Main Article Content

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia memiliki berbagai macam cara, akan tetapi semua tindakan itu harus sesuai dengan landasan  Al-Qur’an dan Hadits. Dalam berdagang, penetapan harga menjadi salah satu unsur penting penentu dalam pembelian dan tingkat keuntungan. Demikian harga sembako juga sangat berpengaruh dalam tingkat penjualan dan minat konsumen. Banyak pedagang yang menetapkan harga semata-mata hanya mencari keuntungan yang besar. Dalam etika bisnis Islam sendiri tidak sepakat dengan semua tindakan yang akan melambungkan harga. Maka penelitian ini dengan bertujuan untuk mengetahui penetapan harga sembako di kalangan pedagang perspektif etika bisnis Islam di Kelurahan Sengkotek Samarinda. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pedagang sembako di Kelurahan Sengkotek Samarinda. Analisis data yang digunakan yaitu metode kualitatif. Berdasarkan hasil observasi dan penelitian dapatkan menunjukkan bahwa pedagang sembako di Kelurahan Sengkotek memberikan harga dengan mempertimbangkan modal awal, melihat kemampuan/ kebutuhan pembeli, memperhitungkan keuntungan yang layak agar sama-sama adil dan bertanggung jawab atas segala keputusan yang mereka sepakati dalam harga.


There are various ways to fulfill human life's needs, but all actions must be in accordance with the foundations of the Al-Qur'an and Hadith. In trading, price setting is an important factor in determining purchases and profit levels. Thus, the price of basic necessities also has a big influence on the level of sales and consumer interest. Many traders set prices solely looking for big profits. In Islamic business ethics itself, it does not agree with all actions that will inflate prices. So this research aims to determine the pricing of basic necessities among traders from an Islamic business ethics perspective in Sengkotek Village, Samarinda. This type of research is field research. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Interviews were conducted with basic food traders in Sengkotek Village, Samarinda. The data analysis used is a qualitative method. Based on the results of observations and research, it shows that basic food traders in Sengkotek Village provide prices by considering the initial capital, looking at the buyer's bilities and needs,  taking into account appropriate profits so that they are both fair and responsible for all decisions they agree on regarding prices.

Keywords

Etika Bisnis Islam Harga  Sembako Basic Food Prices Islamic Business Ethics

Article Details

References

  1. Afriadi, Wawan. “Strategi Penetapan Harga Barang di Pasar Tradisional Desa Wanasaba Lauk Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”, Skripsi UIN Mataram Tahun 2019
  2. Azwar Karim, Adiwarman. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
  3. Dinar, Muhammad dan Muhammad Hasan, Pengantar Ekonomi: Teori dan Aplikasi, Makassar: CV. Nur Lina, 2018
  4. Fariyuntika, “Faktor-Faktor Penentuan Harga Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Sembako Di Pasar Sekampung)”, Skripsi IAIN Metro, Tahun 2018
  5. Gamal, Merza. Aktifitas Ekonomi Syariah, Pekanbaru: UNRI Press, 2004
  6. Kementerian Agama RI. Al-Quran dan Terjemah, Surabaya: Halim Publishing dan Distributing, 2014
  7. Kotler, Philip. Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006
  8. Prasetyo, Teguh. “Strategi Penetapan Harga Penjualan Kue Kamir Dalam Persaingan Bisnis Perspektif Etika Bisnis Islam (studi kasus pada Toko Kue Kamir)”. Skripsi IAIN Purwokerto Tahun 2019
  9. Romansyah, Iman. “Analisis Penetapan Harga Jual Produk Terhadap Volume Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Komparasi pada Yussy Akmal dan Shereen Cake’s and Bread)”, Skripsi IAIN Raden Intan Lampung Tahun 2016
  10. Sari, Linda Purnama. “Analisis Praktik Pedagang Kaki Lima Dalam Mekanisme Penetapan Harga Jual Di Kelurahan Cakranegara Barat Kecamatan Cakranegara Perspektif Ekonomi Islam”, Skripsi UIN Mataram, Tahun 2017
  11. Shinta, Agustina. Manajemen Pemasaran, Malang: Penerbitan Elektronik Pertama dan Terbesar di Indonesia, 2011
  12. Syahid, Zubair Tablig. Berdagang Seperti Rasulullah, Klaten : Abata Press, 2015
  13. Usman, Husaini. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006