Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajemen kompetensi pedagogi guru bagi guru bahasa arab Kulliyatul Muallimin Islamiyah Pondok Pesantren Tamirul Islam Surakarta Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. wawancara dilakukan secara santai, penuh keakraban sehingga akan mampu memperoleh informasi sebanyak mungkin dan tidak terkesan kaku secara jujur dan detail. observasi ini peneliti dapat memperoleh informasi, mengetahui dan mengamati secara langsung tentang aktivitas guru bahasa arab yang berkaitan dengan fungsi manajemen pada kompetensi pedagogi guru bahasa arab. Metode dokumentasi ini mendapatkan data pembelajaran yang meliputi silabus dan RPP berupa buku acuan dan foto-foto pembelajaran dan pada waktu wawancara. Subyek penelitian sebanyak 6 responden, menggunakan teknik snow boll dan dilakukan secara acak (random sampling). Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian merupakan target yang ingin dicapai melalui kegiatan penelitian. Sesuai dengan pokok permasalahan, Penelitian deskriptif kualitatif menggunakan desain yang secara terus-menerus disesuaikan dengan kenyataan lapangan. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, interview, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan deskriptif kualitatif. Analisis data  yang di gunakan peneliti untuk menganalisis data terdiri dari 3 kegiatan: pertama, pengumpulan data dan melakukan reduksi data, yaitu menggolongkan, menyederhanakan, mengorganisasikan (display data, memilah, membuang data yang tidak diperlukan, serta triangulasi data atau pengecekan keabsahan data. Kedua, data disajikan dalam bentuk narasi. Ketiga, penarikan simpulan dari data yang telah disajikan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Sehingga data yag disajikan berupa kata-kata tertulis dari hasil penelitian serta tidak menggunakan alat ukur.


Abstract


This study aims to determine the function of teacher pedagogical competency management for Arabic language teachers Kulliyatul Muallimin Islamiyah Pondok Pesantren Tamirul Islam Surakarta in 2019. This study uses a qualitative descriptive research approach. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation. Interviews are conducted in a relaxed, friendly manner so that they will be able to obtain as much information as possible and not seem rigid in an honest and detailed manner. In this observation, researchers can obtain information, know and observe directly about the activities of Arabic teachers related to the management function on the pedagogical competence of Arabic teachers. This documentation method obtains learning data which includes the syllabus and lesson plans in the form of reference books and photos of learning and at the time of the interview. The research subjects were 6 respondents, using the snow boll technique and conducted randomly (random sampling). The research data collected were analyzed using a qualitative descriptive research approach. This study uses a qualitative descriptive research approach. Research objectives are targets to be achieved through research activities. In accordance with the subject matter, qualitative descriptive research uses designs that are continuously adapted to the realities of the field. Methods of data collection with the method of observation, interviews, interview guidelines, and documentation. The analysis used was descriptive qualitative. Data analysis used by researchers to analyze data consists of 3 activities: first, data collection and data reduction, namely classifying, simplifying, organizing (data display, sorting, discarding unnecessary data, and data triangulation or checking data validity. , the data is presented in the form of narrative. Third, drawing conclusions from the data that has been presented. This research is a qualitative research using a descriptive approach, so that the data presented is in the form of written words from the results of the study and does not use measuring instruments.

Keywords

Management Teacher Arabic

Article Details

References

  1. Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
  2. Asmani, Jamal, ma’mur. 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinanm Pendidikan Profesional. Jogjakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).
  3. Darling, Linda dan Bartz, Hamond John. 2009. Guru Yang Baik Disetiap Kelas.Jakarta: PT. Indeks.
  4. Daryanto, M. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
  6. Kartono, Karini. 1992. Pengantar Ilmu Pendidikan. Bandung: Penerbit Mandar Maju.
  7. Kyriacou, Chris. 2012. Effective Teaching. Bandung: Nusa Media.
  8. Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya Ofset.
  9. Majid,Abdul.2013.Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
  10. Moleong,Leky J. 2002.Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
  11. Moleong,Leky J. 2011.Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
  12. Mujtahid. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN-Malang Press.
  13. Mulyasa,enco.2002.Manajemen Berbasi Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
  14. Mulyasa, Enco. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Rosada Karya.
  15. Mulyasa, Enco. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
  16. Nurdin,Syafruddin dan M. Basyirudin Usman. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: PT. Intermasa.
  17. Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah.Yogyakarta: BPFE.
  18. Pidata, Made. 2011.Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.
  19. Sopatin, Popi. Manajemen Belajar Berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
  20. Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
  21. Tilaar,A,R. 2012. Perubahan Sosial dan Pendidikan Pengantar Pedagogik Transformatif Untuk Indonesia. Jakarta: P.T. Asdi Mahasatya.
  22. Uno, Hamzah. 2010. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  23. Usman, Husaini. 2006. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  24. Uzer, Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
  25. Yamin, Moh. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan.Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).
  26. Wijaya, Tresna Sastra.1991. Pengembangan Program Pengajaran. Jakarta: PT. Melton Putra.