Main Article Content

Abstract

Perbedaan latar belakang pendidikan santri dan tercampurnya bahasa wajib pondok dan Bahasa ibu dalam percakapan sehari-hari sebelum memasuki Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah menyebabkan penguasaan dan pemahaman dalam berbahasa Arab dalam maharatu-l-kalam menjadi tidak sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kualitas bahan ajar materi ‘Adad dan Ma’dud bagi santri Kelas Dua di MTs Darul Falah Ponorogo dalam maharatu-l-kalam. Peneliti menggunakan Metode Kuantitatif dan kualitatif dan juga penelitian dan pengembangan (R&D). Desain penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Borg dan Gall yang meliputi; Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan draf produk, Uji coba lapangan awal, Merevisi hasil uji coba, Uji coba lapangan, Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, Uji pelaksanaan lapangan, Penyempurnaan produk akhir serta Diseminasi dan implementasi. Adapun data-data hasil penelitian pengembangan menggunakan metode dokumenter. Sementara medote analisis data adalah menggunakan prosentasi hasil penelitian. Hasil penelitiannya merancang bahan ajar yang berisi tentang  Kesalahan berbahasa santri kelas dua MTs Darul Falah Ponorogo terklasifikasi dalam kesalahan mudzakkar dan muannats, tamyiz, al-I’rab, al-ism al-manshub, dan al-ism almajrur kemudian mengukur hasil penerapan bahan ajar yang dirancang dan dampaknya terhadap peningkatan santri dalam maharatu-l-kalam. Diharapakan bagi guru dan santri untuk menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan ini agar para santri mampu memahami kaidah-kaidah Adad dan Ma’dud dalam bahasa Arab, serta menerapkanya untuk meningkatkan maharatu-l-kalam santri.


The difference in the educational background of the santri and the mixing of the compulsory language of the pesantren and the mother tongue in daily conversation before entering the Darul Falah Islamic boarding school causes the mastery and understanding of the Arabic language in maharatu-l-kalam to be unequal. The purpose of this study was to produce and describe the quality of teaching materials for the material 'Adad and Ma'dud for Grade Two students at MTs Darul Falah Ponorogo in maharatu-l-kalam. Researchers use Quantitative and qualitative methods as well as research and development (R&D). The development research design used in this research is the Borg and Gall design which includes; Research and data collection, Planning, Development of product drafts, Initial field trials, Revising trial results, Field trials, Improvement of field test results, Field implementation tests, Final product improvement and Dissemination and implementation. As for the data from development research using the documentary method. While the data analysis method is to use the percentage of research results. The results of his research are designing teaching materials that contain language errors for second-grade students at College of male and female teachers on Islam (KMI). Darul Falah Islamic Boarding School Ponorogo classified into mudzakkar and muannats errors, tamyiz, al-I'rab, al-ism al-manshub, and al-ism almajrur then measure the results of the application designed teaching materials and their impact on improving students in maharatu-l-kalam. It is hoped that teachers and students will use the teaching materials that have been developed so that students are able to understand the rules of 'Adad and Ma'dud in Arabic, and apply them to improve the students' maharatu-l-kalam.

Keywords

Analisis Kesalahan Bahan Ajar Maharatu-l-kalam error analysis speaking skills teaching materials

Article Details

References

  1. Al-Qur’an
  2. Syairi, A.I. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab”. Jurnal: Dinamika Ilmu vol. 13, No.1.
  3. Haniah, H. 2018. “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab pada Skripsi Mahasantri Jurusan Bahasa dan Sastra Arab”. Jurnal Arabi, 3(1).
  4. Eriyanti, R.W. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Maharatu-l-kalam Interaktif bagi Mahasantri”. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Kembara), Vol. 3, Nomor 1.
  5. Dzakiruddin, 2022. “Kesalahan Berbahasa: Sebuah Analisis dan Implementasi dalam Penelitian Bahasa Arab”. El-Ibtikar Vol. 11 No. 1. 11-12.
  6. Thohir, M. & Imannisya, J. 2020. “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Percakapan Sehari Hari di Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan”. El-Ibtikar,Vol. 9, No 2.
  7. Nurkholis, 2019. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Arab. Al-FathiN, Vol. 1.
  8. Khumairotuzzahra & Mulyadi, 2022. Tahlil al-Akhta’ al-Lughawiyah al-Muhadatsah al-Yaumiyah bi ma’hadi tahfid al-Qur’an Darul ‘Ulum Ledo. Jurnal Al-Lughah, Volume 11. Edisi 1.
  9. Putri, et al., 2016. Peningkatan Maharatu-l-kalam dengan Menggunakan Metode Talking Stick pada Santri Kelas VIII 6 Smp Negeri 4 Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol. 6, No. 2.
  10. Zaid, A.H. 2012. Tathwir al-Mawad al-Ta’limiyah fi al-Ta’bir Al-Tahriri fi dhau’i Nadhariyati Tahlil al-Akhta’ al-Lughawiyah wa atsaruhu fii Tahshil al-Tholabah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  11. Zarkasyi, I. Durusu-l-lughah al-‘Arabiyyah. Darusslam. Ponorogo.
  12. Tim Penyusun. 2015. Warta Tahunan (Informasi Tahunan MTs Darul Falah Sukorejo). Ponorogo,Ponorogo Press.
  13. Al-Gali, A., & Abdullah, A. H. 2012. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. Padang: Akademia Permata.
  14. Arifin, E. Z. 1991. Seribu satu kesalahan berbahasa: bahan penyuluhan bahasa Indonesia. Akademika Pressindo.
  15. Daryanto, et al., Pengembangan Perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
  16. Munawwir, A. W. 2002. Al Munawwir: Kamus Arab-Indonesia, tashih Ali Ma’ shum dan Zainal Abidin Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif.
  17. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran Yang menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta, Diva Press.
  18. Sugiono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sitepu, B.P. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.