Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini bertujuan menganalisis soal pada ASAS Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Arab peserta didik kelas IX MTs Minhajul Haq Purwakarta tahun pelajaran 2023-2024 dari aspek kebahasaan serta menawarkan inovasi bentuk tes kebahasaan untuk melengkapi kekurangan yang ditemukan selama proses analisis berlangsung. Mini riset ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif analisis melalui teknik analisis konten yang memuat bentuk penilaian melalui tes kebahasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tes kompetensi kebahasaan mencakup tes gramatikal dan tes kosakata serta morfologi, kemampuan berbahasa hakikatnya dipengaruhi oleh aspek kompetensi kebahasaan. 2) Kompetensi kebahasaaraban pada soal ASAS Ganjil peserta didik kelas IX MTs Minhajul Haq Purwakarta tahun pelajaran 2023-2024 masih kurang bervariasi yakni hanya dengan mengandalkan soal pilihan ganda dan esai saja, dan juga memperbanyak soal diskret, sehingga tidak membentuk peserta didik untuk berpikir secara HOTS . 3) Peneliti menawarkan inovasi bentuk tes kebahasaan yang dikutip dari beberapa pakar pengajar bahasa Arab dalam bukunya untuk melengkapi kekurangan, di antaranya ialah penambahan bentuk tes penguasaan struktur morfologi dalam teks dan tes penyusunan teks.

Keywords

Tes Gramatikal Tes Kebahasaan Tes Kosakata

Article Details

References

  1. Anam, I. (n.d.). Fa’aliyah at-thariqah as-syamsyah as-safahiyah fi-at tadris al-Qawaid an-anhwiyah lada talamidz as-shafil awwal fi Madrasah Fatahilah al-Muthawassilah al-Islamiyah fi Jakarta al-Janubiah 6c Islahul Anam.
  2. Andriani, R. S. (2014). Tes Kebahasan. Educate, 3(2).
  3. Ba’labaki, R. M. (1990). Mu’jam al-Musthalahat al-Lughawiyah. Beirut: Dar al-‘Ilm Li al-Malayin.
  4. Burhan, N. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.
  5. Hermawan, A. (2021). Penilaian pembelajaran Bahasa Arab: prinsip dan operasionalisasi.
  6. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Islam, A. M. S. (2015). Faktor demotivasi pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif siswa
  8. Madrasah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban,2(1), 1-16
  9. Khalid, M. A. (1996). Ikhtibarat al-Lughah. Riyad: Jami’ah al-Malik Sa’ud.
  10. Maftuhati, M., Musyafa’ah, N., & Maulidya, S. (2021). The Implementation of Preparing Test
  11. Items for the Elements of the Arabic Language (Phonology, Vocabulary, and structures)/ (الأصوات والمفردات والتراكيب) تطبيق إعداد بنود الاختبار لعناصر اللغة العربية Al-Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pengajarannya= Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 5(2), 165–186.
  12. Mualif, A. (2020). ORISINALITAS DAN ELASTISITAS KOSAKATA DALAM BAHASA
  13. ARAB. ْلسـانـنـا)LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(1), 40–
  14. 51.
  15. Muryati, S., & Astuti, B. S. (2020). Penggunaan Strategi Penerjemahan Kosakata Budaya Jawa
  16. Tengah Berbahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jepang dalam Media Informasi Pariwisata.
  17. Jurnal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review), 7(2), 204–210.
  18. Rifa’i, A. (2021). Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.
  19. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 60–74.
  20. Rumilah, S., & Cahyani, I. (2020). Struktur bahasa; pembentukan kata dan morfem sebagai
  21. proses morfemis dan morfofonemik dalam bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa
  22. Indonesia, 8(1), 70–87.
  23. Semiawan, C. R. (2010). Metode mini riset kualitatif. Grasindo
  24. Syarifah, A. W. A. (2018). Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri
  25. Program Keagamaan (MANPK) MAN 3 Makassar. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 6(1), 38–
  26. 49.
  27. Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis.
  28. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72.
  29. Yusuf, M. (2019). Pendekatan Humanis Dalam Tes Pengajaran Bahasa Arab. Alsina: Journal
  30. of Arabic Studies, 1(2), 229–250