Main Article Content
Abstract
Agama Islam mempunyai dua pedoman yaitu Al- Qur’an dan Hadis. Kedua pedoman tersebut berbahasa Arab. Kitab “Matan Arba’in Wa Tatimmatu Al- Khamsin” merupakan salah satu kitab hadis yang mengandung hal- hal penting dan peringatan untuk menjalankan semua ketaatan. Selain itu menurut pengamatan penulis materi yang dianggap sulit oleh mahasiswa IAIN Bengkulu khususnya Program Pendidikan Bahasa Arab adalah pemahaman terhadap konsep Jamak Taksir. Hal inilah yang menjadi dasar peneliti untuk meneliti Jamak Taksir dalam Kitab “Matan Arba’in Wa Tatimmatu Al- Khamsin”. Dalam penelitian yang penulis lakukan ini terdapat beberapa poin yang yang dapat di rumuskan: 1. Wazan Jamak Taksir dan Mufradnya, 2. Proses Perubahan Wazan Jamak Taksir, 3. Makna dari Wazan Jamak Taksir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Wazan- wazan shighat mufrad, proses perubahan serta makna- makna Jamak Taksir yang ada di dalam Kitab tersebut. Dalam memperoleh data penelitian ini termasuk ke dalam penelitan pustaka (Library Reseach). Artinya penelitian yang dilakukan dengan cara menelaah dan mengkaji berbagai literatur serta bahan- bahan kepustakaan yang sesuai dengan tema penelitian. Sementara dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif analitik. Yakni memecahkan problem dengan menggambarkan objek berdasarkan fakta- fakta yang ada, menganalisisnya, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis. Dari hasil analisis Jamak Taksir dalam Kitab “Matan Arba’in Wa Tatimmatu Al- Khamsin” peneliti menemukan 69 wazan Jamak Taksir. Jamak Taksir Qillah ada 15 yang mencakup wazan أَفْعَالٌ dan أَفْعِلَةٌ . Jamak Taksir Katsrah ada 43 yang mencakup wazan فُعُلٌ, فِعَالٌ, فُعُوْلٌ, أَفْعِلَاءُ فُعَلَاءُ, فِعْلَانٌ, فُعَلٌ. Jamak Taksir Shighat Muntaha al- Jumu’ ada 11 yang mencakup wazan فَعَائِلُ, فَعَالَى, فَوَاعِلُ, مَفَاعِلُ. Adapun proses perubahan dari setiap jamak taksir bermacam- macam yakni ada yang dengan penambahan huruf dan penggantian harakat, penambahan huruf dan penggantian huruf, Pembuangan huruf dan dan penggantian harakat, Penggantian huruf dan harakat serta pembuangan huruf.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Drs. H. Ahmad Izzan, M.Ag, Maret 2011,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: Humaniora, Cet- 4
- Dr. Tohirin, 2013,Metode Kualitatif dalam Pendidikan dan Konseling, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, Cet- 3
- Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M. Pd, April 2014, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, Cet- 11
- V. Wiratna Sujarweni, 2014, Metodologi Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Baru Press, Cet- 1