Main Article Content

Abstract

Untuk memahami Al-Quran terdapat beberapa metode yang bisa digunakan, salah satunya adalah yang dianjurkan oleh Toshihiko Izutsu: metode semantik. Salah satu persoalan yang dibahas dengan metode semantik Tashihiko adalah bagaimana menginterpretasikan konsep Al-Quran tentang Nasihat dan wasiat melalui penggunaan semantik. Langkah yang akan digunakan meliputi pencarian makna dasar dan relasional yang kemudian mencari worldview dalam hal ini bagaimana Al-Quran menggunakan dua kata tersebut. Kata Nasihat beserta derivasi nya di sebutkan sebanyak 12 kali, sedangkan kata wasiat dan derivasinya disebutkan sebanyaak 26 kali dalam Al-Quran. Kata Nasihat yang diartikan sebagai kalimat yang mengungkapkan sebuah frasa berupa ajakan kepada orang yang diNasihati dan wasiat yang diartikan sebagai amanat dan pesan yang disambungkan dari pewasiat kepada penerima wasiat memiliki kedekatan makna.


There are several methods for understanding Al-Quran, one of which is encouraged bystoshihikosizutsu: semantics methods. Onesof the issues discussed bystashihiko'sssemantic method of semantics is how to interpret Al-Quran concepts of Nasihat and Wasiat the use of semantics. The move would involve a basic and relational search for worldview in this case how the Al-Quran uses the two words. The words of counselsswith its derivatives are 12 times mentioned, while the wills and derivatives are mentioned 26 timessin the Al-Quran. Thesword counsel is defined asa sentence expressing a phrase of invitation to the person recommended and the will defined asa commission and a message connected from the wills to the beneficiaries has a closeness to meaning

Keywords

Al-Qur'an Nasihat Semantik Toshiko Izutsu Wasiat Al-Quran semantics Toshihiko Izutsu

Article Details

References

  1. Ad-Dimasyqi, A. F. I. (2002). TerjemahsTafsir IbnusKatsir. Sinar Baru al-Gensindo.
  2. Ahmad Warson Munawwir. (1984). Kamus AlsMunawwir. pustaka progressif.
  3. Al-Qurtubi, A. A. M. bin. (n.d.). Ahmad.(1964). Tafsir Al-Qurtubi.
  4. Anis, I. (1972). Mu’jamulsWasit Al. DarulsMa’arif, Kahirah.
  5. Az-Zuhaili, W. (2014). Tafsir Al-Munir: sAqidah, Syari’ah, Manhaj.
  6. Azima, F. (2017). Issn 2549-8983. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman, I(1), 2–172.
  7. Chaer, A. (1990). PengantarssemantiksbahasasIndonesia. sRinekasCipta.
  8. Fuad’abd al Baqi, M. (1986). Al Mu’jamulsMufahrassLi AlfazhsAl Quran. Рипол Классик.
  9. Fahimah, S. (2020). Al-Quran dan Semantik Toshihiko Izutsu. Jurnal Al-Fanar, 3(2), 113–132. https://doi.org/10.33511/alfanar.v3n2.113-132
  10. Izutsu, T. (1964). God and Man in the Koran: Semantics of the Koranic Weltanschauung (p. 246).
  11. Hassan, A. (2010). Al-Furqan : tafsir Quran. Universitas Al-Azhar Indonesia.
  12. Izutsu, T. (2002). sEthico-Religious-Concepts-in-the-Quran-by-Toshihiko-Izutsu (pp. 195, 196).
  13. Jurjani, A. ibn M. al. (1988). at ta’rifat. Dar al Kutub al Ilmiah.
  14. Ma’Luf, L. (1986). Al-Munjid fi al-Lughah wa al-A’lam. Beirut: Dar Al-Masyriq, 60.
  15. Manzhur, I. (n.d.). Lisanul Arab. Darul Fikri.
  16. Muhyidin Addarusi. (1980). إعراب القرءان الكريم. Dar Ibnu Katseer..
  17. Siregar, A. sB. . (2021). sPendekatansPendidikan Anak : sKeteladanan , NasehatsdansPerhatian. sJournal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1–8.
  18. TimsPenyusunsPusatsBahasa. (2008). KamussBahasasIndonesia. Departemen Pendidikan sNasional. DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL.
  19. داود, م. م. (n.d.). معجم الفروق الدلالية في القرءان الكريم. دار غريب.
  20. عبد الغني أبو العزم. (2013). معجم الغني الزاهر. مؤسسة الغني للنشر.