Main Article Content

Abstract

استخدم معهد تعمير الإسلام  كتاب دروس اللغة ككتاب مدرسي منذ الماضي، حتى الآن يستخدم كمادة تعليمية رئيسية لتعلم اللغة العربية، ولذلك فإن الغرض من هذا البحث هو معرفة مدى أهمية كتاب دروس اللغة في زيادة الدافعية لمهارات اللغة العربية فيما يتعلق بالكلام وخاصة في معهد تعمير الإسلام. يندرج هذا البحث في البحث الكيفي وتقنيات جمع البيانات من الملاحظات المباشرة والمقابلات والتوثيق. وقد بينت نتائج المقابلات التي قامت الباحثة مع عدد من معلمة اللغة العربية وعدد من الطالبات أن كتاب دروس اللغة العربية لا يزال صالحًا للاستخدام حتى اليوم، وله تأثير في تحفيز الطلاب على الاستمرار في الحماس للتحدث باللغة العربية


Buku Durusullughah sudah lama dijadikan sebagai buku ajar di ponpes Ta'mirul islam, Surakarta. Hingga saat ini buku tersebut masih dijadikan sebagai bahan ajar utama untuk pembelajaran bahasa arab, maka dari itu tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana relevansi buku durusullughah untuk meningkatkan motivasi keterampilan berbahasa arab khususnya dalam hal berbicara pada santriwati kelas 1 KMI ponpes Ta'mirul islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dari observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari wawancara yang diajukan kepada beberapa guru pengampu bahasa arab serta beberapa santriwati menyatakan bahwa buku Durusullughah tersebut masih sangat relevan digunakan sampai saat ini dan memberikan pengaruh dalam memotivasi peserta didik untuk terus semangat berbahasa arab

Keywords

الكتب الدراسية تعلم اللغة العربية مهارة الكلام

Article Details

References

  1. Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083
  2. Ibrahim, M., & Tohri, M. (2024). Efektifitas Metode Mubasyarah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara BahasBahasa merupakan suatu sistem yang arbitrer, yang digunakan untuk komunikasi dan tukar pikiran antar kelompok manusia tertentu. Bahasa arab adalah bahasa Alquran, bahasa informas. 4, 11597–11608.
  3. Marlius, Y., Bambang, B., & Wirman, M. (2021). The Efforts to Improve Students’ Arabic Speaking Skills Through Language Environment Activation: A Study of Phenomenology. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(1), 35–48. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i1.2585
  4. Nafisah, Z. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab MelaluiMedia Gambar. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 319–327.
  5. Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Teks Muatan Tematik Integratif. Jurnal Kependidikan, 45(1), 1–15.
  6. Nur, H. (2017). Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 177–187. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4
  7. Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
  8. Puwarno, D. G. (2023). Meningkatkan Kemampuan mengajar guru dengan memperhatikan rumusan Tujuan pembelajaran. 1(1), 276–281.
  9. Rawi Nasution, M. F., Bagus Sanjaya, M., & Abdurrahman, A. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Medan. Jurnal Sathar, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.59548/js.v1i2.82
  10. Supriyadi, M. (2022). Ta’lim Maharah Al-Kalam Bi Istikhdami Kitab “Al-muhadatsah Al-Arabiah II” li Al-Muallif Kh. Ahcmad Ghazali Salim:(Studi Kasus Siswa di PP. Raudlatul Jannah …. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa …, 4. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/682%0Ahttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/download/682/318
  11. Syahid, N., Batmang, B., Morfologi, I., Sintaksis, D. A. N., Indonesia, B., Berbicara, D., Arab, B., Uin, K. A., Dan, I., Bahasa, I., Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Khasanah, N., Astuti, D. W. I., Nurhayati, W., … Prof.Dr.Sugiyono. (2020). Konsep & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Progresif. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 1). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf%0Ahttps://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf%0Ahttp://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/107/1/KONSEP STRATEGI__REV.pdf
  12. Ulhaq, N., & Lubis, L. (2023). Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1202–1211. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.361
  13. UNIMUS. (2020). Dokumen Panduan Penyusunan Bahan Ajar. Panduan Pengembangan Bahan Ajar, 29.
  14. ساري, م. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Kalam) Siswa Kelas VIII A MTs. N Ngeplak Sleman Yogyakarta. Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 01, 1–71.
  15. Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083
  16. Ibrahim, M., & Tohri, M. (2024). Efektifitas Metode Mubasyarah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara BahasBahasa merupakan suatu sistem yang arbitrer, yang digunakan untuk komunikasi dan tukar pikiran antar kelompok manusia tertentu. Bahasa arab adalah bahasa Alquran, bahasa informas. 4, 11597–11608.
  17. Marlius, Y., Bambang, B., & Wirman, M. (2021). The Efforts to Improve Students’ Arabic Speaking Skills Through Language Environment Activation: A Study of Phenomenology. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(1), 35–48. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i1.2585
  18. Nafisah, Z. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab MelaluiMedia Gambar. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 319–327.
  19. Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Teks Muatan Tematik Integratif. Jurnal Kependidikan, 45(1), 1–15.
  20. Nur, H. (2017). Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 177–187. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4
  21. Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
  22. Puwarno, D. G. (2023). Meningkatkan Kemampuan mengajar guru dengan memperhatikan rumusan Tujuan pembelajaran. 1(1), 276–281.
  23. Rawi Nasution, M. F., Bagus Sanjaya, M., & Abdurrahman, A. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Medan. Jurnal Sathar, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.59548/js.v1i2.82
  24. Supriyadi, M. (2022). Ta’lim Maharah Al-Kalam Bi Istikhdami Kitab “Al-muhadatsah Al-Arabiah II” li Al-Muallif Kh. Ahcmad Ghazali Salim:(Studi Kasus Siswa di PP. Raudlatul Jannah …. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa …, 4. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/682%0Ahttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/download/682/318
  25. Syahid, N., Batmang, B., Morfologi, I., Sintaksis, D. A. N., Indonesia, B., Berbicara, D., Arab, B., Uin, K. A., Dan, I., Bahasa, I., Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Khasanah, N., Astuti, D. W. I., Nurhayati, W., … Prof.Dr.Sugiyono. (2020). Konsep & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Progresif. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 1). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf%0Ahttps://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf%0Ahttp://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/107/1/KONSEP STRATEGI__REV.pdf
  26. Ulhaq, N., & Lubis, L. (2023). Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1202–1211. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.361
  27. UNIMUS. (2020). Dokumen Panduan Penyusunan Bahan Ajar. Panduan Pengembangan Bahan Ajar, 29.
  28. ساري, م. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Kalam) Siswa Kelas VIII A MTs. N Ngeplak Sleman Yogyakarta. Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 01, 1–71.