Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa yang dipengaruhi oleh kedisiplinan guru. Guru adalah salah satu pihak yang bertanggung jawab pada kepribadian atau karakter siswa. Karena guru merupakan panutan bagi siswa. Dalam masyarakat, guru dianggap sebagai orang yang harus dipercaya dan ditiru perilakunya. Orang masih berharap bahwa semua gerakan dan perilaku guru akan diteladani dan ditiru oleh siswa, yang sedikit banyak akan mempengaruhi karakter siswa. Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu sikap disiplin guru dalam mengajar, karena hal tersebut akan mendorong siswa untuk bertindak melakukan sesuatu dan mencapai tujuan tertentu. berdasarkan hasil penelitian didapati hasil bahwa, terdapat pengaruh yang positif antara kedisiplinan guru terhadap karakter siswa. Hal ini dapat dilihar pada perolehan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,528 > 0,174 dengan taraf signifikan 5% atau  = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi pada penelitian ini jika diinterpretasikan diklasifikasikan ke dalam kategori “sedang” tingkatannya. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6,869 > ttabel sebesar 1,979 sehingga H0 ditolak. Dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap karakter siswa di SMK Statika Bogor.


This study aims to determine the character of students who are influenced by teacher discipline. The teacher is one of the parties responsible for the personality or character of students. Because teachers are role models for students. In society, teachers are considered as people who must be trusted and imitated their behavior. People still hope that all movements and behavior of teachers will be imitated and imitated by students, which will more or less affect the character of students. One thing that must be considered is the teacher's discipline in teaching, because it will encourage students to act, do something and achieve certain goals. Based on the results of the study, it was found that there was a positive influence between teacher discipline on the character of students. This can be seen in the acquisition of the value of rcount > rtable is 0.528 > 0.174 with a significant level of 5% or .  = 0.05. The value of the correlation coefficient in this study if interpreted is classified into the category of "medium" level. Based on the t-test, the value of tcount is 6.869 > ttable of 1.979 so that H0 is rejected. It can be interpreted that there is a significant influence between teacher discipline on the character of students at SMK Statika Bogor.

Keywords

Karakter Siswa Kedisiplinan Guru Student Character Teacher Discipline

Article Details

References

  1. Alwi, R. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN KANSAS MADANI BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 39-44.
  2. Anani, M. D., & Falah, S. (2022). MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI KEGIATAN ORGANISASI ISPA DI PONDOK MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 36-50.
  3. Harahap, Musaddad, Vol. 01, No. 02, Jurnal Al-Thariqah, “Esensi peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam”, 2016.
  4. Hardianti, Lisa Weri, Vol.2, No.1, Administrasi Pendidikan, “Disiplin Kerja Guru dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) Kota Solok” 2014.
  5. Imran, Ali, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012
  6. KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.
  7. Listyarti, Retno, Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif, Jakarta: Erlangga, 2012.
  8. Mamdudah, S. U. (2023). MANAJEMEN MADRASAH DALAM POLA PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 6(1), 103-110.
  9. Maruya, Siti, Vol. 01, No. 02, Al-Bahtsu, “Pengaruh Kedisiplinan Guru Mengajar terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu”, 2016.
  10. Mulyasa, E, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet. 7, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
  11. Noor, Moh, Guru Profesional dan Berkualitas, Semarang: Alprin, 2019.
  12. Noor, Roohinah M, Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah, Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, 2012.
  13. Riva'i, F. A., & Maulidiya, N. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 24-33.
  14. Samsu, Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mied Methods, Serta Research & Development, Jambi: Pusaka, 2017.
  15. Syarbini, Amirulloh, Buku Pintar Pendidikan Karakter, Jakarta: Prima Pustaka, 2012.
  16. Yestiani, Dea Kiki , Nabila Zahwa, Vol. 4, No. 1, Pendidikan Dasar, “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar”, 2020