Main Article Content

Abstract

Abstrak


Berbagai perilaku menyimpang dari anak (misalnya kenakalan remaja, penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan lain-lain) mempunyai kaitan dengan sistem keluarga yang mencerminkan adanya kelainan psikopatologi (kelainan kejiwaan) dari salah satu anggota keluarga. Di dalam Al-Qur’an Allah telah menukilkan banyak ayat yang membicarakan tentang dakwah kepada anak, diantaranya dalam surah Luqman ayat 12 – 19. Di ayat ini Allah menceritakan bagaimana cara pendidikan aqidah dan akhlak keluarga yang baik untuk menghasilkan generasi yang baik pula. Adapun tujuan yang hendak dicapai dengan penelitian ini adalah ingin mengetahui kandungan surah Luqman ayat 12 – 19 tentang metode dakwah kepada anak. Jenis penelitian kualitatif yang dipakai adalah studi pustaka (library reseach) dan tokoh. Penulisan ini menggunakan metodologi analisis yang kualitatif. Ada tiga cara Luqman dalam menyampaikan dakwah kepada anaknya yakni Metode Nasehat, metode teladan, dan metode pembiasaan. Dakwah anak dalam Al-Qur‟an surah Luqman ayat 12-19 menurut tafsir Al-Azhar diantaranya mencakup tiga metode dakwah yang menjadi pokok (pondasi), yaitu: pertama, Aqidah, sebagai pendidikan dasar pengenalan dan pendidikan keyakinan terhadap ke-Esaan Tuhan. Kedua, Ibadah, sebagai pendidikan membangun hubungan dengan Tuhan dan sebagai perwujudan kesinambungan dan implementasi dari dakwah aqidah. Ketiga, Akhlak, sebagai bekal anak untuk mengadaptasikan diri dalam keluarga (orang tua) dan berinteraksi dengan masyarakat serta lingkungannya dalam kehidupannya.


Abstract


Various deviant behaviors from children (eg juvenile delinquency, drug abuse, etc.) are related to the family system which reflects the presence of psychopathological disorders (psychological disorders) from one of the family members. In the Qur'an Allah has quoted many verses that talk about da'wah to children, including in Surah Luqman verses 12-19. In this verse Allah tells how to educate children about aqidah and good family morals to produce a good generation as well. The goal to be achieved with this research is to know the content of Surah Luqman verses 12-19 about the method of da'wah to children. The type of qualitative research used is library research and figures. This writing uses a qualitative analysis methodology. There are three ways in Surah Luqman that conveys da'wah to his children, namely the method of advice, the method of exemplary, and the method of habituation. Da'wah for children in Al-Qur'an Surah Luqman verses 12-19 according to the interpretation of Al-Azhar includes three methods of da'wah which are the main (foundation), namely: first, Aqidah, as a basic education for the introduction and education of belief in the Oneness of God. Second, Worship, as education to build a relationship with God and as a manifestation of the continuity and implementation of aqidah da'wah. Third, morality, as a provision for children to adapt themselves in the family (parents) and interact with society and their environment in their lives.

Keywords

Da’wah Hamka

Article Details

References

  1. Al Qur’anul Kariim
  2. Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati,. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2007.
  3. Al-Maraghi, Ahmad Mustafa. Tafsir AL-Maraghi Juz XXI, terj. Bahrun Abubakar, et al..Semarang: PT Karya Toha Putra Semarang, 1992.
  4. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
  5. Aryani, Nini. “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Jurnal Potensia, Vol. 1, No. 2.
  6. Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. Tafsir AlQur‟anul Majid An-Nuur. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
  7. Basri, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, 2009), 53.
  8. Buku Pedoman Penulisan Skripsi Revisi 2018 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo tahun 2018.
  9. Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1990), 32.
  10. Ghofur, Saiful Amin. Mozaik Mufassir Al-Qur‟an dari Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013.
  11. Hamka. Tafsir Al-Azhar : Jilid 7. Jakarta: Gema Insani, 2015.
  12. Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.
  13. Hendariah, Rizka. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga (Mendidik Anak Tanpa Kekerasan Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam
  14. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2013.
  15. Huda, Miftahul dan Muhammad Idris., Nalar Pendidikan Anak. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008. Ice. “Konsep Mendidik Anak Dalam Al-Qur‟an”, Skripsi,
  16. Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik. Makassar: UIN Alaudin, 2013. Igisani, Rithon. “Kajian Tafsir Mufassir di Indonesia”. Jurnal Potret, Vol. 22, No. 1, Januari-Juni 2018.
  17. Kadir, Abdul. dkk, Dasar-Dasar Pendidikan. Surabaya: Amanah Pustaka (LAPIS-PGMI), 2009. Paket 3. Karimah. “Pemikiran Hamka Tentang Pendidikan Keluarga (Studi Kajian Tafsir Tematik Surat Luqman: 13-
  18. 19 dalam Tafsir Al-Azhar)”, Skripsi,. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2005.
  19. Khusni, Moh. Faishol. “Fase Perkembangan Anak dan Pola Pembinaannya dalam Perspektif Islam”, Jurnal Tesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  20. Moelong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
  21. Muchtar, Heri Jauhar. Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
  22. Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta:
  23. Rajawali Pers, 2009.
  24. Muhajir, As‟aril. Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2012.
  25. Muhajir, Noeng. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Yogyakarta: Bayu Indah Grafika, 1987.
  26. Muzakki, Akh. dan Kholilah,. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Kopertais IV Press, 2017.
  27. Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
  28. Ramayulis dan Samsul Nizar, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam Mengenal Tokoh Pendidikan di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: Quantum
  29. Teaching, 2005.
  30. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2015.
  31. Rasyidin, Waini. Pedagogik Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
  32. Ratna, Nyoman Kutha. Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
  33. Ritonga, Abdullah Sani. et al., “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif HAMKA (Studi QS. Luqman dalam Tafsir Al-Azhar)” Edu Riligia, Vol. 2 No. 4. Oktober-Desember, 2018.
  34. Rivah, Fitri Nuria. “Konsep Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Dalam Keluarga Muslim”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2011.
  35. Salim, Moh. Haitami. Pendidikan Agama Dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga dalma Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
  36. Siswantoro. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
  37. Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
  38. Susanto. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2009.
  39. Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
  40. Wahid, Sa‟ad Abdul. Tafsir Al-Hidayah(Ayat-Ayat Aqidah) Jilid I. Yogyakarta: PT. Surya Sarana Utama, 2003.
  41. Wulansari, Andhita Dessy. Penelitian Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik dengan Menggunakan SPSS. Ponorogo: STAIN Po Press, 2012.