Main Article Content
Abstract
Dalam Penelitian ini Dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan, guru kerap menghadapi kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dapat menjadi solusi atas berbagai masalah yang muncul dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK Paramarta Jombang Ciputat, (2) Dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan, guru kerap menghadapi kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dapat menjadi solusi atas berbagai masalah yang muncul dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam.
Teachers often struggle to provide adequate learning materials to ensure quality education. Utilizing learning media is a key strategy to enhance the teaching and learning process. This study focused on identifying the learning media used to improve the quality of Islamic Religious Education at Paramarta Jombang Ciputat Vocational High School. The research, a qualitative descriptive study, aimed to explore the impact of learning media on the quality of Islamic Religious Education at SMK Paramarta Jombang Ciputat.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.2018
- Arsyad, Azhar.(2015) Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2015
- Asih Juliani, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015”,(Skripsi, Fakultas agama Islam universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta: 2015).
- Hardianto, “Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No.1, Januari-Juni 2011.
- Heru Utawan. 2014. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Skripsi, Tulungagung.
- Lutfiani, Naili Fauziah. (2013) Skripsi: Alam Sebagai Media Pembelajaran PAI di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,
- Prasmono, Ari. Tesis: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komputer Multimedia dan Digital Video Disc Terhadap Prestasi Belajar Listening Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP di Kabupaten Wonogiri. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2017
- Sadiman, Arief S. dkk., Media Pembelajaran “Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017
- Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2019
- Sukarno. Skripsi: (2019)Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Semarang. Semarang: IAIN Walisongo,
- Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Zulaiha, Siti. Skripsi: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI di MTsN Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakata. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2018