Main Article Content

Abstract

Abstrak


Pendidikan memang sangat dibutuhkan untuk menentukan keberhasilan dalam dunia pendidikan, apalagi dengan adanya perubahan zaman yang sangat cepat, sudah semestinya  para pendidik berpikir lebih keras untuk bisa memanfaatkan waktu bagaimana memberikan pendidikan yang terbaik sebagai wasilah atau perantara keberhasilan mendidik anak-anak dalam dunia pendidikan. Banyak sekali dari para ahli pendidikan yang memikirkan dan berpendapat bagaimana pendidikan yang terbaik, tapi setidaknya ada empat unsur yang menjadi syarat berdirinya pengajaran dan mestinya menjadi sorotan serius biar pendidikan bisa kerjalan dengan baik, seperti halnya pendidik, peseta didik, ilmu yang akan diberikan kemudian metode yang digunakan dalam menyampaikan ilmu. Agar lebih spesifik maka penulis hanya akan mengambil bagaimana Model pendidikan bercorak teknologi. Karena model pendidikan bercorak teknologi merupakan hal yang vital atau harus diketahui dan dipahami oleh setiap lembaga pendidikan, sehingga output yang dihasilkan bisa mendapatkan hal yang sempurna sebagaimana dengan visi misi yang sudah direncanakan oleh setiap lembaga pendidikan Hal ini yang memotivasi penulis untuk mengungkapkan lebih dan  bagaimana model pendidikan bercorak teknologi yang baik, baik menurut ilmuan barat, maupun yang sesuai dengan Al-Quran


Abstract


Education is needed to determine success in the world of education, especially with the rapidly changing times, educators should think harder to be able to take advantage of the time how to provide the best education as a spiritualist or an intermediary for the success of educating children in the world of education. There are so many education experts who think about the best education, but at least there are four elements that are the conditions for the establishment of teaching and should be a serious spotlight so that education can run well, they are educators, students, knowledge to be provided and methods that used in delivering the knowledge. To be more specific, the author will only take how one point that is the technology education model. Because technology education model are vital things or must be known and understood by every educational institution, so that the resulting output can get perfect results according to the vision and mission that has been planned by each educational institution. This then motivates the author to reveal more and how the technology education model which is good, both according to western scientists, and in accordance with the Al Quran.

Keywords

Pendidikan Teknologi Model Education Technology

Article Details

References

  1. Sastra, Ahmad, Filosofi Pendidikan Islam, Bogor: Darul Muttaqien Press, hlm. 271
  2. Mansur Tamam, Abas, Model-Model Pendidikan Islam dalam Merespon Era Revolusi Industri 4.0 Analisis Pemikiran Klaus Schwab dan Muhammad Abduh), Jurnal: Pasca Sarjana MPAI
  3. Mansur Tamam, Abas. (2017) Islamic Worldview Paradigma Intelektual Muslim, Jakarta: Spirit Media. Hlm XIX
  4. Al-Qordowi, Yusuf. Meluruskan Dikotomi Agama dan politik, Jakarta: All-Kautsar.
  5. Asep, Saepudin (2003), Penerapan Teknologi Informasi dalam Penddikan Masyarakat,
  6. Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003
  7. Kadir, Abdul (2003), Pengenalan Sistem Informasi, Jokjakarta: Andi.
  8. Notodirojo, KMRT, Roy, Suryo (2005)., Teknologi Internet Mobile, Seminar Nasional
  9. Internet Mobile – Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi
  10. – UKSW
  11. Oos M. Anwas (2003), Model Inovasi E-Learning Dalam Meningkatkan Mutu
  12. Pendidikan, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.
  13. Soekartawi (2003), Prinsip Dasar E-learning : Teori dan Aplikasinya di Indonesia,
  14. Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.
  15. Dwi Nugroho , Aris . Jurnal Model Baru Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal: IAIN STS Jambi
  16. Munir. Kontribusi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia, Jurnal: Pendidikan Teknologi Komunikasi
  17. Earl, M. ., & Feeny, D. F. (2000). Managing IT as A Strategic Resource. London: McGraw-Hill.
  18. Indrajit, R. E. (2004). Arsitektur Sekolah Modern Indonesia. Jakarta: Presentasi Sajian.
  19. Jonassen, D. ., Camlell, J. ., & Davidson, M. . (1993). Learning with Media: Restructing School with Technology Research and Development.
  20. Knapp, L. R., & Glenn, A. D. (1996). Restructuring School with Technology. Massachussets: Ally & Bacon.
  21. Kozma, R, B. (1991). Learning with Media. Review of Educational Research, Summer.
  22. Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2004)
  23. M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam.(Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009)