Main Article Content
Abstract
استخدم معهد تعمير الإسلام كتاب دروس اللغة ككتاب مدرسي منذ الماضي، حتى الآن يستخدم كمادة تعليمية رئيسية لتعلم اللغة العربية، ولذلك فإن الغرض من هذا البحث هو معرفة مدى أهمية كتاب دروس اللغة في زيادة الدافعية لمهارات اللغة العربية فيما يتعلق بالكلام وخاصة في معهد تعمير الإسلام. يندرج هذا البحث في البحث الكيفي وتقنيات جمع البيانات من الملاحظات المباشرة والمقابلات والتوثيق. وقد بينت نتائج المقابلات التي قامت الباحثة مع عدد من معلمة اللغة العربية وعدد من الطالبات أن كتاب دروس اللغة العربية لا يزال صالحًا للاستخدام حتى اليوم، وله تأثير في تحفيز الطلاب على الاستمرار في الحماس للتحدث باللغة العربية
Buku Durusullughah sudah lama dijadikan sebagai buku ajar di ponpes Ta'mirul islam, Surakarta. Hingga saat ini buku tersebut masih dijadikan sebagai bahan ajar utama untuk pembelajaran bahasa arab, maka dari itu tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana relevansi buku durusullughah untuk meningkatkan motivasi keterampilan berbahasa arab khususnya dalam hal berbicara pada santriwati kelas 1 KMI ponpes Ta'mirul islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dari observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari wawancara yang diajukan kepada beberapa guru pengampu bahasa arab serta beberapa santriwati menyatakan bahwa buku Durusullughah tersebut masih sangat relevan digunakan sampai saat ini dan memberikan pengaruh dalam memotivasi peserta didik untuk terus semangat berbahasa arab
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083
- Ibrahim, M., & Tohri, M. (2024). Efektifitas Metode Mubasyarah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara BahasBahasa merupakan suatu sistem yang arbitrer, yang digunakan untuk komunikasi dan tukar pikiran antar kelompok manusia tertentu. Bahasa arab adalah bahasa Alquran, bahasa informas. 4, 11597–11608.
- Marlius, Y., Bambang, B., & Wirman, M. (2021). The Efforts to Improve Students’ Arabic Speaking Skills Through Language Environment Activation: A Study of Phenomenology. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(1), 35–48. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i1.2585
- Nafisah, Z. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab MelaluiMedia Gambar. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 319–327.
- Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Teks Muatan Tematik Integratif. Jurnal Kependidikan, 45(1), 1–15.
- Nur, H. (2017). Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 177–187. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4
- Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
- Puwarno, D. G. (2023). Meningkatkan Kemampuan mengajar guru dengan memperhatikan rumusan Tujuan pembelajaran. 1(1), 276–281.
- Rawi Nasution, M. F., Bagus Sanjaya, M., & Abdurrahman, A. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Medan. Jurnal Sathar, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.59548/js.v1i2.82
- Supriyadi, M. (2022). Ta’lim Maharah Al-Kalam Bi Istikhdami Kitab “Al-muhadatsah Al-Arabiah II” li Al-Muallif Kh. Ahcmad Ghazali Salim:(Studi Kasus Siswa di PP. Raudlatul Jannah …. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa …, 4. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/682%0Ahttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/download/682/318
- Syahid, N., Batmang, B., Morfologi, I., Sintaksis, D. A. N., Indonesia, B., Berbicara, D., Arab, B., Uin, K. A., Dan, I., Bahasa, I., Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Khasanah, N., Astuti, D. W. I., Nurhayati, W., … Prof.Dr.Sugiyono. (2020). Konsep & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Progresif. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 1). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf%0Ahttps://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf%0Ahttp://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/107/1/KONSEP STRATEGI__REV.pdf
- Ulhaq, N., & Lubis, L. (2023). Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1202–1211. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.361
- UNIMUS. (2020). Dokumen Panduan Penyusunan Bahan Ajar. Panduan Pengembangan Bahan Ajar, 29.
- ساري, م. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Kalam) Siswa Kelas VIII A MTs. N Ngeplak Sleman Yogyakarta. Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 01, 1–71.
- Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083
- Ibrahim, M., & Tohri, M. (2024). Efektifitas Metode Mubasyarah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara BahasBahasa merupakan suatu sistem yang arbitrer, yang digunakan untuk komunikasi dan tukar pikiran antar kelompok manusia tertentu. Bahasa arab adalah bahasa Alquran, bahasa informas. 4, 11597–11608.
- Marlius, Y., Bambang, B., & Wirman, M. (2021). The Efforts to Improve Students’ Arabic Speaking Skills Through Language Environment Activation: A Study of Phenomenology. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(1), 35–48. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i1.2585
- Nafisah, Z. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab MelaluiMedia Gambar. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 319–327.
- Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Teks Muatan Tematik Integratif. Jurnal Kependidikan, 45(1), 1–15.
- Nur, H. (2017). Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 177–187. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4
- Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.
- Puwarno, D. G. (2023). Meningkatkan Kemampuan mengajar guru dengan memperhatikan rumusan Tujuan pembelajaran. 1(1), 276–281.
- Rawi Nasution, M. F., Bagus Sanjaya, M., & Abdurrahman, A. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Medan. Jurnal Sathar, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.59548/js.v1i2.82
- Supriyadi, M. (2022). Ta’lim Maharah Al-Kalam Bi Istikhdami Kitab “Al-muhadatsah Al-Arabiah II” li Al-Muallif Kh. Ahcmad Ghazali Salim:(Studi Kasus Siswa di PP. Raudlatul Jannah …. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa …, 4. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/682%0Ahttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/download/682/318
- Syahid, N., Batmang, B., Morfologi, I., Sintaksis, D. A. N., Indonesia, B., Berbicara, D., Arab, B., Uin, K. A., Dan, I., Bahasa, I., Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Khasanah, N., Astuti, D. W. I., Nurhayati, W., … Prof.Dr.Sugiyono. (2020). Konsep & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Progresif. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 1). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf%0Ahttps://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf%0Ahttp://digitallib.iainkendari.ac.id/id/eprint/107/1/KONSEP STRATEGI__REV.pdf
- Ulhaq, N., & Lubis, L. (2023). Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1202–1211. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.361
- UNIMUS. (2020). Dokumen Panduan Penyusunan Bahan Ajar. Panduan Pengembangan Bahan Ajar, 29.
- ساري, م. (2010). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Bahasa Arab (Kalam) Siswa Kelas VIII A MTs. N Ngeplak Sleman Yogyakarta. Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 01, 1–71.