Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan Teka Teki Silang (TTS); (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi tentang tokoh ilmuan muslim dibidang pengetahuan umum pada masa daulah abbasiyah; (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Islam Al Hadi Mojolaban. Penelitian ini merupakan penelitian one shot study dan dilakukan di SMP Islam Al Hadi Mojolaban pada kelas VIII dengan jumlah sample sebanyak 31 siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk data model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) dan tes untuk mengambil data hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan teka teki silang (TTS) dikategorikan baik dengan persentase 51,61%. (2) hasil penelitian tentang hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Islam Al Hadi Mojolaban dikategorikan baik dengan persentase 67,74%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji hiotesis menggunakan rumus korelasi product moment dengan hasil 0,708 korelasi ini masuk dalam kategori sedang.


This study aims to: (1) to know the learning model of Teams Games Tournament (TGT) with Crossword Puzzle (TTS) game; (2) to know the learning outcomes of students in PAI subject material about Muslim scientist figures in the field of general knowledge during the Abbasid period; (3) to know the effect of Teams Games Tournament (TGT) learning model with Crossword Puzzle (TTS) game on student learning outcomes in PAI subject in class VIII of Al Hadi Mojolaban Islamic Junior High School. This research is a one shot study and was conducted at Al Hadi Mojolaban Islamic Junior High School in class VIII with a sample size of 31 students. The data in this study were taken using questionnaires and tests. Questionnaires were used for data on the Teams Games Tournament (TGT) learning model with crossword games (TTS) and tests to collect data on student learning outcomes. The analysis technique used in testing the hypothesis is the product moment correlation test. The results showed that: (1) the Teams Games Tournament (TGT) learning model with crossword games (TTS) is categorized as good with a percentage of 51.61%. (2) the results of research on student learning outcomes in PAI subjects in class VIII of Al Hadi Mojolaban Islamic Junior High School were categorized as good with a percentage of 67.74%. (3) There is a significant effect of the application of Teams Games Tournament (TGT) learning model with Crossword (TTS) game on learning outcomes in PAI subjects. This can be proven by hypothesis testing using the product moment correlation formula with the result of 0.708 this correlation is in the medium category.

Keywords

Hasil Belajar Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) Learning Outcomes Teams Games Tournament (TGT) Learning Model with Crossword Games

Article Details

References

  1. Fatimah,W., Abustang,P.B., & Supardi,R. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Volume 7. Nomor 1
  2. Hardani et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka IlmuKurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
  3. Neliwati.(2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek. Medan: Widya Puspita.
  4. Niska.B & J.Gregorius,(2013). Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.JPGSD,01(02) 0-216.
  5. Nurdyansyah & Fahyuni,E.F.,(2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai
  6. Subandi & Styoningasih, Eny.,(2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Game Tournament) Dengan Menggunakan Media Soal Teka-Teki Silang Terhadap Penguasaan Bilangan Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas Xii A Di Smk Gajah Mada Mejayan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Hikari. Volume 02 Nomor 02: 35 – 43
  7. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta
  8. Syam. S at al., (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan kita menulis.