Main Article Content

Abstract

Guru adalah salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam proses pembelajaran di sekolah. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh seorang guru dalam mempersiapkan strategi pembelajaran terutama dalam pemilihan metode mengajar. Oleh karena itu, metode mengajar menjadi salah satu upaya guru untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran yang telah di susun dalam kegiatan nyata untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan sebaik-baiknya. Metode mengajar yang baik tentunya akan berdampak pada pencapaian atau prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Metode mengajar yang guru gunakan di SMK Statika Bogor, (2) Prestasi belajar siswa di SMK Statika Bogor, (3) Hubungan metode mengajar guru dengan prestasi belajar siswa di SMK Statika Bogor. Jenis penelian ini yaitu penelitian kuantitatif korelasional. Responden pada penelitian ini adalah siswa dan siswi di SMK Statika Bogor yang berjumlah 124 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara metode mengajar guru dan prestasi belajar siswa di SMK Statika Bogor. Hal ini dapat dilihat pada perolehan nilai rhitung= 0,980 > rtabel= 0,174 dengan taraf signifikansi 5% atau  = 0,05. Nilai koefisien korelasi ini jika diinterpretasikan diklasifikasikan ke dalam kategori “sangat tinggi” tingkatannya. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung= 54,39 > ttabel= 1,979 sehingga H0 ditolak. Dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metode mengajar guru dan prestasi belajar siswa di SMK Statika Bogor.


The teacher is one of the parties responsible for the learning process at school. The success of the learning process is determined by a teacher in preparing learning strategies, especially in the selection of teaching methods. Therefore, the teaching method is one of the teacher's efforts to implement learning strategies that have been arranged in real activities to achieve the goals that have been set as well as possible. A good teaching method will certainly have an impact on student achievement or learning achievement. The aims of this study are to determine: (1) the teaching methods that teachers use at SMK Statika Bogor, (2) student achievement at SMK Statika Bogor, (3) The relationship between teacher teaching methods and student achievement at SMK Statika Bogor. This type of research is quantitative correlation research. Respondents in this study were students at SMK Statika Bogor, totaling 124 people. The data collection technique in this study used an instrument in the form of a questionnaire. Based on the results of the study, it can be concluded that there is a positive relationship between teacher teaching methods and student achievement at SMK Statika Bogor. This can be seen in the acquisition of the value of rcount = 0.980 > rtable = 0.174with a significance level of 5% or = 0.05. The value of this correlation coefficient if interpreted is classified into the category of "very high" level. Based on the t test, the value of tcount = 54.39 > ttable = 1.979 so that H0 is rejected. It can be interpreted that there is a significant relationship between teacher teaching methods and student achievement at SMK Statika Bogor.

Keywords

Metode Mengajar Guru Prestasi Belajar Siswa Student Achievement Teacher Teaching Method

Article Details

References

  1. Abrar Sulthani, Dinil, Vol. 03, No. 02, POTENSIA, “Hubungan Metode Mengajar dengan Minat Belajar di MTs Aisyiyah Ujung Belakang Olo Padang”, 2017.
  2. Alwi, R. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN KANSAS MADANI BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 39-44.
  3. Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Cet. 3, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
  4. Falah, S., Idhofi, A., & Fauziah, F. (2022). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 51-57.
  5. Falah, S., Idhofi, A., & Fauziah, F. (2022). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 51-57.
  6. Fathurrohman, Muhammad, Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional, Cet. 1, Yogyakarta: Teras, 2012.
  7. Junaidah, Vol. 06, No 1, Jurnal Pendidikan Islam, “Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam”, 2015.
  8. Latifah, M., Alwi, R., Tamami, A., & Rifa’i, F. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pola Pendekatan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional (EQ). Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1522-1532.
  9. Parni, Vol. 06, No. 02, Primearly, “ Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Semayong Tahun Pelajaran 2019-2020”, 2020.
  10. Susanti, Lidia, Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik, Cet. 1, Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2019.
  11. Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. 11, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2016.
  12. Tamami, A., & Azkia, L. (2022). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP TAHFIZH AL-BASYIR BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 64-71.
  13. Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). HUBUNGAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKHLAK ISLAMIYAH DENGAN MORALITAS MAHASISWA. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 1-14.
  14. Taufik Akasah Tia, Lukman, Vol. 01, No. 02, Al-Mubin, “Pengaruh Metode Guru Pendidikan Bahasa Arab Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Bahasa Arab”, 2018.
  15. Widhi Kurniawan, Agung , Metode Penelitian Kuantitatif, Cet. 1, Yogyakarta: Pandiva Buku, 2016.
  16. Yunita, E., Falah, S., & Latifah, M. (2023). ANALISIS KONSEP PEMIMPIN IDEAL DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (AT-TIBRU MASBUK FII NASHIHATI AL-MULUK). AL-MUNADZOMAH, 2(2), 74-88.