at SDN Teluka 01. In the PAI learning process carried out by the teacher, namely in planning PAI learning, implementing PAI learning, as well as evaluating the results during PAI learning, it can be said that it is in accordance with the rules process standards in the 2013 curriculum.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Afrizal. 2015. Merode Penelitian: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Edisi 1, Cet 2. Jakarta: Rajawali Pers.
- Ahmadi, Abu dan Noor Salimi. Dasar - Dasar Pendidikan Agama Islam. Cet ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.
- Arief, Armai. 2002. PengantarIlmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet ke-6. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Bungin, Burhan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
- Creswell, John W. 2016. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Dakir. 2004. Perencanaan & Pngembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta
- Daulay, Haidar Putra. 2014. Pendidikan Islam dalamPerspektifFilsafat. Jakarta: Kencana
- Djamarah. Syiful Bahri. 2008. Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet ke-2.
- Hamdani, Hamid. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
- Hisan M, Endin M, Tatang H. 2023. Analisis Konsep Tazkiyatun Nafs Ahmad Anas Karzon Untuk Peserta Didik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. (Vol 6, No 1), Januari.
- Kasiram. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN -Malang Press
- Keputusan Menteri Agama RI Nomor 211 tahun 2011, Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.
- Khoirun Nisa. 2018. Inovatif. Analisis Kritik Tentang Kebijakan Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Vol. 4, No 1, Februari
- Lampiran Permendibud NO. 22 Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
- Meolong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
- Mulyana Mudis Taruna. 2014. At- Taqaddum. Kesiapan Madrasah Dalam Pelaksanaan Kurikukulm 2013. Vol 6, No 2. November.
- Mulyasa. 2017. Pengembangan dan Implementasi Kuriukulm 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Mulyasa. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
- Munthe, Bernawi. 2009. Desain Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
- Nisa. Khoirun. 2018. Volume 4, No 1. Analisis Kritik Tentang Kebijakan Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
- Permendiknas Nomor. 41 Tahun 2007, Standar Proses Pendidikan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Bab II pasal 4.
- Rohani. Ahmad. 2014. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta,
- Rohmadi, Syamsul Huda. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Araska
- Rusdiana. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
- Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
- Shafa. 2014. Dinamika Ilmu. Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Vol. 14, No 1, Juni
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
- Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
- Sukardi. 2014. Study Islam Panca Wahana. Kurikulum 2013 Sebagai Pendukung Penyiapan Geneasi Emas. Vol 12, tahun 10.
- Supiatin. Opi. 2010. Menejemen Belajar Berbasis Kepuasan Peserta didik. Cilegon: Ghalia Indonesia,
- Syahril. Nur Korompot. 2016. ISTIQRA. Deskripsi Penerapan Standar Proses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Kota Palu. Jurnal Penelitian Ilmiah. Vol. 4, No 2, Desember. LP2M IAIN Palu