Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bermula dari persoalan belum efisiensinya model pembelajaran Bahasa Arab pada mahasiswa PAI karena masih bersifat belum menyeluruh dan masih banyak pendidik yang menerapkan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui selama ini bagaimana penerapan model dan kendala pembelajaran Bahasa Arab pada mahasiswa PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Alat pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan triangulasi melalui penyajian data, Reduksi data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Bahasa Arab Basis kooperatif jigsaw pada mahasiswa PAI adalah Terdapat peningkatan dalam pembelajaran dikelas dibuktikan dengan munculnya kolaborasi antar peserta didik untuk memecahkan masalah dan pertukaran informasi antar kelompok, dapat meningkatkan kemampuan mengambil keputusan, melatih rasa percaya diri. Sedangkan kendalanya adalah perbedaan tingkat pemahaman antara mahasiswa yang satu dengan yang lain, mampu menyebabkan ketergantungan antara individu.


This research begins with the problem of the absence of an the Arabic language learning model for PAI students because it is still not comprehensive and many educators still apply conventional methods. The aim of this research is to find out so far how the Arabic Language learning model and obstacles have been applied to PAI students. This research uses a qualitative descriptive research method. Data collection tools use observation, interviews. The data analysis technique uses triangulation through data presentation, data reduction, drawing conclusions. The results of the research show that the application of the jigsaw cooperative Arabic language learning model for PAI students is that there is an increase in learning in the classroom as evidenced by the emergence of collaboration between students to solve problems and exchange information between groups, can improve decision-making abilities, train self-confidence. Meanwhile, the obstacle is the difference in the level of understanding between one student and another, which can cause dependency between individuals.

Keywords

Model Pembelajaan Bahasa Arab Kooperatif Jigsaw Mahasiswa PAI

Article Details

References

  1. Agung, P, dan M Sutji. 2022. “Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik dan Inovatif Abad 21 pada Materi Gelombang dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMKN 1 Dukuhturi.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan. https://cakrawala.upstegal.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/178.
  2. Akmalia, A, dan N D Cahyani. 2021. “Strategi Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah.” … Konferensi Nasional Bahasa Arab. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/998.
  3. Apriyanti, T. 2021. “PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE JIGSAW.” DIDAKTIKA AULIA. http://jurnal.staiaulia.ac.id/index.php/DIDAKTIKA/article/view/50.
  4. Assya’bani, R, dan M Majdi. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah …. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/903.
  5. Baroroh, R Umi, dan Fauziyah Nur Rahmawati. 2020. “Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181.
  6. Hamdani, A D, N Nurhafsah, dan ... 2022. “Inovasi pendidikan karakter dalam menciptakan generasi emas 2045.” JPG: Jurnal Pendidikan …. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/7291.
  7. Martin, R, dan M M Simanjorang. 2022. “Pentingnya peranan kurikulum yang sesuai dalam pendidikan di indonesia.” Prosiding Pendidikan Dasar. journal.mahesacenter.org. http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/download/180/90.
  8. Mawikere, M C S. 2022. “Model-Model Pembelajaran.” EDULEAD: Journal of Christian Education and …. http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/article/view/91.
  9. Mursalin, Hisan, Endin Mujahidin, dan Tatang Hidayat. 2023. “ANALISIS KONSEP TAZKIYATUN NAFS AHMAD ANAS KARZON UNTUK PESERTA DIDIK.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (1): 133–50. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3967.
  10. Santoso, T. 2022. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Metodologi Penelitian Kualitatif. repository.petra.ac.id. https://repository.petra.ac.id/19963/1/Publikasi1_85005_8485.pdf.
  11. Sappaile, B I, Z Ahmad, IPAD Hita, G Razali, dan ... 2023. “Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik?” Journal On …. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3830.
  12. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 28 ed. Bandung: Alfabeta.