Main Article Content

Abstract

Pembentukan kepribadian Muslim merupakan upaya mensinergikan antara pola pikir dan pola sikap seorang yang dilandasi oleh akidah dan nilai-nilai Islam. Membentuk kepribadian Muslim pada peserta didik tentu tidak mudah. Dalam pembentukan kepribadian Muslim masih terdapat permasalahan-permasalahan yang dihadapi sekolah seperti, minimnya program sekolah yang spesifik mengatur pembentukan kepribadian Muslim dan minimnya kemampuan guru dalam menerapkan metode pembentukan kepribadian Muslim secara intens. Maka dari itu, diperlukan adanya upaya yang optimal dari sekolah, salah satu diataranya yaitu melalui program pengembangan kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembentukan kepribadian Muslim dalam program pengembangan kurikulum di SMPIA (SMP Islam Al Azhar) 21 Solo Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIA (SMP Islam Al Azhar) 21 Solo Baru pada bulan Oktober-Desember 2022. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah semua guru, koordinator keagamaan dan koordinator SMPIA 21 Solo Baru, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, wali kelas, peserta didik dan orang tua peserta didik SMPIA (SMP Islam Al Azhar) 21 Solo Baru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam Implementasi Pembentukan Kepribadian Muslim dalam Program Pengembangan Kurikulum di SMPIA  (SMP Islam Al Azhar) 21 Solo Baru menjadi 4 program, yaitu: (1) Pengembangan Kepribadian Muslim yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang unggul yang memiliki akidah yang lurus, ibadah yang benar dan akhlak yang mulia. (2) Penguasaan Bahasa Asing yang memiliki tujuan untuk membentuk pribadi unggul di bidang penguasaan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. (3) Penguasaan Iptek yang memiliki tujuan untuk membentuk pribadi yang unggul di bidang penguasaan iptek melalui pembelajaran berbasis IT. (4) Pengembangan Keterampilan, Kemandirian dan Kepribadian yang memiliki tujuan untuk membentuk pribadi unggul yang memiliki kecakapan global, kecakapan hidup dan nilai luhur.


The formation of a Muslim personality is an effort to synergize the mindset and attitude patterns of a person based on Islamic beliefs and values. Forming a Muslim personality in students is certainly not easy. In the formation of Muslim personality, there are still problems faced by schools such as the lack of specific school programs governing the formation of Muslim personality and the lack of teacher ability to apply methods of forming Muslim personality intensely. Therefore, it is necessary to have optimal efforts from schools, one of which is through a curriculum development program. The purpose of this study was to determine the implementation of Muslim personality formation in the curriculum development program at SMPIA (Al Azhar Islamic Middle School) 21 Solo Baru. This research is descriptive qualitative research. This research was conducted at SMPIA (Al Azhar Islamic Middle School) 21 Solo Baru in October-December 2022. The research subjects in this study were all teachers, religious coordinators, and SMPIA 21 Solo Baru coordinators, while the informants were school principals, homeroom teachers, students, and parents of SMPIA students (Al Azhar Islamic Middle School) 21 Solo Baru. Data collection techniques were carried out by means of interviews, observation, and documentation. The data validation technique uses method triangulation and source triangulation techniques. Data analysis uses an interactive analysis model, namely the steps of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. After conducting research, it can be concluded that the Implementation of the Formation of Muslim Personality in the Curriculum Development Program at SMPIA (SMP Islam Al Azhar) 21 Solo Baru is divided into 4 programs, namely: (1) Muslim Personality Development which aims to form superior individuals who have good faith straight, true worship and noble character. (2) Mastery of Foreign Languages ​​which has the aim of forming superior personalities in the field of mastering foreign languages, especially English. (3) Mastery of science and technology which aims to form superior individuals in the field of mastery of science and technology through IT-based learning. (4) Development of Skills, Independence, and Personality which aims to form superior individuals who have global skills, life skills, and noble values

Keywords

curriculum development program formation of muslim personality pembentukan kepribadian muslim program pengembangan kurikulum

Article Details

References

  1. Abdul Aziz Ahyadi. 2001. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  2. Abin Syamsuddin Makmum. 2003. Karakteristik Perilaku dan Kepribadian pada Masa Remaja. http://id.wordpress.com . Diakses pada tanggal 12 Juli 2021.
  3. Arif Rahman Prasetyo dan Tasman Hamami. 2020. Prinsip-Prinsip dalam Pengembangan Kurikulum, Volume 8, Nomor 1, Mei.
  4. Atik Catur Budiati. 2009. Sosiologi Kontekstual untuk SMA & MA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  5. Candra Mantovani, 10 Desember 2021 11:42:35 WIB, https://www.solopos.com/41-pelajar-di-sukoharjo-positif-hiv-aids-rata-rata-karena-seks-bebas-1213714, detikHealth.com 6/6/2012
  6. Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembagan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Daviq Chairilsyah. 2012. Pembentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini. volume 1, Nomor 1, Juli.
  8. Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur'an Dan Tafsirnya – Mukadimah. Jakarta: Lentera Abadi
  9. Gunsu Nurmansyah, Nunung Rodliyah, Recca Ayu Hapsari. 2019. Pengantar Antropologi: Sebuah Ikhtisar Mengenal Antropologi. Bandar Lampung: Aura Publisher.
  10. Hasan Said H. 2004. Kurikulum dan Tujuan Pendidikan. Bandung: Depdikbud
  11. Jalaluddin. 2001. Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  12. Kartini Kartono dan Dali Gulo Sjarkawim. 2011. Kamus Psikologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  13. Kartini Kartono dan Dali Gulo Sjarkawim. 2006. http//www.pengertian kepribadian.com. Diakses 20 Juli 2021.
  14. Koentjaraningrat. 2000. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  15. Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an. 2013. Al Qur’an Terjemah Perkata. Bandung: Nur Alam Semesta.
  16. Mahmud Muhsinin. 2017. Kajian Semantik Al-Qur‟an: Melacak Kata Muslim dalam Al-Qur’an. Volume 3, Nomor 2, November.
  17. M. Ngalim Purwanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  18. Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Upaya Mengefektikan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Rosda Karya.
  19. Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  20. Nella Putri Giriani, M. Rusydi Ahmad dan Alfian Rokhmansyah. 2017. Kepribadian Tokoh Utama dalam Naskah Monolog Balada Sumarah Karya Tentrem Lestari: Kajian Psikologi Sastra. Volume 1, Nomor 1, Januari.
  21. Notoatmodjo Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  22. Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  23. Ruhban Masykur. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: Aura Publisher.
  24. Rusdiana Navlia Khulaisie. 2016. Hakikat Kepribadian Muslim, Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil. Sumenep: Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan
  25. Saifullah. 2018. Konsepsi Pembinaan Kepribadian Sehat Pada Anak dalam Keluarga. Volume 7, Nomor 2, Juli-Desember.
  26. Saifurrahman. 2016. Pembentukan Kepribadian Muslim dengan Tarbiyah Islamiyah, volume 10, Nomor 1, Juni.
  27. Siti Muri’ah dan Khusnul Wardan. 2020. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Malang: Literasi Nusantara.
  28. Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  29. Sulheri Garizing. 2017. Degradasi Moral di Kalangan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pinrang, Volume 4, Nomor 1, Maret
  30. Sumadi Suryabrata. 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  31. Suparlan. 2011. Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.