Main Article Content
Abstract
Media aplikasi TikTok merupakan sebuah jaringan yang berbentuk platform vidio musik yang sudah banyak digunakan masyarakat dunia. Salah satunya warga kita masyarakat Indonesia yang sudah tidak asing lagi dikenal. Media tersebut sudah menjadi makanan sehari hari bagi masyarakat Indonesia yang dimanfaatkan sebagai hiburan, menambah pengetahuan, update konten, dan juga mencari pendapatan uang. Saat ini media tersebut sangat ramai, termasuk warga masyarakat kita yang gemar sekali dalam mengeluarkan komentar komentar sehingga sangat membantu viralnya suatu konten konten, terutama konten yang terbaru atau berita yang hangat diperbincangkan di masyarakat kita. Kali ini peneliti ingin menganalisis terkait konten di media TikTok terkait konten Quotes Aesthetic bahasa Arab yang digunakan sebagai pengungkap ekspresi perasaan seseorang. Tujuan peneliti mengambil penelquoitian ini, karena banyak anak muda yang biasanya sulit untuk melampiaskan perasaan hatinya, maka biasanya seorang pemuda ataupun kebanyakan akhwat dengan nalurinya membuat konten ataupun menikmati konten konten di media TikTok dalam mengekspresikan isi hatinya. Pada penelitian kali ini, peneliti berfokus pada pengguna media TikTok dalam memahami ungkapan perasaan seseorang engan konten Quotes Aesthetic bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif Deskriptif yaitu dengan teknik pengumpulan data: wawancara, angket, dan observasi. Hasil dan pembahasan bahwa konten Quotes Aesthetic bahasa Arab pada media TikTok pertama, sangat menarik perhatian, terutama pemuda yang sedang mencari jati diri kemudian dalam melampiaskan perasaan hatinya. Kemudian mereka lebih tertarik dengan mengungkapkan perasaannya dengan Quotes yang menurut mereka menggambarkan apa yang mereka sedang rasakan. Kedua, konten Quotes Aesthetic bahasa Arab juga memudahkan kita belajar bahasa Arab lewat puisi, syair, maupun ayat al Qur’an yang indah. Ketiga, Quotes Aesthetic bahasa Arab dapat menarik perhatian suatu konten sehingga dapat meramaikan like, komentar pada pengguna media sosial terlebih pada media TikTok.
The TikTok media application is a network in the form of a music video platform that is widely used by people around the world. One of them is our Indonesian people who are already well known. This media has become daily food for Indonesian people, which is used for entertainment, increasing knowledge, updating content, and also earning money. Currently, the media is very busy, including members of our society who are very fond of making comments, so it really helps the viral content of content, especially the latest content or news that is hotly discussed in our society. This time the researcher wants to analyze the content on TikTok media regarding the content of Arabic aesthetic quotes which are used to express someone's feelings. The aim of the researcher in taking this research is because many young people usually find it difficult to express their feelings, so usually young people or most female students instinctively create content or enjoy content on TikTok media to express their feelings. In this study, researchers focused on TikTok media users in understanding someone's expression of feelings using Arabic aesthetic quotes content. The method used in this research is the descriptive quantitative method, namely data collection techniques: interviews, questionnaires and observation. The results and discussion show that the Arabic Aesthetic Quotes content on the first TikTok media really attracted attention, especially young people who were looking for their identity and then venting their feelings. Then they are more interested in expressing their feelings with quotes which they think describe what they are feeling. Second, the Arabic aesthetic Quotes content also makes it easier for us to learn Arabic through poetry, poems and beautiful verses from the Qur'an. Third, Arabic aesthetic quotes can attract attention to content so that it can enliven likes and comments on social media users, especially on TikTok media.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Aidah Novianti Putri, and Moh. Abdul Kholiq Hasan, ‘Penerapan Kecerdasan Buatan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0’, Tarling : Journal of Language Education, 7.1 (2022)
- Ghofur, Abdul, ‘Dinamika Kajian Pendidikan Bahasa Arab Dalam Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab’, Arabiyatuna, 1.1 (2017)
- Hasan, ‘Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Pinba Xiii 2021, 2021
- Hidayah, Nur, ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI TIK TOK Nur Hidayah’, Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 2022
- Jaili, Hambali, and Nurul Majeedah Hamdan, ‘Strategi Pengajaran Mufradat (Kosa Kata) Bahasa Arab Di Sekolah-Sekolah Ugama Negara Brunei Darussalam’, E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik (e-JBL), 5.1 (2023)
- Jasni, Siti Rohani, Suhaila Zailani, and Hakim Zainal, ‘Pendekatan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Journal of Fatwa Management and Research, 2019
- Karami, Vika Elvira, Ud’uni Yulita Rachmayanti, and Izzatur Rif’ah, ‘Penggunaan Aplikasi Berbasis Audio Visual ( Youtube Dan Tiktok ) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab’, Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021, 5 (2021)
- Nisa, Rizki Hayatun, Dewi Utami, and Fikri Halfia Ramadlan, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.1 (2023)
- Priantiwi, Tiara Nurfingkan, and Maman Abdurrahman, ‘Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.3 (2023)
- prof. dr. sugiyono, ‘Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. Intro ( PDFDrive ).Pdf’, Bandung Alf, 2011
- Sakdiah, Nikmatus, and Fahrurrozi Sihombing, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Arab’, Jurnal Sathar, 1.1 (2023)
- Sugiyono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN, Bandung:Alfabeta, 2019
- ‘Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.’, Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta., 2018
- Takdir, Takdir, ‘METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB’, Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1.1 (2019)
- Tamaji, Sampiril Taurus, ‘Analisis Teori Psikolinguistik Dalam Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab’, Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 1.1 (2020)