Main Article Content

Abstract

Dalam Penelitian ini Dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan, guru kerap menghadapi kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dapat menjadi solusi atas berbagai masalah yang muncul dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK Paramarta Jombang Ciputat, (2) Dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan, guru kerap menghadapi kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dapat menjadi solusi atas berbagai masalah yang muncul dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam.


Teachers often struggle to provide adequate learning materials to ensure quality education. Utilizing learning media is a key strategy to enhance the teaching and learning process. This study focused on identifying the learning media used to improve the quality of Islamic Religious Education at Paramarta Jombang Ciputat Vocational High School. The research, a qualitative descriptive study, aimed to explore the impact of learning media on the quality of Islamic Religious Education at SMK Paramarta Jombang Ciputat.

Keywords

Media Pembelajaran Mutu Pendidikan Agama Islam Islamic Religious Education Learning Media Quality

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.2018
  2. Arsyad, Azhar.(2015) Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2015
  3. Asih Juliani, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015”,(Skripsi, Fakultas agama Islam universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta: 2015).
  4. Hardianto, “Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No.1, Januari-Juni 2011.
  5. Heru Utawan. 2014. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Skripsi, Tulungagung.
  6. Lutfiani, Naili Fauziah. (2013) Skripsi: Alam Sebagai Media Pembelajaran PAI di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,
  7. Prasmono, Ari. Tesis: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komputer Multimedia dan Digital Video Disc Terhadap Prestasi Belajar Listening Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP di Kabupaten Wonogiri. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2017
  8. Sadiman, Arief S. dkk., Media Pembelajaran “Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017
  9. Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2019
  10. Sukarno. Skripsi: (2019)Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Semarang. Semarang: IAIN Walisongo,
  11. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  12. Zulaiha, Siti. Skripsi: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI di MTsN Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakata. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2018