Main Article Content

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu mengenai penerapan supervisi pendidikan merupakan salah satu upaya dalam rangka mencapai suatu pendidikan yang berkualitas terutama di tingkat pendidikan dasar maka perlu upaya mengoptimalkan kualitas sumber daya pendidikan. Sebuah lembaga pendidikan yang baik dan unggul adalah lembaga pendidikan yang memiliki budaya mutu. Mutu yang tinggi ini didukung oleh sistem evaluasi terhadap proses yang menyeluruh serta hasilnya yang terdapat di akhir kegiatan, karena dalam penjaminan mutu pendidikan terdiri dari input, proses, output dan outcome untuk menghasilkan manusia sebagai mahkluk yang sebaik-baik ciptaan Allah SWT. Ruang lingkup dan tujuan penelitian bagaimana proses pelaksanaan supervisi dalam pembelajaran pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan supervisi pendidikan perspektif Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan memaparkan sebaran data instrument, dengan populasi seluruh mahasiswa Teknik Informatika dan sampel sebanyak 34 mahasiswa. Ringkasan hasil September 2023 Materi manusia dalam perspektif islam Membaca ayat perkelompok  85 (1.70%) pada QS. Al-Mu’minun ayat 31. Materi Agama Islam QS. Ali ‘Imran: 85 hasil nilai  85 (1.70%) Materi Al-Qur’an sebagai Sumber Hukum Qs. An Nisa4/: 59 hasil nilai 85 (1.70%). Simpulan penelitian, merujuk dari hasil pelaksanaan bulan November 2023 melakukan Analisa hasil nilai Materi manusia dalam perspektif islam QS. Al-Mu’minun ayat 31 hasil nilai 84 (1.68%) Materi Agama Islam QS. Ali ‘Imran ayat 85 hasil nilai 83(1.66%) Materi Al-Qur’an sebagai Sumber Hukum Qs. An Nisa4/ ayat 59 hasil nilai 82 82 (1.64%) Ijtihad al-Maidah/5 ayat 90 hasil nilai 85 (1.70%) Kerangka dasar ajaran islam ; Aqidah QS al-maidah ayat 1 hasil nilai 85 (1.70%)


The background of the research is about the implementation of educational supervision is one of the efforts in order to achieve a quality education, especially at the basic education level, it is necessary to optimize the quality of educational resources. A good and superior educational institution is an educational institution that has a culture of quality. This high quality is supported by an evaluation system for a comprehensive process and the results at the end of the activity, because in education quality assurance consists of input, process, output and outcome to produce humans as the best creatures of Allah SWT. The scope and objectives of the study are how the process of implementing supervision in Islamic education learning. This study aims to determine the process of implementing educational supervision from a Qur'anic perspective. The research method used is Qualitative method by describing the distribution of instrument data, with a population of all Informatics Engineering students and a sample of 34 students. Summary of results September 2023 Human material in Islamic perspective Reading verses per group 85 (1.70%) on QS. Al-Mu'minun verse 31. Islamic religion material QS. Ali 'Imran: 85 (1.70%) The material of the Qur'an as a Source of Law Qs. An Nisa4/: 59 score result 85 (1.70%). The conclusion of the study, referring to the results of the implementation in November 2023, analyzed the results of the value of human material in the Islamic perspective QS. Al-Mu'minun verse 31 score 84 (1.68%) Islamic Religious Material QS. Ali 'Imran verse 85 score 83 (1.66%) Al-Qur'an Material as a Source of Law Qs. An Nisa4 / verse 59 the results of the value of 82 82 (1.64%) Ijtihad al-Maidah / 5 verse 90 the results of the value of 85 (1.70%) The basic framework of Islamic teachings; Aqidah QS al-maidah verse 1 the results of the value of 85 (1.70%).

Keywords

Pembelajaran Pendidikan Islam Supervisi Islamic education Learning Supervision

Article Details

References

  1. Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir. Ilmu pendidikan Islam. Jakarta:Kencana, 2019. Eva L Baker dan Popham James. Bagaimana mengajar secara sistematis. 1994.Yogyakarta: Kanisius
  2. Abudin, Nata. Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an. Jakarta UIN Press, 2005.
  3. Aedi, Nur. Pengawasan Pendidikan. Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2014.
  4. Agus Sugiyanto. Tesis Supervisi Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Blog:Analisis Isi Kualitatif terhadap Konten Blog Pengawas PAI Kabupaten Lumajang. Surakarta: pascasarjana IAIN Surakarta. 2016.
  5. Ahmad Munir:Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan, cet. I, Yogyakarta; Teras. 2008.
  6. Anas Salahuddin. Metode Riset Kebijakan Pendidikan. Bandung:Pustaka setia, t.th.
  7. Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta:PT.Rineka. 2006.
  8. Badruzzaman M. Yunus. Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir. Vol1,1 Juni, hal 1-7. 2016.
  9. Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan pembelajaran. Jogjakarta:Ar-Ruz. 2008.
  10. Connie Cairnnisa. Manajemen pendidikan dalam multiperspektif. Jakarta:Rajawali Pers. 2016.
  11. Dadang Suhardan. Supervisi Profesional. Tt:Alfabeta. 2010.
  12. Hafid, Said dan Abdullah. Tahun penilaian kinerja pegawai di Pemerintah Kota Yogyakarta. Yogyakarta:tp. 2019.
  13. Hamzah B.Uno. Teori Motivasi dan pengukurannya:Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara. 2008.
  14. Jongga Manullang. Efektivitas Model Supervisi Manajerial Bagi Kepala Sekolah. Jurnal Generasi Kampus Volume 10, Nomor 2, September 2017.
  15. Kusumawati. Pembelajaran Religious Oriented dalam Format Pendidikan Islam. Yogyakarta:Deepublish. 2023
  16. Munib, Achmad. Pengantar Ilmu Pendidikan. 2015. Semarang:Universitas Negeri Semarang Press.
  17. Nurulhayati. Strategi Pembelajaran. 2002. Jakarta:Erlangga Slamet. Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya. 2010. Jakarta: PT. Rieneka Cipta
  18. Zakiah Dradjat, dkk. Metodologi Pengajaran Agama Islam. 2001. Bumi Aksara:Jakarta