Main Article Content

Abstract

Efikasi diri merupakan hal yang sangat penting bagi seorang guru bahasa arab, karena akan mempengaruhi  keberhasilannya dalam mengajar. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplore efikasi guru bahasa arab di wilayah jember untuk menjadi guru penggerak. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif deskriptif . penentuan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel yang diambil adalah guru di MA Al-Qodiri Jember berjumlah 3 guru. Analisis data menggunakan teori analisis miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan Efikasi diri merupakan hal penting yang harus dimliki oleh guru. Satu dari tiga guru bahasa arab MA Al-Qodiri telah memiliki efikasi diri yang baik dalam semua apek, dan dua guru dengan efikasi diri yang kurang. Hal ini karena kurangnya pengalaman dalam mengajar dan satu guru belum memenuhi kualifikasi akademik yang memadai. Guru yang memiliki Efikasi diri yang baik dalam penguasaan materi bahasa arab akan menjadikannya yakin saat mengajar. Sedang Efikasi yang perlu ditingkatkan oleh sebagian guru bahasa arab MA Al-Qodiri yaitu keyakinan memiliki keterampilan yang cukup dalam mengajar bahasa arab yang efektif dan keyakinan meningkatkan pencapaian siswa dalam belajar.


Self-efficacy is very important for an Arabic language teacher because it will influence his success in teaching. The purpose of this article is to explore the efficacy of Arabic language teachers in the Jember area to become driving teachers. This research uses a descriptive qualitative approach. Determining the sample using a purposive sampling technique. The samples taken were 3 teachers at MA Al-Qodiri Jember. Data analysis uses Miles and Huberman's analysis theory. The research results show that self-efficacy is an important thing that teachers must have. One in three MA Al-Qodiri Arabic language teachers has good self-efficacy in all aspects, and two teachers have less self-efficacy. This is due to a lack of experience in teaching and one teacher does not meet adequate academic qualifications. Teachers who have good self-efficacy in mastering Arabic language material will be confident when teaching. Medium The efficacy that some MA Al-Qodiri Arabic language teachers need to improve is the belief in having sufficient skills in teaching Arabic effectively and the belief in increasing student achievement in learning.

Keywords

Efikasi Diri Guru Bahasa Arab Guru Penggerak Arabic Language Teacher Mobilization Teacher Self-Efficacy

Article Details

References

  1. Admin Jember Today. 2023. “Lewat PGP Bupate Hendy Ingin Seluruh Guru Menjadi Guru Penggerak Untuk Majukan Pendidikan Jember.” Jember Today, July 2023.
  2. Anwar, Khoirul, Sholihatul Atik Hikmawati, Hufron. 2022. “Self Efficcay Calon Guru Bahasa Arab.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4 (1). file:///C:/Users/PC/Downloads/admin,+4.+Self-Efficacy+Calon+Guru+Bahasa+Arab.pdf.
  3. Bandura, A. 1986. Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall, Inc.
  4. Kholison, Mohammad dan Risma Fahrul Amin. 2018. Aneka Permainan Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab. Malang: Lisan Arabi.
  5. Menteri Pendidikan Nasional RI. 2007. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_16_07.pdf.
  6. Nuha, U. n.d. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
  7. Sibagariang, Dahlia, Hotma Ulina Sitohang, Erni Murniati. 2021. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Pendidikan 4 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53.
  8. Zagoto dan Sri Florina Laurence. 2019. “Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 2 (2). https://doi.org/10.31004/JRPP.V2I2.667.