Main Article Content

Abstract

Menulis merupakan bagian integral dari keterampilan berbahasa. Sebagai salah satu komponen keterampilan linguistik, proses menulis atau mengarang dianggap sebagai suatu kegiatan yang kompleks. Kegiatan menulis merupakan salah satu bentuk komunikasi linguistik yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Tulisan terdiri dari rangkaian huruf yang membentuk makna, dilengkapi dengan berbagai aspek seperti ortografi dan infleksi.  Keterampilan menulis atau menulis dalam bahasa Arab merupakan kemahiran akhir dari empat keterampilan berbahasa Arab, yaitu keterampilan mengingat, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan menulis dalam bahasa Arab yang sangat kompleks dan terbagi dalam tiga kategori: kaligrafi (kaligrafi), dikte (dikte), dan komposisi (komposisi).

Keywords

Pengembangan Strategi Mahad Al-Jamiah UIN SGD

Article Details

References

  1. Bugin, B. (2010). Penelitian Kualitatif. Kencana.
  2. Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Rineka Cipta.
  3. Hidayat, A. (2012). Bi’ah Lughowiyah (Lingkungan Berbahasa) Dan Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 35–43.
  4. Bugin, B. (2010). Penelitian Kualitatif. Kencana.
  5. Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Rineka Cipta.
  6. Hidayat, A. (2012). Bi’ah Lughowiyah (Lingkungan Berbahasa) Dan Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 35–43.
  7. Islamiyati, D., & Ammar, F. M. (2023). Challenges and Solutions in Maharah Kalam Learning: A Qualitative Study in an Islamic Junior High School in Sidoarjo, Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Studies, 11(2), 11–12.
  8. Moeleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Muhammad Dalle & Muhammad Jundi. (2021). Lingkungan Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(2), 57–68. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i2.662
  10. Rivai, A., Lundeto, A., Ponny, M. R., & Piliang, I. P. (2021). Pembiasaan Berbahasa Arab Melalui Lingkungan Berbahasa Di Pondok Pesantren Assalam Manado. Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis, 3(2), 19–26.
  11. Shidqi, M. H., & Mudinillah, A. (2021). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN BERBAHASA BAGI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Education and development, 9(3), 170–176.
  12. Sugiono, S. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3 ed.). Alfabeta.
  13. Suryabrata, S. (2013). Metodelogi Penelitian. Raja Grafindo.