Main Article Content

Abstract

Zaman Millennial merupakan zaman yang ditandai dengan perkembangan teknologi canggih  yang pesat, serta penggunaan sosial media yang dengan mudah mempengaruhi setiap individu masa ini. Semakin canggih perkembangan teknologi yang ada, semakin tersebar pula gaya hidup modern. Yang kini, gaya hidup tersebut dijadikan sebagai pola dalam kehidupan keluarga di zaman Millennial ini. Seakan menolak lupa akan pentingnya pondasi utama yang harus dimiliki oleh setiap muslim, pada setiap pergantian zaman yang ada. Yaitu pendidikan agama Islam. Karena pendidikan merupakan suatu landasan, untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Terkhusus, tujuan utama dari makna pendidikan itu tersendiri. Dan tujuan utama tersebut ialah mengasah kemampuan dalam pembentukan watak juga sifat yang bermatabat dalam kehidupan seseorang. Dan agama menjadi asas kehidupan seorang muslim, yang dengan asas tersebut lah seorang muslim, dapat memahami tujuan hakiki hidup ini. Tujuan ditulisnya penelitian ini untuk mengkaji kembali, akan pentingnya pendidikan agama Islam di zaman ini, juga pentingnya implementasi atas apa yang sudah dipahami untuk terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga menunjukan bahwa keluargalah yang menjadi asas dasar dalam pemahaman pendidikan agama Islam tersebut, dan anak lah yang menjadi tujuan utama yang harus ditamankan akan pentingnya memiliki karakter islami sejak usia dini. Karena generasi sang anaklah yang akan menjadi generasi penerus bangsa juga negara ini.


The Millennial era is an era characterized by the rapid development of advanced technology, as well as the use of social media that easily influences every individual today. The more sophisticated the development of existing technology, the more widespread the modern lifestyle is. Now, this lifestyle is used as a pattern in family life in this Millennial era. As if refusing to forget the importance of the main foundation that every Muslim must have, at every turn of the times. That is Islamic religious education. Because education is a foundation, to achieve the desired goal. In particular, the main purpose of the meaning of education itself. And the main goal is to hone the ability to form a character as well as a dignified nature in one's life. And religion becomes the principle of a Muslim's life, with which a Muslim can understand the ultimate purpose of this life. The purpose of writing this research is to review the importance of Islamic religious education in this era, as well as the importance of implementing what has been understood to continue to be applied in everyday life. This research also shows that it is the family that is the basic principle in understanding Islamic religious education, and it is the child who is the main goal that must be secured on the importance of having an Islamic character from an early age. Because it is the generation of the child who will be the next generation of the nation as well as this country.

Keywords

Keluarga Pendidikan Agama Islam Zaman Millennial Family Islamic Education Millennial Age

Article Details

References

  1. Agung, I., High, S., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). ROLE OF PARENTS IN IMPROVING GEOGRAPHY LEARNING MOTIVATION IN IMMANUEL AGUNG SAMOFA HIGH SCHOOL. 1(2).
  2. Elihami, E. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. EDUMASPUL ; Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408
  3. Faradhiba Devina Putri, I. N. L. (2023). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajement Pendidikan Islam, 4(2), 341–351. Retrieved from https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.421
  4. Habibah, S. (2015). AKHLAK DAN ETIKA DALAM ISLAM. JURNAL PESONA DASAR, 1(4), 73–87.
  5. Idhar. (2021). KONSEP PENDIDKAN TAUHID PADA ANAK USIA DINI. Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar & Keguruan, 30–43.
  6. Juwita, D. R. (2018). PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI ERA MILLENNIAL. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.
  7. Karyanto, U. B. (2011). MAKNA DASAR PENDIDIKAN ISLAM. FORUM TARBIYYAH, 9(2), 155–168.
  8. Khamim, N. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELUARGA MILLENNIAL. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(2), 132–142. https://doi.org/10.5281/zenodo.3408603
  9. Pendidikan, A. P., & Islam, A. (n.d.). BAB III Pendidikan Agama Islam.
  10. Saputra, W. (2021). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609
  11. Sodikin, A., & Ma`arif, M. A. (2021). Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(2), 188–203. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.702
  12. Umroh, I. L. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK SEJAK DINI SECARA ISLAMI DI ERA MILLENNIAL 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225. https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1644
  13. Utami, R. D., Zaenuddin, A., & Nurlela, N. (2017). Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Sosial Siswa SMP Negeri 2 Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 94–107. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2030
  14. Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikn Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854