Main Article Content

Abstract

Penguasaan kosakata (mufradat) merupakan komponen penting dalam mempelajari bahasa Arab. Pondok Hajjah Nuriyah Shabran mewajibkan mahasiswanya untuk berbahasa Arab di lingkungan pesantren, sehingga strategi pembelajaran mufradat menjadi hal yang penting untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran mufradat bagi mahasiswa di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran dengan menggunakan klasifikasi strategi dari Rebecca L. Oxford. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 31 mahasiswa Pondok Hajjah Nuriyah Shabran semester 2, serta wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah bahasa Arab dan musyrif atau pendamping mahasiswa di asrama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa adalah strategi kompensasi (58,72%), diikuti oleh strategi afektif (54,86%), kognitif (49,68%), memori (49,07%), dan sosial (46,44%). Sementara itu, strategi metakognitif merupakan strategi yang paling jarang digunakan (40,66%). Mahasiswa Pondok Hajjah Nuriyah Shabran cenderung lebih sering menggunakan strategi kompensasi, afektif, kognitif, dan memori dalam mempelajari kosakata baru, sementara strategi sosial dan metakognitif masih kurang populer di kalangan mahasiswa.


Mastery of vocabulary (mufradat) is an important component in learning Arabic. Pondok Hajjah Nuriyah Shabran requires its students to speak Arabic in the Islamic boarding school environment, so the mufradat learning strategy is an important thing to study. This research aims to explore mufradat learning strategies for students at Pondok Hajjah Nuriyah Shabran using Rebecca L. Oxford's strategy. This research uses a mixed method with a qualitative and quantitative descriptive approach. Data was collected through questionnaires distributed to 31 students of Pondok Hajjah Nuriyah Shabran semester 2, as well as interviews with lecturers who taught Arabic and musyrif courses or student companions in the dormitory. The results showed that the strategies most frequently used by students were compensatory strategies (58.72%), followed by affective strategies (54.86%), cognitive (49.68%), memory (49.07%), and social. (46.44%). Meanwhile, metacognitive strategies are the least frequently used strategies (40.66%). Students at Pondok Hajjah Nuriyah Shabran tend to use compensatory, affective, cognitive and memory strategies more often in learning new vocabulary, while social and metacognitive strategies are still less popular among students.

Keywords

Mufradat Pembelajaran Rebecca Oxford Strategi

Article Details

References

  1. Abdul Fikri, and Irwandi. 2024. “Malaysian Students’ Vocabulary Learning Strategies in Acquiring English as Second Language.” English Journal Literacy Utama 8 (1): 57–63. https://doi.org/10.33197/ejlutama.v8i1.238.
  2. Al-Faris, Suhair, and Basim Yahya Jasim. 2021. “Memory Strategies and Vocabulary Learning Strategies: Implications on Teaching and Learning Vocabulary.” Journal of Humanities and Social Sciences Studies 3 (10): 11–21. https://doi.org/10.32996/jhsss.2021.3.10.2.
  3. Astuti, Widi. 2016. “Berbagai Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 5 (2): 177–91.
  4. Jamiatunnur, Ritonga Mahyudin, and Hanomi. 2022. “Systemic Review of Mufradat Learning Strategies.” Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 7 (2): 119–36.
  5. Kusumawati, Tri Indah. 2022. “Berbagai Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) 2 (2): 138. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2091.
  6. Mahyudin, Erta, and Dewi Afifah Alihsan. 2023. “Penerapan Strategi Pembelajaran Elaborasi Untuk Peningkatan Penguasaan Mufradat Di Madrasah Tsanawiyah.” Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 4 (1): 59–77. https://doi.org/10.52593/klm.04.1.04.
  7. Mulyani, Sri. 2020. “Language Learning Strategies of Successful EFL Learners.” International Journal in Applied Linguistics of Parahikma 2 (1): 31–39.
  8. Nurfadilah, Siti, and Dori Lukman Hakim. 2019. “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika.” Prosiding Sesiomadika 2 (1e). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990.
  9. Oxford, Rebecca L. 1990. Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. Boston: Heinle and Heinle Publisher.
  10. Pisal, Nadhilah Abdul, and Kamarul Shukri Mat Teh. 2019. “KAJIAN RINTIS STRATEGI PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB.” E-Bangi Journal 16 (7): 1–12.
  11. Rachman, Suparman. 2014. “STRATEGI PEMBELAJARAN BUNYI DAN MUFRODAT.” Jurnal At-Tajdid 3 (2): 113–33.
  12. Rahmawati, Rina Dian, and Amrini Shofiyani. 2020. “STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS.” Jurnal Education and DevelopmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan 8 (3): 298–303.
  13. Rohayati, Dedeh. 2018. “ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING.” MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 1 (3): 269. https://doi.org/10.25157/ma.v1i3.47.
  14. Saragih, Septa Lestari, and Amitya Amitya Kumara. 2009. “Penggunaan Strategi Belajar Bahasa Inggris Ditinjau Dari Motivasi Intrinsik Dan Gaya Belajar.” In . https://api.semanticscholar.org/CorpusID:172172186.
  15. Sihotang, Robenna, Rudi Afriazi, and Imranuddin. 2017. “VOCABULARY LEARNING STRATEGIES APPLIED BY THE STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF BENGKULU UNIVERSITY.” Journal of English Education and Teaching (JEET) 1 (1): 86–96.
  16. Tamsil, Irvan Maulana. 2020. “ANALISIS METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BERBASIS PENDEKATAN KOGNITIF.” Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics 2 (1). https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i1.1783.
  17. Taubah, Miftachul. 2019. “Maharah Dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Studi Arab 10 (1): 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765.
  18. Wahyudin, Achmad Yudi, Reza Pustika, and Marta Widiawitasari Simamora. 2021. “VOCABULARY LEARNING STRATEGIES OF EFL STUDENTS AT TERTIARY LEVEL.” The Journal of English Literacy Education: The Teaching and Learning of English as a Foreign Language 8 (2): 101–12. https://doi.org/10.36706/jele.v8i2.15647.
  19. Waruwu, Marimu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7: 2896–2910.