Main Article Content
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab di pesantren menghadapi tantangan signifikan akibat keberagaman tingkat kemampuan santri. Kondisi ini menuntut penerapan metode pengajaran yang mampu mengakomodasi perbedaan tersebut. Pendekatan diferensiasi menjadi salah satu alternatif solusi dengan menyesuaikan materi, proses, dan evaluasi pembelajaran sesuai kebutuhan individu siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis teori dan praktik pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran bahasa Arab, serta mengeksplorasi relevansi dan penerapannya di lingkungan pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan diferensiasi efektif dalam meningkatkan keterampilan santri, khususnya dalam empat maharah utama (istima’, kalam, qira’ah, kitabah). Namun, implementasinya di pesantren menghadapi kendala seperti keterbatasan fasilitas, beban kerja guru, dan kurangnya pelatihan profesional. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kapasitas guru dan mendukung implementasi pendekatan ini secara berkelanjutan di pesantren.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Amin, B. (2023). Konsep Pengajaran Maharah Alkalam Pada Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan Islam, 40-41.
- Enok Siti Kurniasih, N. P. (2023). Pengaruh Pendekatan Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis, dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 399-400.
- Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunikatif. Jurnal Kependidikan Islam, 196-200.
- Jailani, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 8-9.
- Mahadi Rahman, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Al-Qur'an dan Implementasinya Pada Program Pembelajaran Santri Qur'an Senter Kepulauan Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 40440.
- Muhlis, A. (2013). Kurikulum Diferensiasi Mata Pelajaran bahasa Arab bagi Anak CI+BI MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan. Jurnal Nuansa, 103-105.
- Murtadho, M. A. (2023). التعليم المتنوع في تعليم اللغة العربية. التدريس: المجلد الحادى العرش, 99-103.
- Nur Khalisah, A. R. (2024). Keterampilan Mengajar Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Santi Witya Serong School Thailand. Jurnal Ilmu Sosial dan pendidikan, 599-600.
- Siti Firqoh Najiyah, S. A. (2024). Praktek Pembelajaran Terpadu Pada Madrasah Berbasis Pesantren Modern di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 148-149.
- Soleh Ibrahim, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Diferensiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 277-279.
- Syafe'i, I. (2017). Model Kurikulum Pesantren Salafiyah dalam Perspektif Multikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 128-130.
- Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 682-684.
- Yudo Zulkarnain, M. A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen. Jurnal Pendidikan Islam, 1161.