Main Article Content

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta selama tahun akademik 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tinjauan literatur, observasi lapangan, dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru pendidikan Islam. Hasil penelitian ini akan danalisis dan kesimpulan akan diambil berdasarkan data yang dikumpulkan. Studi ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar adalah metode yang efektif untuk mengatasi kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an. Adapun faktorfaktor yang menjadi faktor pendukung selama proses pembelajaran yakni tersedianya buku Al-Qur’an Hadits sebagai acuan siswa untuk belajar, ada juga tafsir, Qur’an biasa maupun digital yang bisa membantu siswa lebih giat lagi belajar, sedangkan hal-hal yang menjadi faktor penghambat yakni kemampuan siswa yang berbeda dan memang sangat kurang tetapi hanya 5%.


This study aims to investigate the effectiveness of tutoring in overcoming difficulties in reading and writing the Qur'an at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta during the 2022/2023 academic year. The research method used in this research is a qualitative case study. Data collection techniques used in this study included literature reviews, field observations, and interviews with Islamic education principals and teachers. The results of this study will be analyzed and conclusions will be drawn based on the data collected. This study found that tutoring is an effective method for overcoming difficulties in reading and writing the Qur'an. This study also highlights the importance of student-centered learning in shaping character, civilization, and improving the quality of life of students. This study concludes that tutoring is needed to empower all potential students to master the expected competencies.

Keywords

baca tulis Al-Qur’an bimbingan belajar Efektifitas Effectiveness reading and writing Al-Qur'an tutoring

Article Details

References

  1. Abdurahman Fathoni. (2011) Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta Rineka Cipta
  2. Abuddin Nata. (2016) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, cetke-3
  3. Ahmad Fathoni. (2013) Ilmu Rasm Usmani. Jakarta: IIQ dan PTIQ
  4. Dadan Suryana. (2016) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
  5. Departemen Agama RI. (2006) sistem Pembelajaran. Bandung : Aditama
  6. Fadhilah Suralaga. (2005). Pisikologi Pendidikan dalam Perpektif Islam. Jakarta. UIN Press
  7. Fahmi Basya. (2008) Al-Quran 4 Dimensi. Jakarta. Republika
  8. Hari Sucahyowati. (2017) Manajemen Sebuah Pengantar. Malang: Wilis
  9. Irawan Soeharto. (2004). Metode Penelitian Soaial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya
  10. M. Ishaq Samad, dkk. (2005). Pemberdayaan Guru Mengaji dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Quran di Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan: Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah
  11. Moh. Ali Aziz. (2012). Mengenal Tuntas Al-Quran, Surabaya: Imtiyaz
  12. Moh. Roqib. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LkiS.
  13. Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Muhammad fathurrohman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern, Yogyakarta: Garudhawaca
  15. Muhibbin Syah. (2014). Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Remaja Rosdakarya, Cet ke-19
  16. Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  17. Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. cet. ke-12
  18. Ratna Dewi Pudiastuti. (2014). Cara dan Tip Produktif Menulis Buku. Jakarta: Kompas Gramedia
  19. Riduawan. (2006). Metode & Teknik Penyusunan Tesis.(Bandung: Alfabeta
  20. Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana
  21. Sondang P. Siagian. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
  22. Sugiono. 2004. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D Bandung : Alfabeta
  23. Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Esensi
  24. Al-Qaththan, El-Mazni. (2013) Pengantar Studi Ilmu AlQur’an, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
  25. Tim Pustaka Phoenix. (2007). Kamus Besar bahasa Indonesia Edisi Baru, Jakarta: Pustaka Poenix
  26. Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rajawli Pers
  27. Wina Sanjaya. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana