Main Article Content

Abstract

Metode penelitian yang dapat digunakan untuk membandingkan konsep pendidikan Ibn Sina (Avicenna) dan Jean Piaget tentang perkembangan kognitif dan pertumbuhan peserta didik dapat mencakup pendekatan perbandingan filosofis dan psikologis. Pendekatan perbandingan filosofis akan mencari kesamaan dan perbedaan dalam pandangan Ibn Sina dan Piaget tentang konsep pendidikan. Penelitian ini akan menganalisis karya-karya keduanya yang relevan dengan pendidikan, mencari titik-titik persamaan dalam pandangan mereka mengenai bagaimana peserta didik mengembangkan pemahaman, berpikir kritis, dan mencapai tahap perkembangan kognitif yang lebih tinggi. Di sisi lain, pendekatan perbandingan psikologis akan memfokuskan pada teori-teori perkembangan kognitif yang diusulkan oleh Ibn Sina dan Piaget. Penelitian ini akan memeriksa kesesuaian teori-teori ini dengan temuan-temuan ilmiah terkini dalam psikologi perkembangan kognitif. Metode penelitian ini mungkin melibatkan analisis konten terhadap tulisan-tulisan dan karya-karya ilmiah keduanya, serta mungkin juga melibatkan studi kasus yang melibatkan peserta didik yang dipengaruhi oleh pandangan mereka. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pandangan Ibn Sina dan Jean Piaget tentang pendidikan, serta bagaimana pandangan mereka memengaruhi perkembangan kognitif dan pertumbuhan peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga dapat membantu dalam merancang pendekatan pendidikan yang lebih efektif dan relevan berdasarkan konsep-konsep dari kedua tokoh tersebut.

Keywords

Pendidikan Perkembangan Kognitif Peserta Didik

Article Details

References

  1. Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2014)
  2. Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010).
  3. Ahmad Syarifin, Percepatan Perkembangan Kognitif Anak: Analisis Terhadap Kemungkinan Dan Persoalannya, Jurnal al-Bahtsu Vol. 2, No. 1, Juni 2017.
  4. Assegaf, Abd. Rachman, Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
  5. Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010)
  6. Fatimah Ibda, Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget, Jurnal INTELEKTUALITA - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015.
  7. Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
  8. Jarvis, M.,Theoretical approaches in psychology. Psychology Press. 2000.
  9. Kusdwiratri setiono, Psikologi Perkembangan, (Bandung: Widya Padjajaran, 2009)
  10. Mohamad surya, Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2015)
  11. Mujamil Qamar, Epistemologi Pendidikan Islam Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik, (Jakarta: Erlangga, 2005).
  12. Nata, Abuddin, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat (Jakarta : Rajawali Press, 2012)
  13. Nata, Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam : Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam (Jakarta : Rajawali Pers, 2013)
  14. Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 2000.
  15. Siti Aisyah Mu’min, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Jurnal Al- Ta’dib Vol. 6 No. 1 Januari-Juni, 2013.
  16. Wilis, R. Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Erlangga. 2011