Main Article Content
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta selama tahun akademik 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tinjauan literatur, observasi lapangan, dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru pendidikan Islam. Hasil penelitian ini akan danalisis dan kesimpulan akan diambil berdasarkan data yang dikumpulkan. Studi ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar adalah metode yang efektif untuk mengatasi kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an. Adapun faktorfaktor yang menjadi faktor pendukung selama proses pembelajaran yakni tersedianya buku Al-Qur’an Hadits sebagai acuan siswa untuk belajar, ada juga tafsir, Qur’an biasa maupun digital yang bisa membantu siswa lebih giat lagi belajar, sedangkan hal-hal yang menjadi faktor penghambat yakni kemampuan siswa yang berbeda dan memang sangat kurang tetapi hanya 5%.
This study aims to investigate the effectiveness of tutoring in overcoming difficulties in reading and writing the Qur'an at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta during the 2022/2023 academic year. The research method used in this research is a qualitative case study. Data collection techniques used in this study included literature reviews, field observations, and interviews with Islamic education principals and teachers. The results of this study will be analyzed and conclusions will be drawn based on the data collected. This study found that tutoring is an effective method for overcoming difficulties in reading and writing the Qur'an. This study also highlights the importance of student-centered learning in shaping character, civilization, and improving the quality of life of students. This study concludes that tutoring is needed to empower all potential students to master the expected competencies.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Abdurahman Fathoni. (2011) Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta Rineka Cipta
- Abuddin Nata. (2016) Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, cetke-3
- Ahmad Fathoni. (2013) Ilmu Rasm Usmani. Jakarta: IIQ dan PTIQ
- Dadan Suryana. (2016) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
- Departemen Agama RI. (2006) sistem Pembelajaran. Bandung : Aditama
- Fadhilah Suralaga. (2005). Pisikologi Pendidikan dalam Perpektif Islam. Jakarta. UIN Press
- Fahmi Basya. (2008) Al-Quran 4 Dimensi. Jakarta. Republika
- Hari Sucahyowati. (2017) Manajemen Sebuah Pengantar. Malang: Wilis
- Irawan Soeharto. (2004). Metode Penelitian Soaial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya
- M. Ishaq Samad, dkk. (2005). Pemberdayaan Guru Mengaji dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Quran di Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan: Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah
- Moh. Ali Aziz. (2012). Mengenal Tuntas Al-Quran, Surabaya: Imtiyaz
- Moh. Roqib. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LkiS.
- Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Muhammad fathurrohman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern, Yogyakarta: Garudhawaca
- Muhibbin Syah. (2014). Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Remaja Rosdakarya, Cet ke-19
- Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
- Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. cet. ke-12
- Ratna Dewi Pudiastuti. (2014). Cara dan Tip Produktif Menulis Buku. Jakarta: Kompas Gramedia
- Riduawan. (2006). Metode & Teknik Penyusunan Tesis.(Bandung: Alfabeta
- Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana
- Sondang P. Siagian. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
- Sugiono. 2004. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D Bandung : Alfabeta
- Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Esensi
- Al-Qaththan, El-Mazni. (2013) Pengantar Studi Ilmu AlQur’an, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
- Tim Pustaka Phoenix. (2007). Kamus Besar bahasa Indonesia Edisi Baru, Jakarta: Pustaka Poenix
- Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rajawli Pers
- Wina Sanjaya. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana