Main Article Content

Abstract

Pembelajaran yang menarik dan mengasyikkan adalah pembelajaran yang meningkatkan motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pelajaran. Proses pembelajaran seperti itu dapat membantu siswa agar lebih paham dan menguasai pelajaran yang diajarkan. Untuk menghasilkan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa tidak cukup hanya dengan memberi ceramah dan menuliskan materi secara panjang lebar di papan tulis. Namun, diperlukan sebuah media pembelajaran atau alat bantu yang dapat mendukung guru untuk memudahkan mereka menyampaikan materi kepada para siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan konsep service  learning yang merupakan salah satu model belajar eksperimental dengan memberikan layanan kepada masyarakat mengenai strategi belajar dan mengajar melalui integrasi pembelajaran kelas dengan kebutuhan dan isu-isu yang ada dalam masyarakat. Mengacu pada Kaye. Media alat peraga edukatif ini dibuat dengan mencari gambar-gambar beserta kosakata bahasa Arab yang akan dipelajari melalui internet kemudian mencetaknya, setelah gambar dan kosakata tersebut tercetak, langkah selanjutnya adalah mengguntingnya sesuai ukuran yang diperlukan. Setelah gambar selesai digunting, peneliti menyiapkan beberapa batang lidi dan lem kerta untuk menempelkan gambar dan kosakata bahasa Arab tersebut.


Interesting and exciting learning is learning that increases students' motivation to actively participate in lessons. Such a learning process can help students to better understand and master the lessons being taught. To produce learning that can attract students' interest, it is not enough just to give lectures and write the material at length on the blackboard. However, learning media or tools are needed that can support teachers to make it easier for them to convey material to students. This community service activity uses the concept of service learning, which is an experimental learning model by provides services to the community regarding learning and teaching strategies through integrating classroom learning with the needs and issues that exist in society. Referring to Kaye. This educational teaching aid media is made by searching for pictures along with the Arabic vocabulary to be studied via the internet and then printing them. After the pictures and vocabulary are printed, the next step is to cut them out according to the required size. After the picture had been cut out, the researcher prepared several sticks and paper glue to attach the picture and Arabic vocabulary.

Keywords

Kosa Kata Bahasa Arab Media Alat peraga Arabic Vocabulary Media Props

Article Details

References

  1. Ahmad, Z. & Karunia, K. (2022). Khidmah Lughawiyah (Pembinaan Bahasa Arab) Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Di TKA/TPA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i1.324
  2. Anggraini, Y., & Suryadi, D. (2021). Peran Guru dalam Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif di TK Gugus Lavender Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu.
  3. Fatimah. (2021). Pemanfaatan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Di RT 11 Kampung Pakalongan. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3).
  4. Fauzia, Mutia & Slamet, Ade & Gunawan, Heri. (2020). Penggunaan Teknik Permainan Berburu Tarkib Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib. Ta'lim Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban. 3. 1-13. 10.15575/Jpba.V3i1.7444.
  5. Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Alat Permainan Edukatif (APE) di TKPertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
  6. Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Siswa Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2977
  7. Motevalli, Saeid & Perveen, Asma & Tresa, Mina. (2020). Motivating Students To Learn: An Overview Of Literature In Educational Psychology. International Journal Of Academic Research In Progressive Education And Development. 9. 10.6007/IJARPED/V9-I3/7779..
  8. Putri, F & Kareviati, E. (2021). Students’ Responses Toward The Implementation Of Bingo Game With Scientific Approach In Teaching Writing Descriptive Text. Professional Journal Of English Education. 4. 392.
  9. Pramanik, P. D. (2021). Media Belajar Inovatif Bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM Dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan.
  10. Riza, N., Aslamiyah, T., Ni’mah, K., & Setiawan, D. (2023). Pendampingan Dalam Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Di Tpq Al-Ihsan. 3.
  11. Tlili, Ahmed & Hattab, Sarra & Essalmi, Fathi & Chen, Nian-Shing & Huang, Ronghuai & Kinshuk, Dr & Chang, Maiga & Burgos, Daniel. (2021). A Smart Collaborative Educational Game With Learning Analytics To Support English Vocabulary Teaching. International Journal Of Interactive Multimedia And Artificial Intelligence. 6. 215-224. 10.9781/Ijimai.2021.03.002.
  12. Zainuri, Z. (2022). Pendampingan Keterampilan Media Pembelajaran dalam Menghafal Mufradat Bahasa Arab. An-Nuqthah, 3(1), 52-58. https://doi.org/10.1234/an-nuqthah.v2i1.1030