Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab di sekolah yang paling krusial dan dominan agar akar permasahan tersebut menemukan solusi pemecahan demi berlangsungnya pembelajaran bahasa Arab yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Penulis mengumpulkan artikel dengan kata kunci pembelajaran bahasa Arab di sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab di sekolah didominasi oleh problematika non linguistik yang terdiri dari faktor guru dan siswa. Faktor guru yang menghambat adalah guru bahasa Arab yang tidak kompeten dan profesional. Sedangkan faktor siswa adalah rendahnya motivasi dan minat siswa belajar bahasa Arab.


This research aims to identify the most crucial and dominant issues in Arabic language learning in schools in order to find solutions that will facilitate the implementation of quality Arabic language education. The research employs a systematic literature review methodology. The author gathered articles using keywords related to Arabic language learning in schools. The results of the research indicate that the issues in Arabic language learning at schools are predominantly non-linguistic, consisting of teacher and student factors. The inhibiting teacher factor is the incompetence and lack of professionalism among Arabic language teachers. On the other hand, student factors include low motivation and interest in learning Arabic.

Keywords

pembelajaran bahasa Arab problematika sekolah Arabic language learning issues schools

Article Details

References

  1. Ahmad Solkan. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Falah Jakenan Pati. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 183–196. doi: 10.14421/edulab.2020.52-06
  2. Aliyya Laubaha, S., Yasin, Z., & Zikran Adam, M. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 98–108. doi: 10.58194/as.v1i2.475
  3. Amiruddin, A., & Fatmawati, F. (2018). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII SMP UNISMUH MAKASSAR. Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 27–39.
  4. Amirudin, N. (2017). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. TAMADDUN, 1–12. doi: 10.30587/tamaddun.v0i0.66
  5. Asbarin, A., & Amalia, N. N. (2022). Tantangan dan Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu. AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 19–28. doi: 10.30863/awrq.v3i2.3033
  6. Chasanah, U., & Prastowo, A. (2021). EVALUASI KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PERBAIKAN MUTU AKADEMIK DI MI MAMBAUL MA’ARIF. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 272–299. doi: 10.21274/taalum.2021.9.2.272-299
  7. Defiani, D. (2019). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Insan Mulia Batanghari. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(02), 215. doi: 10.32332/an-nabighoh.v21i02.1684
  8. Fajriyah, F. U. (2021). Problematika-Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 10(2), 397–413. doi: 10.52640/tajdid.v10i2.240
  9. Farid, F., & Hatami, M. H. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN KMA (KEPUTUSAN MENTERI AGAMA) NOMOR 183 TAHUN 2019 PADA MADRASAH TSANAWIYAH ARRAHMATUL ABADIYYAH BANJARMASIN. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama dan Bahasa, 12(1), 116–128. doi: 10.54214/alfawaid.Vol12.Iss1.210
  10. Fatah, A. (2017). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab (Respon, Tantangan Dan Solusi Terhadap Perubahan). Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1). doi: 10.21043/arabia.v8i1.1942
  11. Hamdah, L. (2022). Problematika Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII dalam Pembelajaran Bahasa Arab SMP IT Yapidh. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(1), 1–19. doi: 10.53038/tlmi.v1i1.8
  12. Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2015). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(3), 189–198. doi: 10.36722/sh.v2i3.145
  13. Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 1(2 December), 139–152. doi: 10.29240/jba.v1i2.286
  14. Mardiyah, T. (2017). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN. PERSPEKTIVE : Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 20–45.
  15. Pakihun, M., Ritonga, M., & Bambang, B. (2021). Problematika Pembelajaran Qiro’ah untuk Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Aur Duri Sumani Solok. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 159–182. doi: 10.18196/mht.v3i2.10883
  16. Parihin, P., Hidayah, N., Rusandi, H., & Nurlaeli, H. (2022). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. JURNAL MAHASANTRI, 2(2). doi: 10.57215/pendidikanislam.v2i2.150
  17. Setyowati, N. (2020). Problematika Pembelajaran Kitabah dan Tarjamah di Madrasah Ibtidaiyah. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 1(1), 32–42. doi: 10.37680/aphorisme.v1i1.323
  18. Siswanto, S. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21312. doi: 10.22435/bpsk.v13i4
  19. Supriadi, A., Akla, A., & Sutarjo, J. (2020). Problematika Pengajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah. An Nabighoh, 22(2).
  20. Suryadi Nasution. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Studi Arab, 12(2), 88–102. doi: 10.35891/sa.v12i2.2587
  21. Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1 May), 127–144. doi: 10.29240/jba.v3i1.764
  22. Takdir, T. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. doi: 10.47435/naskhi.v2i1.290
  23. Thoriq Nofiansyah, M., Yamani, Z., & Bamualim, M. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT DARUS SUNNAH SUMBAWA. Jurnal Al-Fawa’id: Jurnal Agama dan Bahasa, 12(2). doi: https://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol12.Iss2.291
  24. Vadhillah, S., Alimin, A., & Suharmon, S. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Mandi Tilatang Kamang. Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1). doi: 10.21043/arabia.v8i1.1941
  25. Yunisa, M. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 3(02), 63–79.
  26. Zakiah, N. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Islamiyah Kotabumi Lampung Utara. Indonesian Journal of Instructional Technology, 52–66.