Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna menganalisis strategi guru maupun pengajar di bidang pendidikan agama Islam dalam mengatasi permasalahan kekerasan atau bullying di SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang. Analisis kali ini messsmakai penelitian kualitatif Dimana menggunakan pendekatan studi kasus. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian meliputi guru atau pengajar di bidang Pendidikan Agama Islam, mentor atau guru pembimbing, dan siswa. Dari penelitian ini memberikan hasil bahwa strategi guru PAI ketika menghadapi tindak bullying adalah dengan melakukan pendekatan terhadap faktor-faktor penyebab terjadinya bullying, memberikan edukasi tentang akhlak dan bahaya bullying, serta memberikan orientasi untuk menghindari bullying. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memberikan nasihat. Membiasakan diri dengan program keagamaan seperti Tadarus Al-Qur'an, Tahfidz Al-Qur'an, Puasa Sunnah, dan Sholat Dhuha untuk membentuk Akhlakul Karimah dan menjadi teladan yang baik untuk ditiru oleh seluruh siswa.


This study aims to analyze the strategies of Islamic religious education teachers to overcome bullying problems in Al-Azhar 15 Pamulang Islamic Elementary School. This study uses qualitative research with a case study approach. Data collection techniques were performed using interviews, observations, and documentation. Research data sources include Islamic Religious Education teachers, guidance counselors, and students. The results of this study show that teachers' strategies in Islamic Religious Education teachers to deal with bullying behavior are to approach the factors that cause bullying, provide education about morality and the dangers of bullying, and provide orientation to avoid bullying. This indicates that the company is providing advice. Familiarize yourself with religious programs such as Tadarus AAl-Qur'an, Tahfidz Al-Qur’an, sunnah fasting, and duha prayers to form Akhlakul Karimah and set a good example for all students to emulate.

Keywords

Bullying Guru Pendidikan Agama Islam Strategi Islamic Religious Education Teacher Strategy

Article Details

References

  1. Adhi Kusumasuti, & Ahmad Mustamil Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
  2. Anissa Duwi Nur A’ini, & Andriati Reny H. (2020). Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik (JIKA), 3(2), 30.
  3. Besse Muqita Rijal Mentari. (2020). Saksi Pidana Pembunuhan Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Dengan Hukum Islam. AL-ISHLAH: Jurnal Ilmiah Hukum, 23(1), 01–38.
  4. Dewi Rokhmah. (2021). Religiusitas Guru PAI: Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 110.
  5. Ela Zain Zakiyah, Sahadi Humaedi, & Meilany Budiarti Santoso. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2), 129–389.
  6. Erba Rozalina Yuliyanti. (2018). Upaya Kepemimpinan Spiritual Dalam Mengembangkan Budaya Mutu di SMA Pluas Muthahhari Bandung. Schemata, 7(2), 128–151.
  7. Farhah Salamah. (2023). Peran Orang Tua dalam Pencegahan Bullying Pada Anak (Studi Literatur). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  8. Feny Rita Fiantika. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global Eksektuif Teknologi .
  9. Iin Kandedes. (2020). Kekerasan Terhadap Anak di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Harkat Media Komunikasi Gender, 16(1), 66–76.
  10. Julio Andreas Tombokan, Adi Tirto Koesoemo, & Altje Musa. (2023). Pertanggung Jawaban Pidana Perbuatan Cabul Terhadap Pria Ditinjau Dari Pasal 289 KUHP. Jurnal Fakultas Hukum, XII(2), 1–8.
  11. M. Danang Suryo Baharuddin, & Faridha Nurhayati. (2020). Perbandingan Perilaku Kesehatan Antara Siswa Jurusan IPA dan IPS Negeri di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 08(01), 231–236.
  12. M.Utsman Arif Fathah. (2021). Strategi Menghafal Al-Qur’an (Studi Komparasi pada Pondok Tahfidz Islamic Centre Bin Baz Bantul, Pondok Tahfidz Syaikh Jamilurrahman As Salafy Bantul dan Pondok Tahfidz Yaumi Sleman Yogyakarta). Purwokerto: Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
  13. Nur Ainiyah. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum , 13(1), 25–38.
  14. Rahmat Hidayat, & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep,Teori dan Aplikasinya. LPPPI.
  15. Syamsul Aripin. (2014). Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Menjawab Tantangan Globalisasi. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 1(2), 165–187.
  16. Taufikin, & Ahmad Falah. (2020). Implementasi Kegiatan Religius Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak. Jurnal Penelitian, 14(2), 319–346.
  17. Uci Sanusi, & Rudi Ahmad Suryadi. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
  18. Vincensia Mutiara Rengganis. (2023). Analisis Kebijakan dalam Pembentukan UndangUndang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Souvereignty : Jurnal Demokrasi Dan Ketahanan Nasional |, 2(1), 71–81.
  19. Virda Rukmana. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Korban dan Pelaku Bullying Anak di Bawah Umur. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 10(2), 78–83.
  20. Yuli Permata Sari, & Welhendri Azwar. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 02 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367.
  21. Zaenurrahman Bahrul Alam, Syamsul Aripin, & Erba Rozalina. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri 5 Kota Bogor. Jurnal Akrab Juara, 8(1), 185–203.
  22. Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.