Main Article Content
Abstract
Media sosial telah menjadi salah satu alat penting dalam proses pembelajaran di era digital yang semakin maju. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah dengan pemanfaatan media sosial yaitu instagram. Platform instagram telah banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, baik yang berbasis lembaga maupun non lembaga sebagai media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa arab. Para kreator menuangkan inovasinya melalui konten-konten yang mereka buat pada platform instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta meninjau strategi dan efektivitas dalam meningkatkan daya tarik pengguna instagram terhadap bahasa arab melalui konten yang dibagikan para kreator berdasarkan keterlibatan audiens (engagement rate). Penelitian ini menggunakan metode penelitian content analysis (analisis isi) dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah penggalian data berupa observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan tiga jenis materi, diantaranya ada mufrodat, uslub dan nahwu. Adapun dua jenis konsep konten, yaitu gambar animasi dan berbagai bentuk video. Jenis materi yang paling banyak diminati adalah mufrodat dan uslub. Sedangkan strategi konten pembelajaran yang paling unggul diantara tiga kreator terpilih adalah akun @marhaban.academy. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi konten pembelajaran yaitu dengan memerhatikan 6 aspek (materi, bahasa, desain, sistematika dan konsistensi, pengoptimalan fitur aplikasi, dan responsif terhadap audiens)
Social media has become one of the important tools in the learning process in the increasingly advanced digital era. One of these learning media is the utilization of social media, namely Instagram. The Instagram platform has been widely used by the community today, both institutional and non-institutional based as a learning medium, especially in learning Arabic. The creators pour their innovations through the content they create on the Instagram platform. This study aims to determine and review the strategies and effectiveness in increasing the attractiveness of Instagram users to the Arabic language through content shared by creators based on audience engagement (engagement rate). This research uses the content analysis research method with a qualitative approach. The techniques used are data collection in the form of observation and documentation. The results of this study found three types of material, including mufrodat, uslub and nahwu. There are two types of content concepts, namely animated images and various forms of video. The most popular types of material are mufrodat and uslub. While the most superior learning content strategy among the three selected creators is the @marhaban.academy account. The conclusion of this research is that the learning content strategy is by paying attention to 6 aspects (material, language, design, systematics and consistency, optimization of application features, and responsiveness to the audience).
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- T. N. Priantiwi and M. Abdurrahman, “Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 1365–1371, Aug. 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i3.1502.
- R. O. S. Tolinggi, “Microblog Pada Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab,” in Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, Malang: Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Oct. 2021, pp. 95–111. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroblog
- S. Fuadah, “Penggunaan Media Instagram @Nahwu_Pedia dalam Mahārah Al Qira’ah dan Mahārah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab,” Studi Arab, vol. 11, no. 2, pp. 137–151, Dec. 2020, [Online]. Available: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab
- S. U. Rahmawati, S. N. Aisyah, S. Mufidza, and K. Umbar, “Analisis Konten Instagram @alazharcenterpare dalam Pembelajaran Bahasa Arab Online,” Ukazh: Journal of Arabic Studies, vol. 5, no. 1, pp. 20–30, Mar. 2024, doi: 10.37274/ukazh.v5i1.895.
- I. Rembulan and S. Fauziah, “Pemanfaatan Feeds dan Fitur Instagram Stories dalam Pembelajaran Bahasa, Sastra dan Budaya Arab,” in Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 2 Peran Mahasiswa Bahasa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Jul. 2020, pp. 249–259. Accessed: Jun. 26, 2024. [Online]. Available: https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/601
- Husin, Z. H. Dhia, and L. Khoiriyatunnisa, “Pemanfaatan Platform Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula,” in Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, Malang: Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Oct. 2021, pp. 543–554.
- A. Syarofi and S. Syuhadak, “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio-Visual melalui Media Sosial: Youtube, TikTok, Instagram, Facebook,” Kitaba, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, May 2023, doi: 10.18860/kitaba.v1i1.20901.
- K. Krippendorff, Content Analysis an Introduction to its Methodology, 3th ed. Thousand Oaks, California : SAGE Publications, Inc, 2013.
- D. Zuchdi and W. Afifah, Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika dalam Penelitian, 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2021. Accessed: Jul. 09, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=YoM_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metodologi+analisis+konten&ots=clOs5J86ra&sig=x2S0Voo9hxLIj4Y0z5wvrHXHDPA&redir_esc=y#v=onepage&q=metodologi%20analisis%20konten&f=false
- Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 19th ed. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.
- N. A. Audina and Muassomah, “Instagram: Alternatif Media dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah,” Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 77–90, 2020.
- E. N. Suroiyah, “Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’ (Mendengar),” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 2, no. 1, pp. 16–26, Jun. 2020, Accessed: Jul. 09, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/148
- M. Wijaya and R. S. Y. Rismawati, “Pembelajaran Bahasa Arab berbantuan Media Instagram Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah,” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, pp. 817–825, Jun. 2023, doi: 10.31949/EDUCATIO.V9I2.5080.
- N. Lamatenggo, “Strategi Pembelajaran,” in Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar, Gorontalo: Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jul. 2020.
- D. Fazadina and I. Rachmawati, “Strategi Kreator dalam Membuat Konten Instagram Studi Kasus Strategi Konten Kreator akun Instagram @brocode_barber,” in Prosiding Manajemen Komunikasi Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba, Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Bandung, Sep. 2020, pp. 216–219. doi: 10.29313/.v6i2.22281.