Main Article Content

Abstract

Ayat-ayat Al-Qur'an adalah sumber utama dakwah Rasulullah. Di antara metode dakwah yang ditawarkan Al-Qur'an adalah al-hikmah, Mau’izah, al-jidal, dan al-qudwah. Metode ini digunakan untuk menghadapi statifikasi keilmuan dalam masyarakat luas, yang pada dasarnya memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman yang berbeda. Diantara metode-metode dakwah yang tersaji dalam Al-Quran, metode Mau’izah adalah metode dakwah yang berbeda dengan metode yang lain. Dikatakan oleh Quraisy Shihab, bahwa Mau’izah adalah untaian yang tulus yang membawa kebaikan. Untuk memahami konsep Mau’izah dalam Al-Quran tentu tidak cukup dengan hanya membaca terjemah, perlu adanya pengkajian mendalam agar mendapatkan makna yang setidaknya tidak terlalu jauh dari makna yang diinginkan oleh Al-Quran. Dengan teori Roland Barthes, konsep Mau’izah akan dikaji dengan pendekatan semiotic, dengan dua tahapan pencarian makna yaitu tahapan linguistic dan mitologi. Agar pembahasan tidak melebar dan tidak terlalu membahas ruang lingkup yang luas, maka penelitian ini dibatasi dengan Konsep Makna Mau’izah dalamsAl-Quran: ImplementasisTeori SemiotikasRoland BarthessTerhadap Qs. An-Nahl ayat 125. Hasil penelitian berupa ditemukannya konsep Mau’izah dengan dua makna yaitu denotasi dan konotasi


The versessof the Qur'an are the main source of the Prophet's da'wah. Among the methods of da'wah offered by the Qur'an are al-hikmah, Mau'izah, al-jidal, and al-qudwah. This method is used to deal with scientific statification in the wider community, which basically has different levels of knowledge and understanding. Among the methods of da'wah presented in the Qur'an, the Mau'izah method is a method of da'wah that is different from other methods. It is said by Quraysh Shihab, that Mau'izah is a sincere strand that brings goodness. To understand the concept of Mau'izah in the Quran is certainly not enough to just read the translation, there needs to be an in-depth study in order to get a meaning that is at least not too far from the meaning desired by the Quran. With Roland Barthes' theory, the concept of Mau'izah will be studied with a semiotic approach, with two stages of searching for meaning, namely the linguistic and mythological stages. So that the discussion does not widen and does not discuss too much broad scope, this research is limited to the Concept of the Meaning of Mau'izah in the Quran: Implementation of Roland Barthes' Semiotic Theory to Qs. An-Nahl verse 125. The results of the study were in the form of the discovery of the concept of Mau'izah with two meanings, namely denotation and connotation

Keywords

Mau’izoh Roland Barthes Semiotik

Article Details

References

  1. Abu Zayd, N. (2000). Mafhûm an-NashdDirâsah fî Ulûm al-Qur’ân. Markaz al-Thaqafi al-Arabi.
  2. Al- Sawi, A. B. M. (n.d.). Hasyiyah Showi Ala Jalalain. Daar Jeil.
  3. Apollo, CIFM, CIABV, & CIBG. (2022). Filsafat Auditing (Agustus). Nas Media Pustaka.
  4. Dedeh Mahmudah. (2012). Evektifitas Metode Dakwah Mauidzoh Hasanah Dalam Pembinaan Akhlak Santri At-Taqwa Putra Bekasi. 4, 118.
  5. Fatah, A. (2019). Analisis Semiotika Rolland Barthes Tentang Ashabul Fiil. Al-Tadabbur: Jurnal Kajian Sosial, PeradabandDan Agama, 5(2), 133–148.
  6. Hidayat, K. (2011). Memahami bahasa agama : Sebuah Kajian Hermeneutik (A. Baiquni (ed.)). Mizan.
  7. Hoed. Benny H. (2014). BennydH. Hoed 2014 - Semiotik & Dinamika Sosial Budaya (pp. 95–120).
  8. Ma’luf, L., & Firdinan Tawtal. (2019). Al-Munjid fi Al-lughah wal adab wa Al-Ulum. Dar Al Muchreq.
  9. Muhammad Hizbullah. (2014). Konsep Mauizah Hasanah Dalam al-Quran (Analisa Tafsir dengan Metode Tematik). Tesis, i–98.
  10. Muhammad Ibn Ya’qub al-Fayruzabadi. (2009). Mu’jam Al-Qamus Al-Muhit. Dar Al-ma’rifah.
  11. Muhyidin Addarusi. (1980). I’robul Quran. Dar Ibnu Katseer.
  12. Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al Munawwir. pustaka progressif.
  13. Ni Wayan Sartini. (1995). Tinjauan Teoritik tentang Semiotik Ni. Menopause, 2(3), 145–158.
  14. Noor, A. (2021). Konsep Makna Uff Dalam Al-Quran. Journal Al Irfani: Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir, 2(01), 26–39. https://doi.org/10.51700/irfani.v2i01.217
  15. Parinduri, M. A. (2019). Perjanjian Hudaibiyah Sebagai Pilar Pemersatu Masyarakat. 1–5.
  16. Prayoga, U., & Liddini, L. (2022). MAKNA KATA ULAMA DALAM QS. FATIR AYAT 28 (Implementasi Semiotika Roland Barthes). MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(1), 139–152. https://doi.org/10.24090/maghza.v7i1.6282
  17. Rahma, A. Q. (2020). Studi Penafsiran Lafazh Mau’Izhah Dalam Tafsir Al-Marâghî. … : Jurnal Studi Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 15–26.
  18. Shihab, M. Q. (n.d.). Ensiklopedia Al-Quran.
  19. Verhaar, J. W. M. (2016). Asas-asas linguistik umum (Cetakan Ke). Gadjah Mada University Press.
  20. Ibnu Katsir (2017). Tafsir Al-Qur’an Al- ‘Adzim. Dar Al-‘Ashimah
  21. Abul Husain ibnu Mas’ud Al-Baghawi (1985), Ma’alim Al-Tanzil fi tafsir Al-Baghawi
  22. Al-Jurjaany (2004), Mu’jamu Al- Ta’rifat, Dar Al-‘Ashimah
  23. Al- Qurthubi (2006), Al-Jami’ Li Ahkaam Al-Qur’an. Al-Risalah
  24. Muhammad Ali Al-Shobuniiy (2016), Shafwah Al-Tafaasir, Daar Al-‘Alamiyah
  25. Muhammad Fuad Abdul Baqi (t,t), Al-Mu’jam al-mufahras li Al-Faazdil Qur’an, Daar Alkutub