Main Article Content
Abstract
Pembelajaran maharoh qiro’ah merupakan aspek yang signifikasinya dalam memahami teks kajian berbahasa arab, dalam hal ini memerlukan pendekatan yang efisien untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu teknik yang terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah metode jigsaw. Agar terciptanya pembelajaran maharoh qiroah yang berbasis metode jigsaw maka diperlukan analisis gaya belajar siswa secara komperehensif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran maharoh qiroah dengan menggunakan metode jigsaw. Pendekatan ini melibatkan pembelajaran bersama di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil positif untuk menyelesaikan masalah dan berbagi hasilnya dengan kelompok lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan angket. Hasilnya menunjukkan adanya variasi dalam gaya belajar siswa, teridentifikasi 7 jenis kecerdasan dalam pembelajaran ini, diantaranya adalah verbal-linguistik, visual-spasial, kinestetik, irama-musical, logis-matematis, intrapersonal dan interpersonal. Selanjutnya, dalam pembelajaran maharoh qiroa’ah menggunakan metode jigsaw memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkolaborasi dalam kelompok kecil yang positif, memperhatikan perbedaan gaya belajar di antara anggota kelompok, dan mendukung pemahaman yang lebih baik melalui diskusi dan kerjasama.
Maharoh qiro'ah learning is a significant aspect in understanding Arabic study texts, in this case it requires an efficient approach to improve students' understanding. One technique that has been proven effective in increasing students' understanding is the jigsaw method. In order to create maharoh qiroah learning based on the jigsaw method, a comprehensive analysis of student learning styles is needed. The aim of this research is to analyze students' learning styles in learning maharoh qiroah using the jigsaw method. This approach involves collaborative learning where students work in small, positive groups to solve problems and share the results with the rest of the group. This research uses qualitative methods with data collection techniques including interviews, observation and questionnaires. The results show that there are variations in students' learning styles, 7 types of intelligence were identified in this learning, including verbal-linguistic, visual-spatial, kinesthetic, rhythmic-musical, logical-mathematical, intrapersonal and interpersonal. Furthermore, learning maharoh qiroa'ah using the jigsaw method provides opportunities for students to collaborate in positive small groups, pay attention to differences in learning styles between group members, and support better understanding through discussion and collaboration.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Ahmad, Zainal Arifin. 2015. “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE.” al-Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1 (1): 1–22. https://doi.org/10.14421/almahara.2015.011-01.
- Akmalia, Afifah, dkk. 2021. “STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, no. 7 (October): 432–44. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/998.
- Chatib, Munif. 2014. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Spesial Dan Semua Anak Juara. Mizan - Kaifa.
- Fitriyanti, Efi Nur, dkk. 2020. “PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH TERHADAP PEMAHAMAN BUDAYA ARAB.” International Conference of Students on Arabic Language 4 (0): 61–74. https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/579.
- Ghozali, M. Dzikrul Hakim Al, and Mustamim. 2023. “MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BASIS KOOPERATIF JIGSAW PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Ukazh: Journal of Arabic Studies 4 (2): 550–59. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i2.860.
- Hafizha, Dina, dkk. 2022. “ANALISIS PEMAHAMAN GURU TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA DI SDN 020 RIDAN PERMAI.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 8 (1): 25–33. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/15041.
- Hurit, Roberta Uron, dkk. 2021. Belajar dan Pembelajaran. MEDIA SAINS INDONESIA.
- Izzah, Meladia Aqidatul, Ali Ma’sum. 2021. “PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH UNTUK SISWA KELAS X MA ALMAARIF SINGOSARI.” Jolla: Journal of Language, Literature, and Arts 1 (8): 1081–94. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094.
- jasmine, julia. 2019. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.
- Muali, Chusnul. 2016. “KONSTRUKSI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH BELAJAR.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 3 (2). Https://Doi.Org/10.33650/Pjp.V3i2.119.
- Setiawati, Lilis. 2019. “PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 6 (2): 140–50. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5180.
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sumiyati, dkk. 2021. “IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAI AL-MAARIF SINGOSARI MALANG.” Vicratina : Jurnal Ilmiah Keagamaan 6 (3): 44–52. http://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/11736.
- Syafe’i, Isop. 2020. “PENERAPAN METODE TARKIBIYYAH TAHLILIYAH DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1 (1): 43–48. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.725.
- Wulan, Sri. 2023. “KONSEP PENDIDIKAN MULTIPLE INTELLIGENCES DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM.” Journal on Education 5 (3): 7721–39. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1558.
- Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegences. Pertama. jakarta: dian rakyat.