Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis perbedaan pendapat dua aliran Nahwu: Basrah dan Kufah dalam pembahasan pengaruh Inna dan saudara-saudaranya terhadap khabarnya dalam kitab  Al-Inshâf  fî Masâil Al-Khilâf. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian berupa analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran Kufah berpendapat bahwa Inna dan saudara-saudaranya tidak merafa’kan khabarnya. Sementara itu ulama Basrah mengatakan Inna dan saudara-saudaranya merafa’kan khabarnya. Aliran Basrah mengemukakan sejumlah hujah dan argumen yang kuat dan bisa mematahkan pendapat aliran Kufah. Perbedaan dua aliran ini berpengaruh kepada kaidah dalam kitab-kitab Nahwu yang banyak dipelajari, di antaranya kitab Matn al-Ājurrūmīyah, dan kitab Alfiyah Ibn Malik. Meskipun latar belakang Ibn Ājurrūm bermazhab Kufah yang terlihat dari berbagai kaidah dan istilah Nahwu yang berkiblat pada aliran Kufah, tapi untuk penjelasan ‘Amil Rafa’ pada khabar Inna Ibn Ājurrūm mengikuti pendapat ulama Basrah. Begitu pula Ibn Malik yang tidak berpihak ke salah satu dari dua aliran ini, namun ternyata dalam permasalahan ini Ibn Malik lebih memilih pendapat aliran Basrah.


This research aims to explain and analyze the differences of opinion between the two Nahwu schools, Basrah and Kufah, in discussing the influence of "Inna" and its relatives on the "khabar" in Al-Inshâf  fî Masâil Al-Khilâf. This is a literature review using qualitative method and research design in the form of content analysis. The results of the study show that the Kufah school believes that "Inna" and its relatives do not affect the "khabar," while the Basrah scholars say that "Inna" and its relatives do affect the "khabar." The Basrah school presents several strong arguments that can refute the opinion of the Kufah school. This difference between the two schools has an impact on the principles in the Nahwu books that are widely studied, such as Matn al-Ajurrumiyyah and Alfiyah Ibn Malik. Although Ibn Ajurrum is from the Kufah school as seen from various Nahwu principles and terms that are oriented towards the Kufah school, for the explanation of "Amil Rafa'" on the "khabar Inna," Ibn Ajurrum follows the opinion of the Basrah scholars. Similarly, Ibn Malik, who is neutral between the two schools, actually prefers the opinion of the Basrah school in this matter.


 

Keywords

Al-Inshâf Basrah Kufah

Article Details

References

  1. Abdullah., Islam, M.A.M., & Thohir, M.A. 2021. Kiai dan Alfiyah Ibn Malik; Merajut Jaringan Intelektual Bidang Linguistik Arab Di Dunia Pesantren. Ciputat: Adabia Press.
  2. Abdurrahman, M., & Sopian, A. 2020. Epistemologi Nahwu. Bandung: UPI (tidak terbit).
  3. Ahyaruddin. 2015. Sikap–Sikap Ibnu Malik terhadap Mubtada dan Khabar Dalam Kitab Alfiyah Ibnu Malik. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.
  4. Al-Anbârî,'A.A. 2003. Al-Inshâf fî Masâil Al-Khilâf baina Al-Nahwiyyin. Lebanon: Al-Maktabah Al-'Ashriyyah.
  5. Al-Baghdady, A. 2001. Tarikh Baghdad. Beirut : Dâr Al-Gharb Al-Islami.
  6. Aliyah. 2018. Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta'rib Vol. 6 No. 1.
  7. Al-Khazrajy, R.J.A. 2007. Haqiqah Al-Khilaf fii Khamsi Masail min Al-Inshâf . Majallah Kuliyyah Al-Tarbawiyyah Al-Asasiyyah.
  8. Al-Râjih, A. 1986. Al-Nahw al-‘Arabî wa al-Dars al-Hadîts. Beirut: Dâr al-Tsaqâfah.
  9. Al-Suyuthi, A.A. 1964. Bughyat Al-Wu’ah fii Thabaqat Al-Lughawiyyin wa Al-Nuhah Jilid 2. Libanon: Al-Maktabah Al-‘Ashriyyah.
  10. Asfar, A.M.I.T. 2019. Analisis Naratif, Analisis Konten, dan Analisis Semiotik (Penelitian Kualitatif).
  11. Asrina. 2016. Khilafiyah Nahwiyyah : Dialektika Pemikiran Nahu Basrah dan Kufah dalam Catatan Ibn Al-Anbârî. Miqat Vol. 11, No. 2.
  12. Bouach, H. 2016. Al-Muṣṭalaḥ al-Naḥwī fī Kitāb al-Inṣāf fī Masā'il al-Khilāf bayna al-Baṣriyyīn wa al-Kūfiyyīn. Tesis, Universitas Jijel, Al-Jazair.
  13. Bu'aniyniyah, S., & Khantuut, I. 2021. Analyzing and evaluating the Activities of Grammatical Texts in: Matn al-Ajrumiyyah, Milhat Al-Irab, Alfiat Ibn Malik, and Lamiat El Afa al. Al-Shehab Vol. 7, No. 3.
  14. Dhayf, S. 1984. Al-Madâris al-Nahwiyyah. Kairo: Dâr al-Ma‘rifah.
  15. Febriyanti, U., Abdurrahman, M., & Sopian, A. 2021. Is Historical Study of Nahwu on Madrasah Basraand Kufaimportant to Teach? The Analysis of Opinion on Indonesian AFL Students. Al-Ta’rib Vol. 9, No. 1.
  16. Gunawan, H., Suhartini, A., Nurshobah, A. & Rifa'il, I. 2018. Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah Dalam Kitab Al-Jurumiyah. Dialog Vol. 41, No. 2.
  17. Harianto, N. 2018. Beberapa Perbedan Masalah-Masalah Nahwu Antara Bashrah dan Kufah dalam Kitab Al- Inshaaf Fi Masaa’il Al-Khilaf Bain Al-Nahwiyyin Al-Basryyin Wa Alkufyyin dan Dalil- Dalil Nahwu yang Digunakan. Tsaqofah & Tarikh Vol. 3, No. 1.
  18. Hasan, R.K. Haqiqah Maa ‘Azahu Abu Al-Barakat Al-Anbârî fii Inshafihi Ila Al-Kufiyyin wa Al-Bashriyyin fii Rubba.
  19. Hassan, I.Y. 2014. Rightness in Evalating Basra and Kufa’s Views in The Work Of Al _ Anbârî, Al - Insaf Fi Masael Al – Khilaf. Majallah Kuliyyah Al-Tarbiyah li Al-Banat University of Sulaymaniyah Vol. 25 No. 4.
  20. Holilulloh, A. 2019. Ibn Ājurrūm wa-afkāruh fī ta‘līm al-naḥwi. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
  21. Holilulloh, A. 2020. Pengaruh Mazhab Naḥwu Kūfah dalam Kitab Matn al-Ājurrūmīyah. Al-Ma'rifah Vol. 17, No. 2.
  22. Ihsanudin. 2017. Sejarah Perkembangan Mazhab Nahwu Arab (Sebuah Tinjauan Historis). Thaqãfiyyãt Vol. 18, No. 1.
  23. Isnainiyah. 2019. Pengembangan Kitab Matan Al-Jurumiyah Dengan Pendekatan Induktif Untuk Siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III HMJ Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
  24. Jaeni, M. 2017. Tafsiran Kiai Pesantren terhadap Bait-Bait Nadham Alfiyah Sebagai Media Hapalan, Kajian Bahasa Dan Transformasi Nilai-Nilai Moral Santri (Kajian Intertekstualitas dan Analisis Wacana Kritis). Ihya Ulum Al-Din Vol. 19, No. 2.
  25. Jazuli, M., & Mustofa, A. 2017. Implikasi Madrasah Basrah dan Kufah dalam Pembelajaran di Indonesia. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I HMJ Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
  26. Kamal, M. 2021. Mazhab-Mazhab Sintaksis Bahasa Arab “Nahwu” (Basrah, Kufah, Bagdad, Andalusia, Mesir). Jurnal Bina Ilmu Cendikia Vol. 3, No. 1.
  27. Khunainatuz, I.F., & Ashoumi, H. 2020. Analisis Nila-Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam makna tersirat Nadzam Alfiyah Ibnu Malik dan Aktualisasinya pada konteks Pendidikan Islam Modern. At-Taqwa Vol. 16, No. 1.
  28. Lubis, P. 2018. Pembelajaran Nahwu Dengan Nazham Alfiyah Ibn Malik (Studi Kasus di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning Tasik Malaya). Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol. 1, No. 1.
  29. Mudzakkir, S. 2022. Metode Hafalan Alfiah Ibnu Malik dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Memahami Kitab Kuning di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 3, No. 3.
  30. Muhid, A., Asnawi., & Sa’adillah, R. 2018. Pendidikan Moral melalui Pembelajaran Kitab Alfiyah Ibn Malik di Pondok Pesantren Langitan Tuban. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 6, No. 1.
  31. Mulloh, Tamim. Mauqif Al-Syaikh Al-Imrithy fii Araihi wa Mushthalahatihi Al-Nahwiyyah baina Madrasatai Al-Bashrah wa Al-Kufah fii Al-Durrah Al-Baihah Nadzham Al-Ajurumiyyah, El-Jaudah 1 (1) 2020. Majallah Kuliyyah Al-Tarbawiyyah Jami’ah Wasithah 20, 2005.
  32. Mustainna, I. Huda, M.M., & Ahmadi. 2020. Konfigurasi Kāna Wa Akhawātuhā Padakitab Arbaîn Nawawiyah dalam Konteks Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Af'idah Vol. 4, No. 1.
  33. Nurdianto, T. 2017. Ilmu Nahwu Bahasa Arab. Yogya : LP3M.
  34. Rahardjo, M. 2018. Studi Teks dalam Penelitian Kualitatif.
  35. Rahmap. 2014. Aliran Basrah; Sejarah Lahir, Tokoh dan Karakteristiknya. At-Turats Vol. 8, No. 1.
  36. Ramadhan, A.T. 2020. Sejarah Generasi Awal Madrasah Nahwu Bashrah dan Pengaruhnya terhadap Metode Pengajaran Nahwu di Mesir. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains Vol.9, No. 2.
  37. Rauf, A. Z. 2004. Ushul Nahwi: Kajian tentang Dasar Bangunan Sintaksis Arab. Ulul Albab Vol. 5, No. 2.
  38. Rini. 2019. Ushul al-Nahwi al-Arabi : Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu. Arabiyatuna Vo. 3, No. 1.
  39. Rizal, E. 2021. Pemikiran Ibn Malik tentang Istisyhad dengan Hadis dalam Masalah Nahwu. Studi Arab Vol. 12, No. 2.
  40. Rohman, M.F. 2018. Kajian Historis; Periodisasi Tokoh Ilmu Nahwu Madzhab Basrah. Ummul Quro Vol. 9, No. 1.
  41. Rohman. M.K. 2008. Lantunan Bait Sentuhan Ruh. Jombang: Darul Hikmah.
  42. Sa'diyah, H., Abdurrahman, M., & Sopian, A. 2021. Pengaruh Madrasah Kufah dalam Kitab Nahwu yang diajarkan di Indonesia. HIJAI Vol. 4, No. 1.
  43. Sobari, D. 2014. Periodisasi Tokoh Ilmu Nahwu Aliran Basrah. Tamaddun Vol.14, No. 2.
  44. Sutaman. Syaf, M. N., & Hadi, N. 2023. Developing The Teaching Model For Matn Al-Jurumiyah Base On The Contrastive Study To Improve Reading Skill. IJAZ ARABI Vol. 6, No. 1.
  45. Yaqin, A. 2018. Metode Hafalan dalam Peningkatan Pemahaman Santri Terhadap Kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Riyadlotul ‘Uqul Nampudadi Petanahan Kebumen.
  46. Zaky, A. 2019. Ushul Nahwi Sejarah dan Perkembangannya. Waraqat Vol. 4, No. 1.
  47. Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  48. Zuchdi, D., & Afifah, W. 2019. Analisis Konten, Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika dalam Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.