Main Article Content

Abstract

Laporan ini membahas tentang analisis validitas instrument kuesioner permainan tebak kata dalam pembelajaran mufradat di kelas 3 SMP MBS AR Fachruddin Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu  metode penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan suatu cara yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian yang berkaitan dengan data berupa angka dan program statistik. Hasil penelitian dari analisis validitas kuesioner permainan tebak kata menunjukkan bahwa setiap item pernyataan yang tercantum di dalamnya sudah valid berdasarkan perbandingan r hitung dan r table dengan menggunakan bantuan program SPSS. Maka Kuesioner tersebut dapat mengukur apa yang bisa diukur mengenai permainan tebak kata dalam pembelajaran mufrodat di kelas 3 SMP MBS AR Fachruddin Yogyakarta.


Write This report discusses the validity analysis of the word guessing game questionnaire instrument in mufradat learning in class 3 of SMP MBS AR Fachruddin Yogyakarta. The method used is a quantitative research method. Quantitative methods are a method used to answer research problems related to data in the form of numbers and statistical programs. The research results from the validity analysis of the word guessing game questionnaire show that each statement item listed in it is valid based on a comparison of r count and r table using the help of the SPSS program. So the questionnaire can measure what can be measured regarding word guessing games in mufrodat learning in class 3 of SMP MBS AR Fachruddin Yogyakarta.

Keywords

Analisis Validitas Kuesioner Permainan tebak kata Guessing games Questionnaires Validity Analysis

Article Details

References

  1. Amalia, Nabilla Rizky, and Maryam Isnaini Damayanti. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD ‘KABARA’(KARTU BAHASA ARAB BERGAMBAR) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA,” n.d.
  2. Efendi, Yusuf, and Achmad Widodo. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak Bola Pada Pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso.” Jurnal Kesehatan Olahraga 7, no. 2 (2019): 367–72.
  3. Harti, Marheni Budi, Sumarsih Sumarsih, and Anni Suprapti. “Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelompok B PAUD Lestari Bengkulu Tengah).” Jurnal Ilmiah Potensia 2, no. 2 (2017): 121–25.
  4. Hendryadi, Hendryadi. “Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis 2, no. 2 (2017): 259334.
  5. Imron, Ali, and Dewi Farda Fajriyah. “Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab Di MI.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 1, no. 1 (2021): 41–56.
  6. JASMANI, PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN. “TINGKAT KEPUASAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA,” n.d.
  7. Mufida, Ummi. “تطوير اللعبة" تخمين الكلمة" لتعليم مهارة الكلام لدى طالبات الصف الثاني المتوسط بمعهد المعتوق مركز الزامل سوكابومي جاوى الغربية.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2023.
  8. Mufidah, Zuhrotul, and M Badrus. “Pengaruh Permainan Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Di Surabaya: Pengaruh Permainan Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Di Surabaya.” MUMTAZA Journal of Arabic Teaching, Arabic Linguistic and Literature 1, no. 2 (2022): 43–60.
  9. Payadnya, I Putu Ade Andre, and I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan Spss. Deepublish, 2018.
  10. Tanzeh, Ahmad. “Pengantar Metode Penelitian.” Yogyakarta: teras, 2009.