Main Article Content
Abstract
Menulis merupakan bagian integral dari keterampilan berbahasa. Sebagai salah satu komponen keterampilan linguistik, proses menulis atau mengarang dianggap sebagai suatu kegiatan yang kompleks. Kegiatan menulis merupakan salah satu bentuk komunikasi linguistik yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Tulisan terdiri dari rangkaian huruf yang membentuk makna, dilengkapi dengan berbagai aspek seperti ortografi dan infleksi. Keterampilan menulis atau menulis dalam bahasa Arab merupakan kemahiran akhir dari empat keterampilan berbahasa Arab, yaitu keterampilan mengingat, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan menulis dalam bahasa Arab yang sangat kompleks dan terbagi dalam tiga kategori: kaligrafi (kaligrafi), dikte (dikte), dan komposisi (komposisi).
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Bugin, B. (2010). Penelitian Kualitatif. Kencana.
- Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Rineka Cipta.
- Hidayat, A. (2012). Bi’ah Lughowiyah (Lingkungan Berbahasa) Dan Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 35–43.
- Bugin, B. (2010). Penelitian Kualitatif. Kencana.
- Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Rineka Cipta.
- Hidayat, A. (2012). Bi’ah Lughowiyah (Lingkungan Berbahasa) Dan Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 35–43.
- Islamiyati, D., & Ammar, F. M. (2023). Challenges and Solutions in Maharah Kalam Learning: A Qualitative Study in an Islamic Junior High School in Sidoarjo, Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Studies, 11(2), 11–12.
- Moeleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
- Muhammad Dalle & Muhammad Jundi. (2021). Lingkungan Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(2), 57–68. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i2.662
- Rivai, A., Lundeto, A., Ponny, M. R., & Piliang, I. P. (2021). Pembiasaan Berbahasa Arab Melalui Lingkungan Berbahasa Di Pondok Pesantren Assalam Manado. Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis, 3(2), 19–26.
- Shidqi, M. H., & Mudinillah, A. (2021). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN BERBAHASA BAGI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Education and development, 9(3), 170–176.
- Sugiono, S. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3 ed.). Alfabeta.
- Suryabrata, S. (2013). Metodelogi Penelitian. Raja Grafindo.