Main Article Content

Abstract

Abstrak


Al-Qur’an yang mulia ini diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW dengan “tartiil”. Arti dari “tartiil” disini adalah tajwiidul huruf wama’rifatil wuquf, yang berarti bahwa setiap muslim wajib membaca Al-Qur’an dengan tahsin dan tajwid yang benar. Tajwid adalah tahsin itu sendiri. Tahsin dalam istilah masyarakat Indonesia adalah praktik dalam membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid. Tujuan dari pengajaran tahsin adalah fashahah dan itqon dalam membaca Al-Qur’an. Indonesia sebagai negara muslim terbanyak di dunia masih mengalami masalah pada bacaan Al-Qur’an penduduk muslimnya yang belum mencapai kualitas tahsin. Penulis memilih salah satu Ma’had yang penulis telah melakukan observasi memiliki beberapa keunggulan khususnya pada pembelajaran tahsin Al-Qur’an berbasis fashahatullisan. Ma’had Kareem Bil-Qur’an yang berada di kota Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan kurikulum tahsin Al-Qur’an dan fokus penelitiannya mencakup pengembangan kurikulum tahsin Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau fieldresearch.  Adapun sumber data penelitian penulis dapatkan lewat teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara yang kemudian penulis olah hingga mendapatkan hasil kesimpulan berupa kurikulum tahsin Al-Qur’an.  Hasil penelitian yang penulis lakukan menyimpulkan bahwa kurikulum tahsin Al-Qur’an di Ma’had Kareem Bil-qur’an berbasis fashahatullisan yang mencakup pada konsistensi itmamul harakat, makharijul huruf, shifatul huruf, dan hukum-hukum tajwid lainnya. Selain itu juga berbasis pada sanad al-Qur’an maupun sanad kitab-kitab tajwid. Ini yang kemudian menjadikan  kurikulum mengerucut pada pengaderan para pengajar dan penghafal Al-Qur’an.


Abstract


Allah SWT has sent the Qur’an to the prophet Muhammad SAW with “tartiil”. The meaning of tartiil is tajwiidul huruf wa ma’rifatil wuquf. Every muslim is obligated to read the Qur’an with tajwid and tahsin. The word tajwid has the same meaning as the word tahsin. In the Indonesian terminology, tahsin means the Qur’an reading practic lesson is to read with fluent  and in our country most of the muslim are having difficulties wich are for away from the Qur’an tahsin principle. So how read the Qur’an appropriate to the tahsin principle. Which is by fashih and mutqin reading the writer will be foised to discuss the tahsin curriculum from the Qur’an Ma’had Kareem Bil-Qur’an. And the Ma’had wich the writes make the research the documentation, methode is obcervation and interview, so than the write will process this research until produces a result and discussion in a Qur’an tahsin curriculum. The results of the research that the authors do conclude that the development of the Qur’anic tahsin curriculum in mahad kareem bil quran based on fashahatullisan which includes itmamul harakat, makharijul huruf, shifatul huruf, consistency and other tajwid laws.  besides that it is also based on the sanad al quran and sanad of tajwid books.  This is what then makes curriculum development focused on the teaching and memorization of the Qur'an.

Keywords

kurikulum tahsin Al-Qur’an

Article Details

References

  1. AlFadhli, Laili.(2019).Syarah Tuhfatul Athfal. Sukoharjo. Nur Cahaya Ilmu
  2. AlFarabi, Muhammad. (2019). dawaamul ibtihal fii syarhi tuhfathil athfal, Bogor. Duta Grafika
  3. Jazary, Ibnul, (2006). Manzhumah Muqaddimah fima yajibu ala Qooriil qur’ani anya’lamah bittahqiiq Aiman Rusydi Suwaid, Kerajaan Saudi Arabia, Daar Nur al-Maktabah
  4. Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5
  5. Modul Daurah Tajwidul Qur’an Terjemah Jazariyah dari https://www.academia.edu/40750236/Modul_Daurah_Tajwidul_Quran_terjemah_jazariyah
  6. Nurhayah, N., & Muhajir, M. (2020). Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. QATHRUNÂ, 7(2), 41-62
  7. Pikiran Rakyat. (2020) dari https://bekasi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-12346326/miris-lebih-dari-50-persen-muslim-indonesia-belum-bisa-baca-alquran
  8. Suwaid, Aiman Rusydi. (2016). Tajwid almushawwar(terjemahnya; panduan ilmu t Al-Fadhli, Laili, handout Daurah Tajwidul huruf, Depok, online tajwid
  9. https://www.academia.edu/40750236/Modul_Daurah_Tajwidul_Quran_terjemah_jazariyah
  10. https://www.almunawwir.com/pengantar-ilmu-qiraat-12-ibn-al-jazari-dan-karya-karyanya-dalam-ilmu-qiraat/
  11. Alfadhli, Laili, panduan tahsin tilawah surat alfatihah, 2019, Depok, Rumah Belajar Imam Asy-syafii
  12. Ridwan, T. Studi Deskriptif Program Tahsin Al-qur'an Metode Tashili Di Lembaga Pengembangan Dakwah (Lpd) Al-bahjah Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 1(3), 101-120
  13. Mufaizin, M., & Arafat, Y. (2020). Implementasi Metode Jibril dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas C2 Tahsin Tilawah Lembaga Takhassusul Qur’an Darul Hikmah. AL-THIQAH-Jurnal Ilmu Keislaman, 3(01), 39-54.
  14. Ahmad, 2016, Ilmu Pendidikan Islami, Tafsir, Bandung, Remaja Rosdakarya
  15. https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum#Definisi_Kurikulum
  16. Afriandi, J. f. (2020, March 23). Peranan kurikulum dalam pendidikan Indonesia
  17. Suwaid, Aiman Rusydi, 2016, tajwid almushawwar(terjemahnya; panduan ilmu tajwid bergambar, mudah dan prkatis), Solo, zam-zam mata air ilmu
  18. https://www.siswapelajar.com/2020/11/poster-makhorijul-huruf-pdf.html